Uncategorized

Beberapa Usaha Rumahan Yang Bisa Coba

Bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha dirumah atau ditempat Anda, ada banyak macam usaha rumahan yang dapat kamu lakukan. Kemudian usaha yang dilakukan di rumah juga sangat flexibel dan menghemat biaya karena tidak perlu menyewa tempat.  Usaha rumahan ini hanya membutuhkan modal yang sedikit, sehingga sipapun bisa untuk melakukannya.

Usaha ini cocok dilakukan untuk Anda yang baru memulai bisnis atau belajar usaha atau untuk ibu-ibu rumah tangga dan bisa juga sebagai usaha sampingan yang bisa menambah pemasukan keuangan kita.

Selain ibu rumah tangga, bisa juga dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa untuk mengembangkan bakat usaha dan juga bisa menambah uang jajan. Usaha rumahan ini banyak bahkan bermacam-macam. Berikut adalah macam-macam usaha rumahan yang wajib Anda coba antara lain :

Katering

Bagi Anda yang mempunyai hobi memasak, usaha katering ini dapat Anda coba. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dalam skala kecil, barulah nanti jika sudah banyak pelanggannya Anda bisa memperbesar usaha Anda.

Untuk mempromosikan usaha katering ini bisa melalui keluarga dari mulut ke mulut. Selain cara itu ada cara yang dapat dilakukan lebih efektif yaitu dengan promosi melalui media sosial atau juga bisa bergabung dengan platform penjualan makanan, seperti Gofood atau Grabfood. Contoh kuliner yang sedang menjamur adalah ayam geprek, dan Anda bisa memulai usaha ayam geprek melalui tips ini.

Usaha Laundry

Usaha laundry juga cocok untuk di jalankan dirumah. Anda tidak perlu menyewa tempat untuk usaha ini. Anda cuma butuh modal untu membeli peralatan laundry saja. Atau bisa memanfaatkan mesin cuci yang Anda miliki. Untuk tenaga bisa Anda kerjakan sendiri. Kemudian Anda tinggal promosikan dengan tetangga sekitar rumah Anda.

Membuka Usaha Jahit Baju

Usaha ini dapat Anda lakukan jika Anda memiliki keterampilan menjahit. Usaha jahit ini tentunya sangat membutuhkan modal yang sedikit hanya untuk membeli peralatan jahit saja. Usaha jahit ini merupakan salah satu usaha yang abadi karena tidak akan pernah kehilangan konsumenya.

Karena seiring berjalannya waktu model pakaian selalu berubah, kemudian pakaian juga akan rusak. Kemudian juga ingin mengubah ukuran dan bentuk pakaian yang baru saja di beli. Untuk meningkatkan omset Anda bisa melakukan promosi di sekitar lingkungan Anda atau juga bisa melalu sosial media jika usaha Anda semakin berkembang.

Konter Pulsa dan Pembayaran Online

Untuk sekarang siapa sih yang tidak butuh pulsa. Semua orang butuh pulsa, baik pulsa operator dan juga pulsa token. Selain pulsa juga pembayaran online juga sangat banyak di gunakan oleh orang seperti pembayaran listris pasca bayar juga pembayaran pdam. Atau juga pembayaran tiket, baik tiket kereta, tiket pesawat juga tiket bus antar kota.

Membuka Jasa Les atau Bimbel

Bagi Anda yang masih kuliah, bisa juga untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dibangku kuliah dengan membuka jasa bimbingan belajar. Usaha ini juga tidak menggangu aktivitas kampus karena Anda dapat melakukannya pada saat Anda dirumah psda sore hari atau malam hari atau pada hari saat Anda tidak ada jadwal kuliah. Jasa bimbel ini juga bisa bersifat privat atau juga bisa kelompok belajar tergantung situasi dan kondisi yang ada.

Beternak Lele

Usaha beternak lele ini dapat dilakukan kalau Anda punya lahan di sekitar rumah yang luas yang bisa di gunakan untuk beternak lele. Anda perlu membuat kolam-kolam disekitar rumah Anda.

Ada 2 macam usaha yang dapat dikerjakan dalam beternak lele ini, yang pertama Anda beternak khusus pembibitan lele, yang mana Anda fokus untuk memelihara lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit lele. Kemudian yang kedua adalah memelihara lele untuk di besarkan dan siap untuk di konsumsi.

Beternak lele ini tidak hanya mudah tetapi pasarnya juga cukup besar, karena banyak rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya.

Usaha Desain dan Percetakan

Sekarang ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain, baik itu spanduk, papan nama toko, kalender, desain undangan. Kemudian dari jasa desain ini juga bisa di kembangkan dengan usaha percetakan. Karena kita sudah mendesain spanduk kalau bisa kita juga yang punya percetakan spanduknya.

Bisa juga dikembangkan dengan jasa pengetikan dokumen atau printing dan foto copy. Keahlian yang Anda harus punya di usaha ini adalah kemampuan Anda membuat desain yang bagus. Kemampuan ini dapat Anda pelajari dan praktikan secara otodidak. Syaratnya Anda harus mempunyai  komputer atau laptop. Usaha ini juga cocok untuk mahasiswa yang masih kuliah sebagai usaha sampingan dan tidak mengganggu aktivitas kuliah.

Kesimpulan

Itulah macam-macam usaha rumahan yang bisa Anda lakukan untuk menambah pemasukan Anda. Untuk mengetahui lebih jauh tentang tips dan trik usaha rumahan, Anda bisa membacanya melalui link ini. Yang perlu Anda perhatikan dalam membuat sebuah bisnis adalah pembukuan. Tanpa pembukuan, bisnis Anda akan sulit utuk berkembang.

Saat Anda memulai bisnis, Anda bisa menggunakan pembukuan manual atau pembukuan melalui excel. Namun jika bisnis Anda sudah berkembang, disarankan untuk menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan Anda dan meminimalisir kesalahan pada pencatatan keuangan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk efektifitas pembukuan usaha Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Telah digunakan oleh 300 ribu entitas bisnis dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Cara Seting Printer di RENE 2 Agar Ketika Print Pesanan Dapat Dibedakan Lokasinya

admin

4 Hal Pertama Yang harus di pahami untuk belajar Akuntansi

admin

Panduan Melakukan Stock Opname Melalui Accurate Online

Rizal Syah