Uncategorized

Apa itu Uang Kartal dan Uang Giral Dalam Dunia Bisnis?

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah uang cash atau uang kartal dan uang giral. Hal tersebut sudah sering kita pelajari dulu saat di bangku sekolah. Di dunia ekonomi dan bisnis, mengetahui apa perbedaan uang kartal dan uang giral sangatlah penting.

Baca Juga :

Berikut Cara Mudah Manajemen Keuangan Pada Bisnis Online

Jenis uang yang berlaku pun, hanya terdapat 2 jenis, yakni kartal dan giral yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Yuk, kita telaah bersama agar kamu paham apa saja fungsi uang yang selalu kamu gunakan tiap hari.

Apa itu Uang Kartal dan Giral?

Uang kartal atau uang cash merupakan uang yang sering kita gunakan sehari-sehari. Jenis uang ini memiliki dua bentuk, yakni uang kertas dan uang logam. Sesuai namanya, uang kertas dibuat dari kertas beserta bahan lainnya dan mempunyai gambar dan cap tertentu untuk membedakan nominalnya.

Uang logam juga berfungsi sebagai alat tukar yang sah di Indonesia. Jenis uang ini dibuat dari perak atau emas. Di Indonesia, hanya Bank Indonesia (BI) yang mempunyai otoritas untuk mencetak dan menerbitkan uang kertas dan logam.

Berbeda dengan uang cash, uang giral adalah alat tukar yang cenderung lebih praktis jika dibandingkan dengan uang cash. Jenis uang ini tidak hanya bisa dicetak oleh Bank Indonesia saja, tapi juga bisa dicetak oleh bank umum. Jenis uang ini biasanya berbentuk giro, setoran tunai, kartu kredit, wesel, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral dari Segi Bentuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perbedaan antara uang cash dan uang giral terlihat sangat jelas. Bentuk uang cash bisa berupa kertas atau logam. Sedangkan uang giral berupa lembaran tagihan seperti giro, cek, kartu ATM, dan masih banyak lagi.

Yang memiliki otoritas untuk mencetak uang kartal atau uang cash hanya Bank Indonesia. Sedangkan bank umum berhak mencetak uang giral.

Perbedaan dari Segi Sifat

Perbedaan uang kartal dan uang giral selanjutnya adalah dari segi sifat. Walaupun uang giral diciptakan untuk menekan produksi uang giral, namun uang jenis ini bukanlah alat pembayaran yang sah.

Hal tersebut berarti seseorang bisa menolak penggunaan uang giral saat bertransaksi. Dengan begitu, dapat disimpulkan jika uang kartal bisa digunakan oleh seluruh masyarakat. Sedangkan di sisi lain, uang giral hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Perbedaan dari Segi Kepraktisan

Dari sisi kepraktisan, uang giral tentu jauh lebih praktis. Jika dipikir lebih jauh, tentu sangat tidak praktis jika kita membawa banyak sekali uang cash berupa kertas dan logam. Saat pembayaran dengan jumlah yang besar, menghitung uang cash dalam jumlah yang banyak juga memiliki risiko untuk terjadi kesalahan karena tidak teliti.

Uang giral dianggap lebih praktis dan akurat. Apalagi, sekarang banyak sekali aplikasi keuangan berbasis online seperti OVO, DANA, Go-Pay, dan lain sebagainya yang membuat transaksi keuangan menjadi semakin praktis.

Baca juga : 

Mengenal Berikut 3 Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Perbedaan dari Segi Keamanan

Perbedaan uang kartal dan uang giral selanjutnya adalah dari sisi keamanan. Jika kita mempertimbangkan masalah keamanan, tentu saja uang giral jauh lebih aman. Hal tersebut dikarenakan risiko uang hilang menjadi lebih kecil dan bisa melakukan pemblokiran dan pelacakan.

Menggunakan uang giral juga lebih meminimalisir penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Kalau ada uang giral yang hilang cenderung lebih mudah ditelusuri karena uang giral biasanya mencantumkan identitas pemiliknya.

Baca juga : 

Pengertian Rekening Koran Kegunaan dan Cara Melihatnya di Accurate Online

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan uang kartal dan uang giral di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa uang kartal dan uang giral memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Walaupun begitu, kedua jenis uang ini sama-sama alat pembayaran yang sah dalam transaksi keuangan—baik transaksi bisnis maupun transaksi keuangan pribadi. Untuk pengelolaan arus keuangan yang transparan dan minim kesalahan, Anda harus menggunakan pembukuan pada operasional bisnis yang sedang Anda jalankan.

Nah, apa kamu jadi mendapatkan informasi baru mengenai uang kartal dan giral dari artikel ini? Mungkin kamu jadi berpikir untuk mulai menggunakan uang giral, terutama jika kamu memimpin sebuah perusahaan. Dengan uang giral, tentu sebuah perusahaan menjadi tidak terlalu pusing mengurus pengeluarannya. Untuk memudahkan perusahaanmu dalam melakukan pencatatan pengeluaran ini pun, kamu bisa menggunakan Accurate Online. Dengan proses digital yang aman terkendali dan dapat diakses di manapun kamu berada, atasan dan karyawan jadi bisa menggunakan waktu dengan lebih efisien. Mudah, bukan?

Untuk mempermudah dan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan dan pembuatan laporan keuangan, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi yang akan memudahkan proses pembukuan pada bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis di Indonesia. Terbukti telah digunakan oleh lebih daris 300 ribu pengguna dan telah meraih Top Brand Award sejak 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik buatan anak bangsa.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link dibawah ini :

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

4 Strategi Emak-Emak Yang Ingin Membuka Usaha

admin

Pembelian Accurate Online dan Langkah Selanjutnya

raymond simanjuntak

Panduan Instalasi ACCURATE ONLINE Private Cloud

Rika Angraini