Uncategorized

Berikut ini Jenis Laporan Keuangan Yang Harus di Ketahui !!

Laporan keuangan merupakan laporan yang menujukan kondisi finansial suatu entitas pada suatu periode tertentu. Karenanya melalui laporan keuangan, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda. Informasi dalam laporan keuangan tidak hanya digunakan oleh pemilik ataupun managemen, pihak lainpun dapat menggunakan nya,adapun pihak yang sering menggunakan laporan keuangan investor,kreditor, pemerintah dan bahkan masyarakat umum.

Definisi dan Fungsi Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan dokumen yang menunjukan financial suatu perusahaan dalam periode tertentu, pembuatan laporan keuangan berfungsi untuk :

  • Memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Perusahaan dapat menilai kondisi bisnis di masa sekarang dan mengatur strategi mengenai bagaimana kondisi perusahaan yang diinginkan di masa yang akan datang.
  • Membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi akibat suatu keputusan ekonomi. 
  • Menilai aktivitas pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi mengenai kondisi keuangan juga dapat membantu perusahaan dalam menilai aktivitas investasi dan kemampuan operasional suatu perusahaan pada satu periode tertentu

Format untuk laporan keuangan harus sesuai dan disepakati perusahaan, karena ketentuan ini data-data laporan keuangan dapat dibaca dengan benar dan jelas, atas dasar itu berikut format laporan keuangan yang harus di cantumkan dalam buku besar aturan penulisan laporan keuangan yang valid dan minim kesalahan :

  1. Nama Perusahaan
  2. Judul Laporan
  3. Periode Keuangan yang dimaksud
  4. Data-data keuangan
  5. Rekening saldo
  6. Kolom debit
  7. Kolom kredit
  8. Total Saldo Perusahaan
  9. Tanda Tangan dan Stempel Perusahaan

Menurut Standard akuntansi laporan keuangan Indonesia, keuangan lengkap terdiri dari 5 jenis laporan yaitu Laporan Raba rugi,laporan perubahan modal, Neraca, Laporan Arus Kas dan catatan atas laporan keuangan, Untuk mengetahui format dari laporan keuangan  berikut ini ulasan nya:

  1. Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan laba rugi berfungsi untuk membantu Anda mengetahui kinerja keuangan perusahaan Anda saat ini, apakah sedang berada dalam kondisi laba atau rugi. Laporan laba rugi juga biasa dikenal sebagai profit and loss statement ataupun income statement.

Saat Anda sudah mengetahui kinerja perusahaan saat ini, laporan laba rugi juga berfungsi sebagai bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan. Selain itu, laporan laba rugi dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan. 

Laporan laba rugi memiliki beberapa elemen di dalamnya seperti harga pokok produksi, pendapatan, beban, beban pajak, hingga laba atau rugi perusahaan. 

Format Laporan Laba Rugi terdiri dari dua bentuk single step dan multiple step.

  • Single step

Bentuk laporan laba rugi single step lebih sederhana. Pada format ini semua pendapatan dan keuntungan yang didapat ditempatkan di bagian awal laporan laba rugi. Kemudian dikurangi dengan seluruh beban atau biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selisih antara total pendapatan dan total beban inilah yang menunjukan laba-rugi perusahaan pada periode tersebut.

  • Multiple Step

Berbeda dengan single step, format laporan keuangan laba rugi multiple step lebih kompleks. Untuk membuat laporan laba rugi multiple step, pertama Anda harus memisahkan transaksi operasional dan non-operasional. Kedua, Anda harus membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berkaitan. Setelah itu Anda baru dapat menghitung laba operasionalnya. Laba operasional akan menunjukan perbedaan antara aktivitas biasa dan aktivitas insidentil atau ekstra ordinari.

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas disebut juga dengan laporan cash flow yang digunakan perusahaan untuk menunjukkan aliran keluar masuk kas perusahaan pada periode tertentu. Lebih dari itu, laporan arus kas juga dapat berfungsi sebagai indikator jumlah arus kas di masa mendatang berdasarkan data arus kas terkini. Laporan jenis ini juga menjadi alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan. 

Laporan keuangan jenis ini dapat dilihat dari beberapa sumber seperti dari hasil kegiatan operasional dan kas yang diperoleh dari pendanaan atau pinjaman. Sementara itu, arus kas keluar dapat dilihat dari seberapa banyak jumlah beban biaya yang dikeluarkan perusahaan, baik untuk kegiatan operasional maupun investasi 

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Pada saat awal pendirian perusahaan, Anda sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya. Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang. Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

Dalam laporan perubahan modal, Anda juga dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal tidak hanya perubahan nya saja. Beberapa data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, prive atau pengambilan dana pada periode tersebut, dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh. Karena untuk membuat laporan ini dibutuhkan laba-rugi maka laporan ini dibuat setelah laporan laba rugi selesai.

  • Laporan Neraca

Jenis laporan ini juga dikenal dengan istilah balance sheet. Laporan neraca berfungsi sebagai penunjuk kondisi, posisi dan informasi keuangan bisnis Anda dalam tanggal yang ditentukan. Dalam laporan keuangan neraca, Anda akan mendapatkan informasi seputar aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci. 

Untuk membaca laporan neraca, Anda dapat menggunakan rumus  persamaan akuntansi dimana aset sama dengan kewajiban plus modal (Aset = Kewajiban + Modal) 

Aset untuk sisi aktiva, sementara kewajiban dan modal untuk sisi pasiva. Perlu diingat bahwa aktiva dan pasiva harus seimbang.

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk mengotomatisasi pembuatan laporan keuangan Anda sesuai standar yang berlaku.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang bisa membuat lebih dari 100 jenis laporan keuangan secara otomatis dengn berbasis cloud Accurate online dapat anda gunakan di mana saja dan kapan saja anda membutuhkan laporan secara realtime.

 Jadikan pembukuan bisnis lebih efisien dengan laporan keuangan instant bersama Accurate Online. Coba Gratis 30 hari disini.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Ade Muthia

Koneksi Yang Diperlukan Untuk Membuka http://localhost:6688

admin

Pembukuan Akuntansi Sederhana Untuk Mengembangkan Bisnis

admin