Uncategorized

Fungsi Akuntansi Manajemen bagi Usaha Kecil yang Tak Boleh Dilupakan

Akuntansi sebenarnya tidak hanya berlaku bagi perusahaan yang sudah besar. Tetapi bisnis yang masih dalam tahap pengembangan pun harus menerapkan sistem akuntansi. Terutama menjalankan sistem akuntansi manajemen bagi usaha kecil. Ada beberapa fungsi akuntansi manajemen bagi usaha kecil yang dapat diterapkan dan menjadi jalan untuk berhasil dan sukses.

Akuntansi manajemen adalah sistem yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi keuangan usaha kepada pihak manajerial. Jika pada perusahaan besar, akuntansi manajemen akan diberikan kepada para manajer-manajer divisi masing-masing, sebagai alat untuk pengambilan keputusan, dan bahan informasi kondisi perusahaan.

Lalu bagaimana pada usaha kecil? Tentu tidak berbeda jauh, sistem akuntansi manajemen pada usaha kecil sebagai bahan acuan bagi para pemilik bisnis untuk menjalankan usahanya, untuk mereview kembali apakah usaha yang Anda jalankan sudah sesuai arah, dan sesuai pada strategi yang telah diusung sebelumnya.

Fungsi Akuntansi Manajemen bagi Usaha Kecil

Alat Analisis Biaya Usaha

Pelaku bisnis kecil atau UMKM harus memahami biaya usaha. Sebab, biaya usaha ini yang akan menjadi alat untuk melakukan analisis apa saja yang harus dilakukan pada usaha Anda. Karena biaya bisnis akan menjadi acuan mengenai keputusan harga produk, harga jasa, bahan baku yang harus dibeli, dan apapun kegiatan operasional.

Dengan memiliki sistem akuntansi manajemen, sebagai pemilik bisnis bisa memantau pergerakan usaha Anda. Dibagian mana Anda harus menghabiskan biaya, dan dibagian mana Anda harus menekan pengeluaran operasional usaha. Serta biaya mana saja yang harus dihapus karena pemborosan. Semua ini akan terpantau, jika Anda menjalankan sistem akuntansi manajemen yang benar.

Untuk Memahami Arus kas

Banyak pengusaha UMKM yang tidak mengerti mengenai apa itu arus kas. Padahal arus kas ini akan menjadi salah satu acuan keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Karena dengan memiliki sistem akuntansi manajemen, umumnya Anda akan memiliki informasi untuk melihat siapa saja pelanggan yang belum membayarkan utang kepada Anda, supplier mana yang belum Anda bayar, serta berapa modal operasional yang masih tersisa serta berapa pemasukan yang telah Anda dapatkan. Jika Anda terlalu gencar untuk pengeluaran, maka ini pun akan sangat berbahaya bagi bisnis yang Anda jalankan.

Alat Kontrol Bisnis

Fungsi akuntansi manajemen bagi usaha kecil selanjutnya adalah sebagia alat pengontrol bisnis. Dengan memiliki kontrol bisnis, Anda juga bisa memantau bagaimana kondisi penjualan usaha Anda. Apakah penjualan Anda omzetnya terus naik, atau malah penjualan Anda selalu menurun.

Tentunya sebagai alat kontrol bisnis, maka acuannya adalah penjualan. Dimana setiap akhir periode Anda akan melakukan evaluasi penjualan. Apakah produk atau jasa yang Anda jual semakin meningkat peminatnya? Jika iya maka keuntungan seharusnya terus bertambah, tetapi jika tidak maka keuntungan Anda pun tidak akan bertambah sama sekali. Hal inilah yang menjadi salah satu hal terpenting yang menjadi fungsi akuntansi manajemen bagi usaha kecil.

Kinerja Usaha

Ada fungsi yang cukup penting dalam menjalankan akuntansi manajemen pada usaha kecil. Salah satunya adalah sebagai alat evaluasi kinerja usaha selama periode berjalan. Dari laporan keuangan yang sudah Anda buat, maka kinerja usaha Anda akan terpantau. Apakah kinerja usaha Anda meningkat atau malah menurun. Apakah kinerja selama periode berlangsung sudah mencapai target usaha Anda atau belum. Semua ini akan terpantau jika Anda menjalankan fungsi akuntansi manajemen dengan baik dan benar.

Segelintir hal diatas hanya bagian kecil dari fungsi akuntansi manajemen bagi usaha kecil. Apabila Anda menerapkannya dengan baik maka Anda bisa memantau bagaimana usaha Anda berjalan. Dasar acuan dari sistem akuntansi manajemen adalah laporan keuangan.

Bagi usaha kecil laporan keuangan semacam momok yang menakutkan. Karena pelaku usaha banyak yang tidak menerapkan pembukuan dalam usaha yang ia jalankan. Padahal pembukuan adalah tahapan akuntansi sebelum terciptanya sebuah laporan keuangan.

Kalau Anda sebagai pemilik usaha merasa sulit dalam membuat laporan keuangan dengan rumus yang ada pada Microsoft Excel yang tidak Anda kuasai. Ada baiknya Anda segera memakai software akuntansi untuk bisnis, salah satunya adalah software akuntansi Accurate yang bisa dipakai oleh seluruh jenis usaha di Indonesia dan sudah dipercaya oleh ribuan pengusaha UMKM.

Dengan Accurate, Anda bisa menjalankan penjurnalan, pembukuan, pencatatan arus kas, penyedia informasi stok, dan juga memantau seluruh keuangan cabang. Dengan begitu, di akhir periode Anda bisa menghasilkan sebuah laporan keuangan yang baik dan benar dan berfungsi sebagai bahan evaluasi untuk menjalankan sistem akuntansi manajemen pada usaha Anda. Jika Anda berminat untuk memakai Accurate atau ingin tahu lebih jauh tentang Accurate, maka Anda bisa memantaunya disini.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

6 Hal ini Akan Menjadi Tantangan yang Harus Dihadapi Saat Menjadi Pengusaha

Ade Muthia

Tiga Prinsip Awal Yang Harus Dimiliki Untuk Memulai Bisnis

Ade Muthia

7 Barang Bekas yang Bisa jadi ladang Emas.

Agus Fadhil