Uncategorized

3 Hal Penting dalam Penerapan Sistem Akuntansi Pada UKM

Penerapan sistem akuntansi pada UKM

Penerapan sistem akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) belum begitu masif. Masih banyak UKM yang belum menerapkan sistem akuntansi, meskipun jumlah transaksi bisnis yang terjadi sudah begitu banyak. Penerapan sistem akuntansi pada UKM sangatlah penting bagi jalannya usaha.

Saat ini masih banyak pengusaha di Indonesia yang tidak menjalankan sistem akuntansi mereka dengan baik. Sebab, banyak pengusaha yang belum begitu mengerti mengenai sistem akuntansi yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Jika para pengusaha UKM di Indonesia sudah menerapkan sistem akuntansi dengan baik dan benar, maka mereka tidak akan sulit dalam mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Sebab, semuanya sudah terarah dengan baik dan benar. Dalam bisnis UKM, tak banyak yang mengetahui bagaimana penerapan sistem akuntansi.

Para pebisnis sering sekali mengabaikan penerapan akuntansi karena menganggap akuntansi hanya bisa diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki transaksi cukup banyak. Hal tersebut memang tidak salah, tetapi ada baiknya Anda tetap menerapkan sistem akuntansi, meskipun penerapan sistem akuntansi yang dilakukan sederhana.

Sistem Akuntansi yang bisa diterapkan pada bisnis UKM

Sistem Pencatatan Transaksi

Data akuntansi adalah data-data keuangan usaha yang telah dicatat secara harian. Data ini sangat penting untuk mengetahui jumlah transaksi yang terjadi secara kronologis. Dan akan berfungsi sebagai alat untuk membuat sebuah laporan keuangan diakhir periode akuntansi nanti.

Pencatatan ini penting untuk menghindari adanya kerugian yang besar karena pengelolaan uang yang tidak jelas. Jika Anda seorang pengusaha UKM yang ingin memiliki sistem keuangan yang baik, maka Anda harus bisa melakukan pencatatan keuangan.

Apa Saja yang Harus Dicatat?

Penerapan sistem akuntansi pada bisnis yang tepat akan membantu Anda memiliki laporan keuangan yang sangat berguna bagi berkembangnya bisnis. Ketika melakukan pencatatan ada tiga hal penting yang harus Anda catat secara harian.

Penjualan

Anda tak boleh melupakan catatan penjualan. Karena pencatatan penjualan ini akan sangat penting bagi berjalannya usaha. Dengan memiliki catatan penjualan, maka Anda bisa mengetahui berapa pemasukan yang didapatkan dari total penjualan harian.

Pembelian

Catatan lainnya yang tak boleh dilupakan adalah catatan pembelian, catatan pembelian ini penting digunakan untuk mengetahui jumlah uang yang keluar untuk segala jenis pembelian. Baik itu pembelian barang dari supplier, pembelian bahan baku, serta pembelian lainnya yang berkaitan dengan jalannya usaha.

Persediaan

Jika Anda merupakan perusahaan dagang atau restoran, pencatatan persediaan sangatlah penting untuk jalannya bisnis. Dengan adanya catatan persediaan, Anda bisa mengetahui secara jelas dan gamblang mengenai barang apa yang sudah habis, dan harus kembali di pesan kepada supplier.

Pembukuan

Setelah melalui proses pencatatan, saatnya Anda melakukan pembukuan dengan memasukan seluruh catatan yang Anda miliki ke dalam buku besar. Buku besar berisi catatan perubahan yang terjadi pada akun yang disebabkan oleh transaksi keuangan. Umumnya setiap buku besar berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi kekayaan usaha yang Anda miliki. Itulah pentingya penerapan sistem akuntansi pada bisnis.

Apa lagi fungsi pembukuan ini sangat penting untuk meringkas semua transaksi yang terjadi berdasarkan golongan-golongan. Umumnya jumlah dihitung dari yang paling kecil ke yang paling besar. Sehingga memudahkan Anda sebagai pengusaha untuk menyusun laporan keuangan.

Laporan Keuangan

Penerapan sistem akuntansi yang terakhir setelah melakukan semua aktivitas di atas adalah sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan ini ada empat jenis, tetapi jika bisnis Anda belum begitu banyak transaksi maka laporan keuangan yang dibuat tidak perlu banyak. Mungkin Anda cukup membuat laporan arus kas dan laporan laba rugi.

Sesuai dengan namanya, laporan arus kas adalah laporan yang dibuat untuk mengetahui jumlah arus kas selama periode tertentu. Sedangkan laporan laba rugi untuk melihat berapa jumlah laba maupun rugi yang terjadi pada periode tersebut.

Jika Anda merasa sulit dalam penerapan sistem akuntansi pada bisnis, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi Accurate. Software akuntansi Accurate sangat berguna dan cocok digunakan oleh semua jenis UKM yang ada di Indonesia. Dengan Accurate akan meringkas beberapa proses akuntansi. Karena dari proses pencatatan, Anda bisa langsung melakukan proses pembukuan secara otomatis, dan pembuatan laporan keuangan secara otomatis.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Baca ini Jika ingin Berwirausaha

Agus Fadhil

Ayo Bergabung Menjadi Accurate Digital Partner

admin

Server Not Ready ( Server belum siap )

admin