Uncategorized

Bagaimana Cara Pembelian Aset Tetap Dengan Cicilan di Accurate Online

Setiap Perusahaan pasti nya mampunyai Aset tetap, Bagaimana cara pengimputan cicilan aset tetap di Accurate online? sebelum menjelaskan itu ada baiknya kita mengetahui Apa yang di maksud dengan asset tetap ? Aset tetap adalah aset berwujud yang digunakan dalm operasi perusahaan yang tidak dimaksudkan untuk di jual

Contoh aset tetap antara lain adalah property, bangunan, pabrik, alat-alat produksi, mesin, kendaraan bermotor, furnitur, perlengkapan kantor, komputer, dan lain-lain. biasanya memperoleh keringanan dalam perlakuan pajak. Kecuali tanah atau lahan, aset tetap merupakan subyek dari Depresiasi atau penyusutan.

Bagaimana cara penginputan asset tetap dengan cara cicilan di accurate, Langkah –langkahnya sebagai berikut :

  1. Buat data pemasok atas pembelian aset tetap secara cicilan tersebut, yaitu dari menu Pembelian | Pemasok.

2. Jika pembeliannya dengan cicilan terdapat uang muka pencatatan uang muka dilakukan melalui menu Pembelian | Uang Muka Pembelian, pilih nama vendor yang dimaksud, kemudian masukan nominal uang muka yang akan dibayarkan, klik proses dan pilih pembayaran. Contoh Kasus : Perusahaan membeli aset tetap berupa kendaraan senilai Rp 120.000.000. Dan atas pembelian tersebut diberikan uang muka sebesar 20%-nya yaitu Rp 24.000.000. Sisa-nya dilakukan cicilan selama 4 tahun.

Mencatat uang muka atas pembelian aset tetap
Jurnal uang muka pembelian sebelum pembayaran
Mencatat pembayaran uang muka pembelian atas aset tetap
Jurnal pembayaran uang muka pembelian atas aset tetap

3. Buat faktur pembelian untuk melakukan pencatatan atas pembelian tersebut, yaitu dari menu Pembelian | Faktur Pembelian, pilih nama pemasok-nya, kemudian klik “Pembelian Aset” dan jika belum pernah melakukan pembelian akan tampil “Pembelian aset tetap memerlukan barang dan akun pembelian. Accurate akan membuatkan barang dan akun perkiraan “Pembelian Aset”.  Lanjutkan ?”. Isikan nama kendaraan, kuantitas dan nilai kendaraan yang di beli. Jika ada uang muka, klik icon DP dan pilih nomor transaksi atas uang muka tersebut, kemudian simpan

Pembelian aset memerlukan barang dan akun pelantara pembelian, Accurate akan membuatkan akun perkiiraan “Pembelian Aset”. Lanjutkan ?
Mengunakan uang muka atas pembelian aset tetap
Jurna transaksi pembelian atas aset tetap dengan uang muka

4. Selanjutkan ke menu Aset Tetap | Aset Tetap | buka transaksi aset tetap (draft) yang dibuat otomatis oleh Accurate dari transaksi faktur pembelian.

5. Edit Tanggal Pakai jika Tanggal Pakai tidak sama dengan Tanggal Beli,  jika aset berwujud checklist Ya (Aset Tidak Berwujud) dan jika  bukan Aset tidak berwujud, pilih Metode Penyusutan,  Akun AkumulasiAkun Beban Penyusutan dan Umur Aset.

6. Klik Tab info lainnya, isi Kategori Aset dan klik Simpan.

Jurnal pencatatan aset tetap dengan cicilan

7. Untuk pembayaran cicilan dari aset tersebut bisa dilakukan dari menu Pembelian | Pembayaran Pembelian, pilih Pemasok yang dimaksud dan pilih faktur atas pembelian aset tersebut. Kemudian isikan nominal cicilan yang akan dibayarkan. Hal ini dilakukan setiap periode waktu pembayaran.

Pembayaran cicilan pada periode berikutnya

Demikian cara pengimputan bembelian Aset tetap dalam bentuk cicilan, coba Gratis trial Accurate online disini dapatkan 30 hari trial.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Kiat Sukses Bisnis Kuliner Di Era New Normal

Agus Fadhil

7 Tren Kuliner 2019 untuk Mendulang Untung Super Besar

Rika Angraini

Perbedaan Unicorn Decacorn & Hectacorn

Agus Fadhil