Uncategorized

Pertimbangkan Hal ini, Perlukah Bisnis Mendapatkan Pinjaman dari Bank?

Perlukah bisnis mendapatkan pinjaman dari bank? Banyak pengusaha yang menanyakan hal tersebut. Apa lagi jika Anda sedang benar-benar membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki. Bagi Anda yang merasa sedang membutuhkan dana segar secara mendesak, sudah pasti akan mencari pinjaman ke lembaga-lembaga keuangan.

Tetapi ada sebagian pengusaha yang lebih memilih untuk bersabar sambil mengumpulkan dana untuk mengembangkan usahanya tersebut. Karena mengumpulkan sedikit demi sedikit dana hingga cukup adalah hal yang baik dibandingkan dengan harus meminjam uang kepada bank.

Meskipun sebagian besar orang menyebut meminjam uang di bank adalah hal yang baik, Anda tetap harus memiliki pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman kepada bank meskipun uang pinjaman tersebut akan digunakan untuk kepentingan usaha.

Jangan cepat dalam mengambil keputusan, apakah Anda harus berhutang atau tidak? Sebaiknya Anda bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut.

Mengetahui Potensi Bisnis

Sebelum Anda melangkah lebih jauh, sebaiknya Anda mengetahui potensi dari bisnis yang Anda jalankan. Setiap bisnis memiliki potensi dan resiko masing-masing. Baik itu bisnis franchise maupun bisnis yang Anda bangun sendiri memiliki potensi dan resiko kerugian serta kegagalan.

Disinilah Anda akan mempertimbangkan perlukah bisnis mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak sama sekali. Anda harus ingat, bahwa Anda harus mempersiapkan modal kerja yang cukup hingga satu tahun kedepan. Selain itu, Anda pun harus mempersiapkan dana darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu, jika bisnis Anda mengalami kerugian di tengah jalan.

Jika Anda mengalami kerugian, segeralah untuk melakukan evaluasi manajemen secara menyeluruh. Apa yang menjadi kesalahan, dan apa yang harus ditingkatkan. Dengan begitu Anda bisa mendaki kesuksesan dengan mudah. Beberapa pertimbangan perlukah mendapatkan pinjaman dari bank untuk bisnis.

Utang Produktif atau Utang Buruk

Pertimbangan perlukah mendapatkan pinjaman dari bank untuk bisnis apakah utang yang ingin Anda dapatkan tersebut adalah utang produktif atau itu utang buruk. Apa maksud keduanya?

Utang produktif adalah utang yang didapatkan dari bank, utang tersebut berguna sehingga usaha yang Anda jalankan mendapatkan keuntungan. Sementara utang buruk merupakan sebaliknya, yakni pinjaman yang Anda dapatkan tidak dapat memberikan keuntungan kepada Anda dan usaha yang Anda bangun. Bahkan utang tersebut malah membuat Anda menjadi bangkrut.

Jumlah Cicilan dan Bunga

Ingat, pertimbangan selanjutnya ketika Anda ingin berhutang kepada bank adalah jumlah cicilan dan bunga yang harus dibayarkan kepada pihak bank. Jumlah angka ini harus bisa Anda perhitungkan secara jelas. Sehingga Anda bisa memperhitungkan berapa cicilan beserta bunga yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Agar keuangan usaha tetap stabil, jumlah cicilan beserta bunga harus lebih kecil dari total pemasukan. Apabila tidak, maka akan menekan keuntungan yang Anda miliki. Pertimbangan perlukah bisnis mendapatkan pinjaman dari bank untuk bisnis harus benar-benar diperhatikan dan dipertimbangkan dengan serius dan matang.

Gimana Kalo Pake Modal Sendiri

Selain mempertimbangkan perlukah bisnis mendapatkan pinjaman dari bank, Anda pun harus memikirkan seberapa baik jika Anda menggunakan modal sendiri dalam berbisnis. Jika Anda menggunakan modal sendiri, semua keuntungan yang Anda peroleh bisa Anda gunakan. Baik untuk mengaji diri Anda sendiri, dan menggembangkan usaha tersebut.

Berbeda halnya jika Anda menggembangkan usaha dari modal hutang kepada bank. Keuntungan yang Anda peroleh harus Anda bagi dengan bunga beserta cicilan yang diberikan kepada bank. Inilah yang Anda harus pikirkan. Namun, jika memang kebutuhan Anda mendesak perlu kiranya meminjam kepada bank. Tetapi jika keuangan usaha masih dalam kondisi aman, maka tak perlu untuk melakukan hal tersebut.

Menghitung keuangan usaha bukanlah perkara mudah, Anda harus menghitungnya secara detail. Termasuk ketika Anda meminjam kepada bank, Anda harus menghitung hutang yang Anda miliki dalam catatan pengeluaran dengan modal yang Anda miliki. Di akhir periode, jangan lupa untuk menyusun laporan keuangan agar keluar masuknya uang bisa terpantau.

Anda bisa menghitung semua total biaya dan keuangan usaha yang Anda miliki menggunakan software keuangan Accurate. Software keuangan Accurate, akan membantu Anda memantau pergerakan keuangan usaha, baik itu keuangan hasil meminjam dari bank ataupun dari modal milik sendiri.

Sehingga Anda bisa melihat seberapa kuat kondisi keuangan usaha Anda dengan uang pinjaman dan dengan modal sendiri. Mempertimbangkan perlukah bisnis mendapatkan pinjaman dari bank atau dengan modal sendiri harus dipikirkan dengan matang dan baik. Anda bisa melakukannya dengan bantuan software keuangan Accurate.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Metode Analisis Keuangan

Agus Fadhil

Menambah Baris Per Halaman Di Daftar Barang

admin

ACCURATE DISKON 10% DALAM RANGKA ULANG TAHUN KE 20 BERKARYA BAGI NEGERI

Rika Angraini