Uncategorized

Kemilau Bisnis Makeup Artis Yang Menjanjikan

Bisnis di Indonesia memang tak pernah membosankan untuk dibahas. Apalagi, dunia entertainment tak melulu bicara mengenai layar kaca. Seiring kemajuan teknologi, dunia entertainment kian meluas hingga ke media sosial.

Ambil contoh, Instagram yang banyak menghasilkan selebgram, mulai dari masyarakat awam yang memiliki keunikan, hingga artis ternama dengan segala lika likunya menjadi hiburan tersendiri dan mampu menyedot perhatian masyarakat.

Kemunculan para pesohor yang baru setiap hari juga menjadi peluang bisnis bagi profesi Make up Artist untuk turut merasakan kilau dunia entertainment.

Pekerjaan yang satu ini seiring bertambah maju “di dunia digital seperti sekarang kehadiran makeup artis sangat di butuhkan agar selalu terlihat cantik bahkan seorang artis rela merogoh kocek puluhan juta hanya untuk membayar makeup nya.

Bukan hanya kalangan artis yang memakai jasa MUA ( makeup artis ) Profesi Make up artist ini dibutuhkan hampir dalam setiap acara, Baik acara resmi dan besar seperti untuk menghadiri suatu acara seperti wisuda, pesta pernihakan, pre weding atau hanya photoshot saja seseorang pasti menyewa makeup artis, Make up artist atau sering disebut MUA menjadi pekerjaan yang sangat bergengsi. Selain dapat merias para artis, bayaran dari MUA ini sendiri terbilang cukup mahal Looh.

waaah kebanyang dong pasti bisnis yang sangat menjanjikan sekali, Misalnya sekelas MUA ternama, mematok tarif makeup pernikahan tanpa jasa sewa baju bisa mencapai 10 Juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk akomodasi, transportasi, dan konsumsi jika merias di luar kota. Bagi Kamu yang ingin atau sedang memulai bisnis jasa MUA, ikuti beberapa tips berikut ini untuk meraih kesuksesan dan keuntungan.

 

Baca Juga :Punya Bisnis banyak ?? Ini cara hitung Laba Rugi Usaha Kamu

Asah kemampuan

Berprofesi sebagai MUA kamu harus mempunyai keahlian dalam merias, keahlian yang kamu dapat bisa dari sekolah kursus merias atau otodidak, tapi ada baiknya jika kamu sudah mempunyai keahlian otodidak ikut juga untuk mendaftar di sekolah kursus perias, agar kamu mendapatkan pengalaman lebih banyak dan kamu dapat mengasah kemampuan kamu lebih baik lagi, selain itu jika kamu terdaftar dalam sekolah rias kamu akan mendapatkan sertifikat makeup artis professional.

Rajin Membuat Portofolio di Medsos

Sebagai seorang MUA profesional, yang dilihat adalah hasil karya Kamu. Jika klien tidak melihat hasil kerja kamu, dari mana mereka dapat mempercayai kamu mendandaninya? Di sinilah pentingnya untuk membuat portofolio.

membuat portofolio jauh lebih mudah.kamu bisa membuatnya hanya dengan meng-update post di media sosial, misalnya instagram.

Adapun langkah-langkah membuat portofolio adalah sebagai berikut:

  1. Mencari model, pakaian (misal dress atau pakaian sesuai tema), rekanan photographer atau videographer, dan studio foto
  2. Membuat berbagai tampilan (misalnya: wedding look, atau edgy look)
  3. Memasukan hasil foto tersebut ke media sosial Kamu

 

Namun yang terpenting di sini adalah untuk selalu meng-update portofolio kamu. Mengapa demikian? Karena tren make up terus berubah, dan kamu harus terus menunjukkan eksistensi kamu dari sini.

Persiapkan Peralatan Makeup

Peralatan Makeup merupakan senjata MUA kamu harus menyiapkan dan mengetahui jenis peralatan yang baik dan benar, disini kemampuan kamu akan diuji, kamu harus mempunyai kemampuan untuk memilih jenis kosmetik karna setiap orang itu mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda ada baiknya kamu harus mempunyai semua ragam tipe kosmetik

Sebagai contoh, beberapa informasi dasar mengenai make up dan peralatannya adalah sebagai berikut:

  • Mencari base make up dan complexion yang sesuai dengan jenis kulit (misalnya: foundation dengan full coverage untuk jenis kulit berminyak, base make up glowing untuk jenis kulit kering, dan sebagainya)
  • Memilih kuas yang sesuai dengan make up yang digunakan (misalnya: kuas padat dengan teknik buffing agar coverage lebih padat)
  • Mencari eye shadow yang tahan lama dan tidak creasing.

Semakin lama dan banyak pengalaman kamu mendandani, jelas bahwa kamu akan mengenal lebih banyak jenis dan bentuk wajah, mengenal lebih banyak teknik make up yang tepat untuk setiap jenis wajah, mengenal lebih banyak produk make up yang sesuai.

Bekerja sama dengan wedding organizer

Jika kamu sudah mempunyai banyak pengalaman, kamu bisa coba untuk bekerja sama dengan WO ( wedding organizer ) agar memperluas relasi dan jam terbang kamu, kamu tinggal menawarkan jasa makeup nanti nya WO tersebut akan mencarikan client untuk kamu,

selain itu kamu juga tidak perlu repot-repot jika client meminta jasa makeup dengan wedding organizer nya.

Memang tidak mudah menjadi MUA terkenal yang memiliki keuntungan yang lebih, semua harus melalui proses panjang. Namun, hasil kerja keras Kamu akan terbayar apabila Kamu memegang komitmen dan mencintai pekerjaan Kamu.

Pengelolaan keuangan dalam profesi ini tidak kalah penting. Karena Kamu tidak cukup membeli peralatan tersebut satu kali saja. tapi setiap kali habis Kamu harus membeli yang baru dengan memutar uang penghasilan dari jasa MUA. Jika tidak memiliki laporan keuangan yang jelas, Kamu akan kebingungan memperhitungkan berapa keuntungan yang sebenarnya dapatkan dan berapa yang harus digunakan untuk membeli alat.

Accurate Online hadir sebagai solusinya, Accurate merupakan software akuntansi online yang memudahkan Kamu mengelola keuangan bisnis kapan pun dimanapun. Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis tanpa membutuhkan banyak waktu.

 

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Yuks Lebih Mengenal Perngertian Apa Itu Konsiyasi Dalam Dunia Bisnis

Rika Angraini

Penting !! Tips Mengembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran

Dewi Wahyudi

5 Ide Bisnis yang Cepat Balik Modal, Mau Tahu?

admin