Akuntansi

Macam-Macam Software Akuntansi Untuk Bisnis Anda

Macam-Macam software akuntansi

Berkembangnya teknologi, membuat semakin mudahnya segala kegiatan yang manusia lakukan. Salah satunya adalah dalam kegiatan bisnis, yang mungkin kini sedang Anda jalani. Teknologi ini berkaitan dengan memberi kemudahan dalam hal akuntansi perusahaan atau bisnis, dengan memanfaatkan macam-macam software akuntansi.

Sebelumnya, Anda pun harus memahami apa itu software akuntansi. Software akuntansi adalah sebuah sistem yang dibuat untuk menjadi solusi dalam mengelola serta memproses data keuangan. Biasanya, akuntan dan juga tim pembukuan keuangan akan memanfaatkan software akuntansi ini dalam mengatur akun serta membuat operasionalnya bisa berjalan otomatis. Software akuntansi inipun bisa dipakai dalam mencatat data akuntansi, melakukan pengukuran indikatornya dan juga melaporkan kegiatan keuangan dari perusahaan Anda.

Baca Juga: Software Akuntansi Online dan Tips Memilihnya

Fungsi Software Akuntansi

Software akuntansi sendiri memiliki fungsi utama dalam membantu mengelompokkan dan juga memperhitungkan transaksi bisnis yang dilakukan perusahaan. Software akuntansi terbaik dapat membantu memudahkan pekerjaan akuntan dalam menyajikan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, cash flow dan juga laporan akhir keuangan.

Penggunaan software akuntansi akan membuat langkah-langkah dalam penyusunan laporan menjadi lebih cepat, tepat dan efisien.

Macam-Macam Software Akuntansi

Macam-Macam Software Akuntansi dan fungsinya

Kini, software akuntansi sudah menjadi pilihan banyak perusahaan untuk seluruh pengumpulan informasi finansial dan akuntansi serta pelaporan keuangan dari bisnis mereka. Namun, software akuntansi sendiri terdiri dari berbagai macam. Penting mengetahui apa saja macam-macamnya, untuk dapat menentukan jenis mana yang akan Anda gunakan.

  • Spreadsheet

Spreadsheet umumnya digunakan oleh bisnis-bisnis UKM ataupun UMKM. Spreadsheet inipun tidak butuh biaya dan bisa dipakai secara bersamaan atau sharing file dengan tim yang terkait. Namun, penggunaan Spreadsheet ini punya potensi besar terjadinya human error, karena bisa saja saat pencatatan terjadi kesalahan penginputan, sehingga hasilnya laporan keuangan jadi tidak akurat. Hal ini juga lah yang jadi alasan kenapa Spreadsheet ini umumnya dipakai oleh perusahaan yang punya volume transaksi yang tidak banyak, sehingga kemungkinan human error pun bisa diminimalisir.

  • Software Akuntansi Terinstal

Jenis software akuntansi berikutnya adalah software yang di-install pada komputer Anda. Ini akan sangat cocok dipakai bila Anda berada di tempat yang punya koneksi internet terbatas. Karena, dengan software yang sudah ter-install ini, Anda tidak perlu lagi terhubung dengan internet lagi untuk mengaksesnya.

Biasanya jenis software seperti ini dipakai oleh akuntan bisnis UKM. Namun sayangnya, software akuntansi terinstal seperti ini sulit untuk dikostumisasi, sulit diakses di banyak lokasi, jumlah komputer dan penggunanya terbatas, data hanya bisa tersedia offline sehingga tidak dapat sharing dengan departemen lain bila ingin dilakukan kolaborasi.

  • Software Akuntansi Basis Cloud

Berbeda dengan sebelumnya, software akuntansi cloud ini tersedia secara online, sehingga Anda bisa mengaksesnya di manapun dan kapanpun, selagi tersedianya koneksi internet. Harga dari software akuntansi basis cloud inipun bisa dibilang terjangkau, dengan fitur kemudahan yang ditawarkannya. Anda hanya akan dikenakan biaya bulanan ataupun pertahun.

Sekarang inipun, jenis software seperti ini sedang populer digunakan startup dan bisnis-bisnis kecil.

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Butuh Software Akuntansi?

  • Software Akuntansi Database

Macam-Macam Software Akuntansi yang memudahkan pencatatan transaksi bisnis

Umumnya, jenis software akuntansi seperti ini dimanfaatkan para perusahaan besar, karena datanya lebih aman, di mana database yang digunakan pun terbilang besar. Untuk menggunakan software akuntansi database ini, Anda butuh system engineer dan juga konsultan untuk bisa menginstal serta menjalankannya.

Software akuntansi database ini bisa membantu dalam menangani manajemen keuangan, network besar, tugas kompleks dan juga fungsi akuntansi yang terbilang rumit. Namun, biaya yang harus Anda keluarkan pun tentunya akan lebih mahal dan akan ada biaya maintenance yang juga tidak murah.

  • Software Enterprise Resource Planning (ERP)

Software ini dapat mengintegrasikan informasi dari seluruh fungsi bisnis ke satu database. Jadi, software ini akan membantu menghilangkan masalah yang mungkin ada di setiap departemen. Namun, biayanya bisa dibilang juga tidak murah dan perlu waktu yang panjang untuk proses instalasi serta training pengguna.

Software ERP ini cocok untuk dipakai oleh perusahaan besar dengan alur kerja yang terbilang kompleks serta transaksi bisnis yang banyak.

  • Software Akuntansi Custom

Macam-macam software akuntansi berikutnya dibuat khusus untuk suatu organisasi atau perusahaan atau bisnis. Jadi biasanya perusahaan akan menggunakan software ini saat ada kebutuhan perusahaan yang sangat spesifik, dan tidak bisa dipenuhi software akuntansi lainnya.

Harga yang ditawarkan pun tentunya lebih tinggi dari harga standar yang ada, serta adanya tambahan biaya maintenance.

Itulah macam-macam software akuntansi yang kerap digunakan perusahaan atau bisnis. Anda pun dapat memanfaatkan teknologi yang ada ini untuk memudahkan pencatatan transaksi bisnis serta pembukuan bisnis Anda. Cara ini pun akan membantu dalam membuat laporan keuangan yang akurat.

Saat ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate. Software Akuntansi Accurate memiliki berbagai keunggulan yang akan memudahkan Anda melakukan proses pencatatan, pembukuan, dan pelaporan keuangan serta pajak. Dapatkan software Accurate hanya di Solusiaccurate.com.

Related posts

Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi Pembukuan Restoran untuk Bisnis F&B

Iskandar Rumi

Alasan Mengapa Anda Butuh Program Pembukuan Bengkel Motor untuk Berbisnis

Iskandar Rumi

Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar dalam Membuat Laporan Keuangan

Iskandar Rumi