Uncategorized

Arus Kas Keuangan Dalam Bisnis. Mengapa Penting?

arus kas keuangan dalam bisnis

Sering sekali dalam bisnis kita mendengar cash flow atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti arus kas. Apa sebenarnya arus kas ini? Kenapa arus kas cukup penting dalam bisnis? Banyak pengusaha yang tidak mengetahui tentang arus kas keuangan dalam bisnis yang bukan sekedar laporan saja.

Bagaimana mengambarkan arus kas ini? Mengapa arus kas cukup penting bagi jalannya usaha? Mudah saja diketahui. Bahwa arus kas adalah hal penting yang harus selalu menjadi fokus bagi para pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Banyak sekali pengusaha yang terkadang tidak fokus dalam mengatur arus kas usaha dan membuat mereka mengalami kerugian yang cukup besar.

Untuk itu, kami akan memberikan definisi yang sesungguhnya mengenai arus kas itu sendiri, mengapa arus kas ini penting bagi jalannya usaha Anda dan sebagai cara mengukur bisnis Anda.

Definisi Arus Kas

Arus kas adalah jumlah bersih kas yang masuk dan keluar dari jalannya bisnis. Arus kas ini memiliki dua hal. Yakni arus kas positif dan arus kas negatif. Arus kas positif ketika Anda memiliki pengeluaran lebih kecil dari pendapatan. Jika sebaliknya, arus kas negatif memiliki pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan.

Arus kas ini akan menjadi alat penilaian kinerja bisnis Anda. Apakah bisnis Anda lancar atau tidak hal itu akan dipengaruhi oleh arus kas usaha. Arus kas keuangan dalam bisnis adalah salah satu proses yang menggambarkan kondisi keuangan usaha Anda.

Arus kas akan menjadi lembaran tanggung jawab terhadap biaya-biaya. Baik itu biaya operasional, biaya marketing, dan biaya gaji pegawai. Semua harus bisa tertulis secara rapih pada arus kas. Bisnis yang memiliki arus kas yang baik, bisnis tersebut pun akan berjalan lebih baik.

Mengapa Setiap Pengusaha Harus mengetahui arus kas nya?

Perhitungan Lebih Akurat

Dengan memiliki arus kas, Anda akan dapat menghitung berapa keuntungan yang sudah Anda peroleh. Perhitungan dari arus kas pun bisa lebih akurat dibandingkan dengan menghitung sistem budgeting. Jika arus kas dikelola dengan baik, hal tersebut akan membuat Anda memiliki penilaian mengenai arus kas tersebut. Arus kas keuangan dalam bisnis bisa menjadi satu cara untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki.

Sebagai Alat Penilaian

Arus kas keuangan dalam bisnis bisa digunakan sebagai satu cara penilaian terhadap kinerja bisnis. Tanpa arus kas keuangan, maka akan sangat sulit membuat penilaian pada bisnis yang Anda miliki. Dengan memiliki arus kas, Anda pun akan tahu kapan Anda harus berkembang.

Mengapa Cash flow Penting?

Arus kas keuangan dalam bisnis adalah suatu yang penting. Sehingga harus selalu dipantau dengan baik. Kekurangan cash flow akan mempengaruhi jalannya usaha. Seperti usaha akan sulit berkembang, gaji pegawai yang sulit untuk dibayarkan, dan aktivitas perusahaan pun akan terganggu.

Begitupun jika cash flow berlebihan. Ketika cash flow berlebihan, maka hal ini akan menyebabkan uang kas tersebut menganggur. Banyak pengusaha yang lebih memilih untuk menginvestasikan uang kas mereka yang berlebih.

Gimana Cara Membuat Laporan Cash Flow?

Laporan cash flow merupakan salah stau jenis laporan keuangan yang harus disajikan setiap bulan atau saat tutup buku. Laporan ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana aliran dana usaha Anda. Laporan cash flow bisa dibuat dengan mencagu pada tahap pembukuan sebelumnya. Disitulah akan terlihat bagaimana cash flow usaha Anda.

Jika Anda sulit dalam membuat laporan cash flow, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan software Accurate. Karena software Accurate sudah dirancang untuk menyusun setiap laporan keuangan usaha. Tidak hanya laporan keuangan cash flow saja, tetapi Accurate pun bisa digunakan sebagai membuat laporan keuangan lainnya, serta bisa membuat laporan pajak yang sudah terintegrasi dengan e-faktur pajak.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Cara Mudah Mengelola Keuangan Usaha Franchise dengan Accurate Online

raymond simanjuntak

Kiat Mengelola Bisnis dari Rumah Saat Work From Home

Agus Fadhil

MUDAHNYA MELAKUKAN REKONSILIASI BANK DI ACCURATE

Rika Angraini