Uncategorized

Bagaimana rasio Keuangan Dikembangkan

Rasio Keuangan  dikembangkan

 

Rasio dituliskan dengan menempatkan sebuah angka di atas angka lain. sebagai contoh : 50/100, ,merupakan rasio, yang berarti 50 dibagi 100. Dalam presentase berarti 0,50 atau 50% karena 50 adalah setengan dari 100.

Angka yang ada di atas menunjukkan angka yang dbandingkan dengan angka yang ada di bawahnya ( yang disebut basis ). Sebagai Contoh apabila angka 50 dibagian atas tersebut menunjukkan penjualan sebesar Rp. 500.000 dan 100 adalah aktiva tetap sebesar Rp. 1.000.000 ( peraltan atau perlengkaoan kantor ), Anda akan dapat membandingkan sejumlah angka penjualan yang dihasilkan oleh aktiva tetap, yaitu 50%t dengan menggunakan proporsi (Perbandingan). Comtoh diatas berbarti bahwa perbandingan penjualan terhadap aktiva tetap adalah sebesar 1 dibanding 2.

Apabila rasio tersebut di balik menjadi  100/50, maka penjualan menjadi Rp. 1.000.000, dan aktiva tetap sebesar Rp. 500.000, Dalam hal ini aktiva tetap dihasilkan adalah sebesar 200% atau dua kali nilainya, yang diperoleh dari angka 60 yang dikalikan dua agar menjadi 100, Perbandingan aktiva tetapnterhadap penjualan yang terjadi adalah 1 banding 2. Rasio digunakan untuk menegtahui bagaimana jalannya perushaan. Rasio tidak secara otomasyis menyajikan keputusan bagi anda. Tetapi menyediakan informasi yang akan dipergunakan untuk membuat keputusan secara lebih baik. Rasio yang lebih dari satu harus diperiksa sebelum membuat keputusan besar.

Baca juga

Memahami Rasio Keuangan dan Presentase

Fungsi Pengukuran pada rasio

Rasio mengukur perbandingan, Pada contoh diatas, yaitu 100/50, kita dapat menetukan sebuah angka terhadap angka lainya. Rasio juga mengukur hubungan, karena dapat menerjemahkan aktiva-aktiva, seperti perlaatan dan persediaan, serta kewajiban, seperti utang dan pinjaman, kedalam sebuah nilai  mata uang. Dengan demikian, rasio  memudahkan kita untuk melihat hubungan yang berarti antara dua hal yang berbeda. Rasio juga memungkinkan Anda untuj membuat perbandingan antra periode waktu, Sebagai contoh , sebuah rasio akan memungkinkan anda mengukur pergantian persedeiaan dalam setiao bulan atau setiao tahun.

Analisa Kecenderunagn ( Tren)

Dengan menghitung presentase atau rasio yangs ama pada saat yang sama setiap bulan atau tahunnya, Anda dapat mencari tren didalam sebuah usaha Tren menggambarkan tingkat dan arah perubahan setiap waktu. Pada umumnya, analisa tren dilakukan pada akhir setiap bulan.

Paradok 10%

Andaikan Anda ditanya mengenai kesediaan Anda mengambil kesempatan yang menjajikan uang sebesar Rp. 1.000.000.000 kepada anda, t. pastilah yang anda lakukan adalah melemparkan sebuah mata uang untuk dilihat apakah anda mendapat “kepala atau ekor” pada sisi mata uang tersebut. Hukum probabilitas mengatakan bahwa anda mendapatkan peluang menang sebesar 50:50. Namun, andakaikan Anda memiliki risiko sebesar Rp. 1.000.000 .000 (10%) apabila kalah dalam pelemparan mata uang tersebut , Anda akan merasa malu memberikan uag sebesar Rp. 100.000.000 tersebut, walaupun uang yang dijanjikan lebih besar dari pada itu. Namun demikian, Anda mungkin akan bersedia mengambil risiko yang lebih kecil untuk sejumlah uang yang lebih sedikit, seperti 10% dari Rp. 10.000.000 atau Rp 1.000.000. Dengan kata lain , walapupun presentasi tidak berubah, mengeluarkan sejumlah uang untuk taruhan untuk sejumlah uang yang dijanjikan adalah suatu hal yang berbeda. Oleh karena itu , rasio dan presentase harus dilihat sesuai denagn konteksnya.

Laporan rasio di software accurate sudah di sediakan

untuk coba gratis accurate online dengan mendapatkn value rp. 200.000 klik di bawah ini

Accurate Business Center

Pusat Penjualan resmi Accurate

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Menampilkan Nilai Total Dari Suatu Kolom Pada Laporan

admin

7 Persiapan Akhir Tahun Untuk Meningkatkan Omset

admin

Konsep Inti Pemasaran Yang Wajib di Pahami Oleh Pebisnis

Ade Muthia