Uncategorized

Ini Loh, 4 Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnis Kecil yang Harus Dibuat

Memiliki bisnis, tentunya Anda harus membuat sebuah laporan keuangan. Tetapi tidak semua pengusaha dapat membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Padahal laporan keuangan akan sangat penting untuk berjalannya bisnis Anda. Karena dengan adanya laporan keuangan, Anda bisa melihat sejauhmana keadaan keuangan usaha yang Anda miliki dari beberapa jenis laporan keuangan untuk bisnis kecil yang harus dibuat.

Sebagai pengusaha Anda harus membuat sebuah laporan keuangan setiap bulan atau periode tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda setiap bulan. Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah kebijakan, ketika kondisi keuangan bisnis Anda tidak mencapai target.

Untuk itu Anda harus pahami apa itu laporan keuangan dan ada berapa jenis laporan keuangan yang harus Anda buat di setiap periode tertentu.

Laporan keuangan adalah catatan informasi mengenai kondisi keuangan sebuah usaha atau sebuah perusahaan. Data keuangan yang ada pada laporan keuangan, akan mengambarkan kondisi keuangan bisnis Anda secara keseluruhan. Ada sekitar empat jenis laporan keuangan yang harus diketahui.

Laporan Keuangan Neraca

Laporan yang pertama ini berfungsi untuk menunjukan informasi mengenai posisi keuangan bisnis yang Anda miliki pada periode tertentu. Neraca ini akan mengambarkan mengenai aset, hutang, dan modal yang Anda miliki.

Meskipun bisnis Anda masih kecil, bukan berarti Anda tidak perlu membuat sebuah laporan keuangan neraca. Karena neraca merupakan salah satu jenis laporan keuangan untuk bisnis kecil yang diperlukan.

Laporan Keuangan Laba Rugi

Dalam menjalankan bisnis, tentunya ingin mengetahui berapa keuntungan dan berapa kerugian yang Anda alami dalam periode tertentu atau pada bulan tertentu. Untuk melihat laba dan rugi, Anda memerlukan sebuah laporan keuangan laba rugi.

Kapan Anda untung? Tentunya Anda untung ketika pendapatan usaha berada dibawah biaya operasional. Namun jika sebaliknya, berarti usaha yang Anda jalankan sedang mengalami kerugian. Sehingga Anda harus melakukan beberapa kebijakan, agar pada periode berikutnya bisnis yang Anda miliki bisa untung dan terus berkembang dari saat ini.

Jika berpacu pada standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, sebuah laporan laba dan rugi haruslah terdapat catatan mengenai pendapatan usaha, laba rugi usaha, hutang, dan pajak. Aspek-aspek tersebut harus muncul dalam laporan keuangan laba rugi.

Laporan keuangan Perubahan Modal

Jenis laporan keuangan untuk bisnis berikutnya adalah laporan keuangan perubahan modal. Laporan keuangan ini berfungsi untuk memperlihatkan berapa besar perubahan modal yang terjadi selama periode tertentu, misal selama enam bulan.

Selain jumlah perubahan modal, dalam laporan keuangan perubahan modal harus ada informasi penyebab adanya perubahan modal yang terjadi.

Untuk membuat laporan keuangan perubahan modal, Anda memerlukan laporan mengenai jumlah modal di awal pendirian usaha, berapa jumlah laba dan rugi dalam periode tertentu, dan juga berapa jumlah modal yang sudah Anda ambil.

Umumnya laporan keuangan perubahan modal dibuat setelah laporan laba rugi selesai. Karena di laporan perubahan modal harus terdapat jumlah keuntungan dan jumlah kerugian yang di alami dalam periode tertentu.

Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan untuk bisnis kecil selanjutnya adalah cashflow atau yang lebih dikenal sebagai laporan arus kas. Laporan arus kas ini berguna untuk melihat aliran kas masuk dan aliran kas keluar dalam periode tertentu.

Jumlah arus kas yang terjadi pada periode tertentu bisa dijadikan acuan untuk memprediksi arus kas yang akan diperoleh di masa mendatang. Serta dapat menjadi acuan apakah perkiraan laporan arus kas di periode sebelumnya sesuai dengan arus kas saat ini.

Beberapa jenis laporan keuangan untuk bisnis kecil itu pun harus Anda buat, ketika Anda sudah membangun sebuah bisnis. Jangan sampai, bisnis yang Anda miliki memiliki sistem keuangan yang buruk.

Jika Anda memang tidak memiliki dasar akuntansi karena Anda memang tidak memiliki background akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate untuk menyusun keempat jenis laporan keuangan untuk bisnis tersebut. Apa lagi Accurate memiliki beberapa fitur yang sangat mudah digunakan dan cocok untuk berbagai jenis usaha yang Anda miliki seperti usaha dagang, cafe, dan apapun. Coba saja sekarang!

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

6 Hal ini Akan Membantu Anda Sukses Merintis Bisnis Katering Rumahan

Rika Angraini

Software Accurate Untuk Apotik dan Keuntungan Pakai Accurate

Ade Muthia

Mendaftar Gagal” Ketika Login Di RENE 2.

admin