Uncategorized

Berikut 4 Laporan Keuangan Dasar Untuk Bisnis Anda

 

Dalam  sebuah perusahaan tentunya banyak aspek yang dapat mempengaruhi kondisi bisnis. Ada beberapa cara yang dapat di lakukan dalam memantau kondisi perusahaan anda Salah satunya dengan melihat laporan keuangan dasar akuntansi perusahaan.

Setiap perusahaan tentu memerlukan laporan keuangan dasar untuk mencatat informasi keuangan pada suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dasar tersebut dapat digunakan juga untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Selain itu, Laporan keuangan dasar tersebut menjadi bagian dari proses pelaporan keuangan.

Bagi Anda yang akan memulai usaha, maka pastikan 4 laporan keuangan dasar ini untuk usaha Anda. Tanpa keempat laporan keuangan dasar tersebut, maka bisnis Anda tidak akan terkontrol dengan baik. Berikut ini, bahasan mengenai 4 laporan keuangan dasar untuk usaha Anda.

Laporan Laba Rugi

Merupakan jumlah catatan keuangan yang berasal dari pengurangan harga pokok produksi, biaya lain, dan kerugian dari penghasilan (termasuk penghasilan operasi). Laporan ini berguna untuk menggambarkan kelebihan/defisit penghasilan di atas biaya selama suatu periode akuntansi.

Komponen-komponen dalam laporan laba rugi meliputi pendapatan usaha (revenue) dan biaya usaha (expense).

Pada Dasarnya Laporan Laba Rugi Terbagi menjadi 2 betuk :

  1. Singgle Step

Untuk bentuk single step ini, alur dan juga pengelompokan akun lebih mudah. Hal ini karena semua pendapatan dan keuntungan ditempatkan di awal laporan laba rugi. Kemudian diikuti dengan seluruh beban atau biaya yang harus dikeluarkan atau ditanggung oleh perusahaan. Nah, selisih antara total pendapatan dan total beban inilah yang menunjukkan apakah perusahaan untung atau rugi.

  1. Multiple Step

laporan laba rugi berbentuk multiple step anda harus memisahkan transaksi operasional dan non-operasional serta membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berkaitan. Pada laporan laba rugi bentuk ini, laba operasional akan memperlihatkan perbedaan antara aktivitas biasa dan aktivitas insidentil.

Secara umum ada 2 elemen yang masuk dalam laporan laba rugi yaitu semua jenis pendapatan dan kerugian.

Kemudian dalam laporan laba rugi ini ada beberapa pembagian pos laba atau rugi yaitu :

  1. laba/rugi kotor,
  2. laba/rugi operasi,
  3. sebelum pajak,
  4. laba/rugi bersih
  5. dan laba/rugi dari operasi berjalan.

Neraca

Laporan ini berupa daftar sistematis yang terdiri dari aktiva, utang, dan modal pada tanggal tertentu yang biasa dibuat pada akhir tahun. Daftar ini tergolong sistematis karena neraca disusun berdasarkan urutan tertentu.

Melalui neraca bisa diketahui jumlah kekayaan perusahaan, kemampuan perusahaan membayar kewajiban dan kemampuan perusahaan untuk memperoleh tambahan pinjaman dari pihak luar.

Selain itu, informasi tentang jumlah utang perusahaan kepada kreditur dan jumlah investasi pemilik yang ada di dalam perusahaan tersebut juga bisa diketahui.

Asset=liabilitas+equitas

Laporan Perubahan Modal

Jumlah modal yang ada saat ini atau di masa yang akan datang sudah pasti berbeda dari modal awal yang dipakai ketika perusahaan baru pertama kali didirikan. Bertambah atau bahkan berkurangnya modal dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti permintaan, keuntungan, kerugian, dan lain-lain.

Hal ini wajib dicatat secara rapi dalam buku Laporan Perubahan Modal. Selain mengetahui berapa total laba/rugi dalam satu periode keuangan. Statement of Changes in Capital ini juga bisa dijadikan bahan untuk memeriksa penyebab terjadinya perubahan, sehingga perusahaan bisa menentukan langkah lanjutan yang lebih strategis.

Laporan Arus Kas

cash flows atau Laporan arus kas  adalah laporan keuangan perusahaan yang digunakan untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi.

Informasi yang didapat dari laporan arus kas bisa Anda gunakan sebagai indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang.

sekaligus berguna untuk menilai ketepatan perkiraan arus kas yang telah dibuat sebelumnya.  Laporan arus kas jugalah yang menjadi alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Promo Accurate Dekstop versi 5 Diskon Hingga 7 Juta,Cek Disini !!

Kesimpulan

Itulah keempat jenis laporan utama yang penting untuk bisnis Anda. Dengan laporan ini selain untuk membantu pengecekan agar lebih mudah juga dapat menjadi acuan anda dalam pengambilan keputusan untuk financial anda.

agar lebih mudah dalam pengecekan lebih baik nya anda menggunakan software akuntansi dengan dibantu dengan software akuntansi akan meminimalisir kesalahan.

Accurate online adalah software akuntansi dengan berbasis web yang dapat anda gunakan secara mobile. dengan adanya settingan pengguna memudahkan anda dalam mengecek audit user. laporan yang tersaji di dalam Accurate online sifatnya realtime apa yang kita buat akan otomatis membuat laporan.

Upgrade Pembukuan manual anda dengan Accurate Online dapatkan diskon 25% untuk aktivasi Accurate online disini atau jika anda ingin mencoba kami neyediakan trial selama 30 hari full akses disini.

accurate online diskon 600 ribu

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

3 Fungsi Akuntansi Dalam Membantu Berkembangnya bisnis di indonesia

admin

Corporate Site ID ( CSID ) tidak tepat

admin

Tutorial: Terima Barang Sebagian Pada Transaksi Pindah Barang

Ade Muthia