Uncategorized

Bagaimana Pengembangan Usaha & Peran Marketing

cara pengembangan Usaha

Ketahui tentang bagaimana cara pengembangan Usaha & Peranan Marketing. Memiliki perusahaan artinya bahwa Anda harus memikirkan strategi dan teknik pengembangan usaha Anda. Salah satu bagian yang berperan dalam pertumbuhan usaha bisnis di perusahaan adalah divisi Business Development dan Marketing. Kedua divisi ini memiliki peran serta tanggung jawab yang sesungguhnya berbeda, namun tetap ada keterkaitan satu sama lain.

Konten:

  1. Tugas Divisi Marketing
  2. Tugas Divisi Business Development
  3. Teknik Pengembangan Usaha

Cara pengembangan Usaha & Peranan Marketing.

Pada divisi marketing, terdapat rumusan strategi teknik pengembangan usaha yang umum dibuat sebagai bahan untuk mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan penjualan dan juga manfaat yang kompetitif yang saling berkesinambungan. Adapun fungsi dari strategi pemasaran ini adalah sebagai bagian dari landasan sebagai penentu rencana pemasaran yang mampu memenuhi kebutuhan market, sehingga tujuan dari pemasaran perusahaan bisa tercapai dengan baik.

Tugas Divisi Marketing

Divisi marketing juga harus mampu membaca keadaan di lingkungan dalam lingkup eksternal maupun internal secara teliti. Lingkungan internal antara lain marketing mix dan model marketing mix, hambatan dan analisa kinerja. Sedangkan pada faktor eksternal meliputi analisa konsumen, target market, analisa pesaing, evaluasi faktor ekonomi, budaya dan juga lingkungan yang nantinya mampu mempengaruhi keberhasilan strategi teknik pengembangan usaha Anda.

Baca Juga: Software Accurate Accounting

Tugas Divisi Business Development

Pada divisi business development memiliki tugas adalah menganalisa adanya peluang pertumbuhan yang memiliki potensi, memantau dan mendukung pelaksanaan peluang pertumbuhan, namun tidak termasuk dalam keputusan yang strategic dan juga implementasi. Namun, pada perusahaan kecil dengan sumber daya manusia yang terbatas, business development juga mampu meliputi berbagai kegiatan antara lain sales, marketing, product development, dsb. Jadi, pada business development bisa melakukan pengembangan bisnis dengan mencari peluang baru sehingga nantinya bisa tercipta bisnis baru yang bisa dijual.

Pada saat proses pemasaran teknik pengembangan usaha berlangsung, pengembangan bisnis akan terus melakukan pengembangannya. Dengan tanggung jawab yang seperti itu, maka bisa dikatakan pengembangan bisnis memiliki posisi sebelum dan parallel dengan pemasaran atau marketing. Business development memiliki wilayah atau area yang cukup strategis dimana pada bagian ini yang melakukan evaluasi proposal bisnis dan juga meninjau potensi dan prospeknya dimasa yang akan datang. Setelah sebuah bisnis terbentuk, maka fungsi pengembangan bisnis akan berubah menjadi pengembangan atas bisnis yang sudah ada dengan menciptakan bisnis baru.

Prinsip dasar dari business development pada saat membanguan usaha bisnis baru adalah dengan mengevaluasi potensi dan juga benefit dari bisnis tersebut. Maka, agar hasil yang didapat sangatlah optimal, maka evaluasi yang dilakukan bisa meliputi marketing, finance, knowledge development, dan customer service. Hasil dari evaluasi tersebut bisa dipakai sebagai acuan bagi divisi marketing, engineering, sales dan juga operasional untuk menghasilakn produk baru. Dalam melaksanakan teknik pengembangan usaha tersebut, maka business development bisa menggunakan berbagai tools agar mampu menciptakan strategi yang tepat.

Teknik Pengembangan Usaha

Berikut langkah dalam mengembangkan usaha Anda agar lebih berkembang:

Memperluas Jaringan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan jumlah area pemasaran. Hal ini bisa membuat konsumen didapat lebih banyak, seperti membuka cabang lokasi usaha atau jangkauan free ongkir sebagai promosi. Maka, tidak hanya sektor pemasaran saja yang perlu Anda perluas, tetapi juga perluasan dalam hal produksi, sumber daya hingga suplay bahan. Namun, jangan lupa bahwa teknik pengembangan usaha ini harus didukung dengan peningkatan sistem promosi agar lebih maksimal.

Meningkatkan Promosi

Lakukanlah peningkatan promosi dengan sangat gncar sehingga mampu meningjkatkan penjualan secara signifikan sehingga usaha Anda akan semakin lebih besar. Hal ini bisa tercapai jika langkah promosi yang dilakukan dirancang dengan tepat, sesuai target pasar yang dituju, dan juga melakukan promosi dengan gencar. Namun, sebelum itu, pastikan jika penyediaan stok produk cukup memadai sehingga hasil dari dilakukannya promosi bisa maksimal Anda dapatkan.

Memperhatikan Keluhan Pelanggan

Keluhan pelanggan tidak boleh diacuhkan. Hal ini haruslah di respon balik agar pengembangan bisnis Anda mendapatkan review baik dikemudian hari. Keluhan pelanggan bisa sebagai sarana evaluasi untuk memperbaiki kinerja atau apapun yang menjadi keluhan mereka. Manfaat bagi bisnis Anda sangatlah besar. Jika Anda mampu memperbaiki membenahi kekurangan tersebut, maka akan semakin lama juga usaha Anda untuk menjadi lebih baik lagi sehingga bisnis akan bertahan lebih lama.

Meningkatkan Keterampilan Sumberdaya

Sumber daya yang ada pada perusahaan seperti pegawainya juga harus dibina agar keterampilan atau skill mereka semakin bertambah, maka langkah teknik pengembangan usaha dalam peningkatan keterampilan bisa memberikan hal positif pada pengembangan bisnis Anda. Untuk tidak tidak mengherankan jika pada perusahan berskala besar, banyak yang memikirkan hal ini, mereka memberikan fasilitas hingga training gratis bagi para karyawannya.

Kenali Kompetitor Bisnis | cara pengembangan Usaha 

Anda bisa memperhatikan persaingan bisnis di pasar yang memiliki usaha serupa dengan Anda. Maka, ide, inovasi hingga kreatifitas akan terus ada yang bagian dari teknik pengembangan usaha untuk memperbaiki kualitas agar lebih baik terus kedepannya. Inovasi sangat pnting sehingga produktifitas semakin meningkat.

Kesuksesan bisnis taklepas dari pembukua yang baik, untuk itu gunakan software akuntansi untuk membantu proses pembukuan bisnis Anda. Dengan Accurate miaslnya, dengan software Accurate semua pencatatan transaksi hingga laporan keuangan dapat disajikan secara instan dan realtime.

Accurate memiliki 2 tipe yaitu Accurate 5 yang berbasis desktop dan Accurate online yang berbasis cloudbaase yang lebih fleksibel. Lihat bagai mana Accurate Online memudahkan proses bisnis Anda.

Manfaat Yang Anda Dapatkan di Accurate Online Antara Lain:

Berbagai keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan Accurate Online

  • Membuat Invoice dengan Mudah dan Cepat
  • Membuat Surat Jalan dengan Mudah
  • Tersedia Contoh Templete Invoice, PO, Surat Jalan, Jurnal Voucher, dan lain-lain
  • Transaksi Langsung Mengupdate Jurnal (Sehingga Anda tidak perlu mengetahui cara membuat jurnal akuntansi)
  • Transaksi Langsung Mengupdate Laporan Keuangan (Sehingga Anda tidak perlu membuat Laporan Keuangan setiap akhir bulan)
  • Akses antarcabang terintegrasi
  • Proses bisnis yang terintegrasi membuat laporan keuangan perusahaan Anda dapat dilihat secara real time sehingga sangat mudah dalam pengambilan keputusan bisnis
  • Memantau inventori antarcabang
  • Anda dengan mudah memantau persediaan barang baik persediaan antargudang maupun persediaan antarcabang sehingga Anda bisa mengetahui kondisi perputaran persediaan.
  • Mengendalikan kewenangan setiap pengguna
  • Kewenangan akses setiap pengguna dapat diatur bahkan terdapat rekam jejak aktivitas sehingga risiko adanya penyalahgunaan data keuangan dapat dielakkan.
  • Mengelola Utang dan Piutang
  • Utang dan piutang dapat Anda kelola secara real time. Anda juga bisa mengetahui informasi utang dan piutang jatuh tempo menggunakan fasilitas pengingat (reminder) sehingga Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Selesaikan Pekerjaan dengan cepat dan tepat Dengan Accurate Online

Dengan beragam Fitur yang ada di Accurate online, Anda dapat memaksimalkan kinerja Perusahaan Anda

Lihat Berbagai Jenis Laporan secara Instan Dengan Accurate Online

Lebih dari 200 laporan keuangan dan oprasional dapat Anda Lihat secara Instan, Kapanpun Anda butuhkan, tanpa menunggu Karyawan Anda menyiapkan Laporan

Lihat laporan keuangan setiap saat

Kini Anda tidak perlu menunggu hingga akhir bulan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Lakukan analisa dan pengambilan keputusan lebih cepat untuk kemajuan bisnis Anda.

Lebih dari 300.000 UKM hingga Perusahan besar Telah menggunakan Accurate Online dan Accurate 5.

Free Konsultasi WA

BACA JUGA: 

  1. Software Accurate 
  2. Accurate Online
  3. Program Accurate

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Perbedaan Accurate Deluxe dan Enterprises Edition

Ade Muthia

Modul ACCURATE V5

admin

Cannot Edit Because Items is Closed

admin