Uncategorized

Apa Yang Dimaksud Manajemen Laba? Dan Bagaimana Cara Menerapkan di Perusahaan

Taukah anda apaitu menejemen laba? Manajemen laba adalah suatu bentuk prilaku atau tindakan yang dilakukan oleh manager untuk memanupulasi data atau informasi akuntansi agar laporan suatu perusahaan menjadi lebih baik.

Manajemen laba di lakukan untuk memperngaruhi keputusan yang dibuat oleh para petinggi suatu perusahaan atau pemangku kepentingan dan hasil perjanjian kontrak pada besarnya laba, salah satu pemangku kepentingan tersebut adalah para pemegang saham terkait keputusan pemberian kompensasi bagi manager.

Menurut Setiawati dan Saputro (2004), manajemen laba adalah campur tangan manajemen dalam proses penyusunan laporan keuangan eksternal guna mencapai tingkat laba tertentu dengan tujuan untuk menguntungkan dirinya sendiri (atau perusahaannya sendiri).

Tujuan Managemen Laba

  1. Tujuan Penawaran saham perdana, perusahaan akan menawarkan saham ke pubik agar meningkatkan laba
  2. Tujuan motivasi public, sebaliknya laba akan di kurangi dalam Lapkeu karna aturan pemerintah.
  3. Tujuan Bonus, Bonus akan di dapatkan dari seberapa banyaknya laba

Tahukah Anda, bahwa manajemen laba yang bisa dilakukan, ternyata memiliki berbagai pola sendiri. Berikut ulasanya:

  • Income smoothing – Pola ini sering digunakan para manajer dengan cara meratakan laba yang dilaporkan agar laba menjadi stabil
  • Income Maximization – Saat laba menjadi turun pola ini akan diterapkan. Tujuanya untuk melindungi perusahaan ketika Ada hutang
  • Income Minimization – Pola ini akan menghapus biaya-biaya yang tidak diperhatikan pihak stakeholder seperti biaya iklan dan biaya R n D, juga dapat menghapus aktiva yang tidak berwujud.
  • Taking a Bath – Pola yang satu ini yaitu membebankan biaya yang akan datang dan menghapus beberapa aktiva. Dengan begitu clear the desk juga bisa dilakukan

Cara Menerapkan Manajemen Laba di Perusahaan

Untuk bisa menerapkan managemen laba . ada beberapa hal yang perlu di ikuti :

  1. Mengatur dan membuat estimasi akuntansi
  2. Mengubah metode akuntansi dan menggeser periode agar biaya atau pendaftaran tidak terlambat

Itu adalah penjelasan mengenai manajeman laba, proses ini memang dapat menguntungkan perusahaan tapi perhatikan juga kelemahan nya, manajeman laba ini membuat laporan kauangan manjadi bias dan yang seharusnya informasi yang di dapatkan relevan mejadi tidak relevan.

Pentingnya pengembangan dalam kemajuan bisnis

Anda juga bisa mengelola bisnis anda dengan tepat ,cepat dan mudah  dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online, dengan berbasis web anda tidak perlu repot membuat laporan karna anda bisa membuat laporan hanya dengan menggunakan laptop bahkan handphone anda, dengan fitur yang sudah saling terintegrasi membuat suatu laporan hanya dengan sekejap. Gunakan Accurate online selama 30 hari gratis disini.

 

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Tutorial : Mencatat Piutang Karyawan dan Pembayaran nya di Accurate Online

Dewi Wahyudi

Menambahkan Status “Lunas” atau “Belum Lunas” pada Faktur Penjualan

admin

Kerusuhan 22 Mei berpengaruh pada bisnis Perhotelan atau Pariwisata ??

Agus Fadhil