Uncategorized

Mau Coba Buat Bisnis di Bidang Pariwisata?? Berikut Bisnis Yang Patut Kamu Coba !!

Usaha di bidang pariwisata merupakan salah satu peluang bisnis potensial di Indonesia. Keindahan alam yang luar bisa disertai keragaman dan keunikan budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Perkembangan industri pariwisata semakin menjanjikan. Bertambahnya minat wisatawan asing dan dalam negeri travelling ke Indonesia, tak lain karena kemudahan pembelian tiket transportasi, hotel, hingga paket wisata.

Dari tahun ke tahun, minat wisatawan untuk berlibur ke daerah-daerah yang ada di Indonesia kian meningkat. Hal tersebut bisa terlihat dari adanya pembangunan sarana dan prasarana kepariwisataan seperti pembangunan bandara.

Nampaknya fenomena gaya hidup yang bergeser ini menjadi pelung besar bagi kalian yang ingin mempunyai bisnis pada sektor pariwisata. Terlebih, kalian juga bisa meningkatkan ekonomi di daerah.

Tapi apa aja sih sebenernya peluang bisnis yang bisa dilakukan dengan banyaknya wisatawan di Indonesia?. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa kalian jalankan di daerah wisata.

1.Homestay/ Gueshouse

Punya rumah atau properti gak terpakai?, jangan bingung ya, gunain buat bisnis homestay atau guesthouse aja.

Wisatawan ketika kunjungan ke daerah pastinya lebih menyukai suasana alam dan budaya daerah yang dikunjungi ketimbang suasana penginapan hotel.

Kalian bisa memanfaatkan dan bekerja sama jaringan agen travel online seperti Traveloka, Airy Room, Reddorz, hingga Oyo untuk memasarkan hunianmu guna menyasar target wisatawan dan backpacker.

Daftarkan juga bisnis kamu pada Google Maps. Agar ketika orang mencari keyword penginapan di daerahmu maka bisnis homestay bisa diketahui oleh calon konsumen. Jangann lupa pasang foto terbaik, dan alamat yang jelas.

Tapi ingat ya kebersihan dan pelayanan maksimal menjadi hal penting dalam bisnis ini, dan juga harga yang bersaing guna menarik konsumen.

2. Kuliner

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah, tidak mencicipi kuliner khas yang menjadi kebanggaan daerah tersebut.

Pada awalnya, makanan hanya dijadikan salah satu pelengkap dalam agenda berwisata. Tapi sekarang, hal ini telah menjadi suatu trend dan menjadi salah satu daya tarik wisata di suatu daerah. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan wisata kuliner.

Indonesia tak hanya dikenal memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Tetapi juga memiliki masakan khas yang berbeda antar daerahnya. Disinilah kamu bisa menjadi penghidang aneka menu nusantara yang siap menggoyang lidah para wisatawan. Bagimana Menjanjikan bukan?

3. Sewa Kendaraan / Rental

Kemudian, sewa kendaraan Baik itu kendaraan ber roda dua atau roda empat, Pada bisnis ini jika memiliki kendaraan berlebihan utamanya roda dua, bisa nih menjalankan bisnis sewa kendaraan.

Wisatawan cenderung memilih sewa kendaraan yang mudah, cepat, dan dekat dengan terminal, bandara, pelabuhan, dan stasiun.

Tapi pada bisnis ini kehati-hatian pemilik bisnis hal yang utama. Kamu harus mempelajari calon konsumennya, dan harus ada dokumen penting untuk jaminan kendaraan yang disewa. Hal ini guna menghindari kehilangan kendaraan ataupun dibawa kabur.

Tapi untuk menghindari hal itu, kamu bisa menggunakan teknologi GPS yang disematkan dalam kendaraan yang disewakan. Jadi kendaraan milik kamu bisa terpantau dengan jelas setiap saat.

4. Travel Guard

Travel Guide bagi kalian yang berdomisili di daerah wisata tentu menjadi ladang bisnis menjanjikan. Daerah seperti Bali, Yogyakarta, Padang, Semarang, Lombok, Manado, Makassar kini sudah banyak dipenuhi oleh usaha ini.

Dengan memanfaatkan pemahamanmu sebagai putra atau putri asli daerah kelahiran, kalian bisa mengantarkan wisatawan baik mancanegara dan lokal berkeliling di daerahmu. Bisnis ini bisa dilakukan dengan senang hati karena tentunya sambil jalan-jalan dan membantu wisatawan.

Tentu promosi bisnis ini harus gencar dilakukan, dengan menggunakan media sosial dan posting terus aktivitas atau lokasi-lokasi wisata di daerah kalian.

Gunakan hashtag yang tepat dalam semua media sosial, jaringan konsumen dengan teknologi digital, dan jangan lupa pasarkan bisnis ini dengan website, iklan facebook dan instagram.

5. Bisnis Oleh-oleh

Bisnis ini juga cukup menguntungkan, kamu bisa membuat makanan khas yang bisa tahan lama jika di simpan di luar lemari pendingin, Keunikan produk dan kualitas rasa yang di tawarkan para pelaku usaha menjadi poinpenting yang di unggulkan para pedagang oleh-oleh di penjuru nusantara, Cita rasa kuliner dan makanan khas nusantara, memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para pelaku bisnis oleh-oleh di berbagaipelosok daerah, apalagi beberapa terakhir tinggkat ekonomi masyarakat Indonesia terus merangkak naik sehingga kondisi tersebut turut mendorong kemampuan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata dan berbelanja oleh-oleh khas Nusantara.

Untuk cara pemasaran nya kamu bisa menitipkan di tempat atau toko oleh-oleh dekat tempat pariwisata, atau bisa juga kamu memasarkan nya di sosial media, instagram, facebook dan memasarkan juga di aplikasi GoFood atau GrabFood, Bagaimana? Sudah ada gambaran mau buat apa dan jual apa??

Itu dia jenis-jenis usaha di bidang pariwisata cukup potensial yang bisa dijalankan oleh para pebisnis UKM di sekitar tempat wisata. Menarik bukan? Peluang usaha akan selalu ada jika kamu dapat melihat potensi tersebut dengan jeli.

Jika Kamu sudah menentukan ingin membuka Bisnis apa, naaaah sekarang kamu bisa mulai mencari tahu cara membuat lamporan pembukuan yang simple untuk mempermudah perhitungan usaha kamu, yuuuk simak juga artikel di bawah ini.

Baca Juga : Pembukuan Simple Untuk Usaha Kecil Menengah

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Menggunakan Fitur Transaksi Berulang pada Accurate Online

Rika Angraini

5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat

admin

Mencatat Pembayaran Piutang Karyawan sebagai Pengurang Gaji Bulanan

Rika Angraini