Uncategorized

Cara mudah Kelola Asset tetap dan Mengitung Penyusutan Secara Otomatis

[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]

[av_image src=’https://abcpoins.com/wp-content/uploads/2019/07/Cara-kelola-Asset-tetap-dan-Menghitung-penyusutan-Asset-tetap-secara-Mudah.png’ attachment=’4959′ attachment_size=’full’ align=’center’ styling=” hover=” link=” target=” caption=” font_size=” appearance=” overlay_opacity=’0.4′ overlay_color=’#000000′ overlay_text_color=’#ffffff’ animation=’no-animation’ admin_preview_bg=”][/av_image]

[/av_one_full][av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]

[av_textblock size=” font_color=” color=” admin_preview_bg=”]
Penyusutan aktiva tetap (depresiasi), adalah bentuk pengalokasian harga perolehan aktiva tetap sebagai beban periode akuntansi dalam masa manfaat aktiva tetap tersebut. Nilai aktiva tetap turun setiap saat, sehingga setelah habis masa penggunaannya dianggap sudah tidak memberikan manfaat ekonomi bagi perusahaan. Tujuan dari penyusutan adalah untuk menyajikan informasi tentang penyusutan yang dilaporkan sebagai alokasi biaya yang diharapkan dapat berguna bagi para pemakai laporan keuangan. Informasi tentang penyusutan merupakan hal yangcukup penting bagi pemakai laporan keuangan, terutama dalam kaitannya earning power, yaitu perbandingan beban terhadap pendapatan untuk menghitung laba periodik dan Tingkat keefektifan manajemen dalam menggunakan sumber daya.

Menurut Undang-undang Pajak Penghasilan, penyusutan atau deperesiasi merupakan konsep alokasi harga perolehan harta tetap berwujud. Untuk menghitung besarnya penyusutan harta tetap berwujud dibagi menjadi dua golongan, yaitu:

  1. Harta berwujud yang bukan berupa bangunan.
  2. Harta berwujud yang berupa bangunan.

Harta berwujud yang bukan bangunan terdiri dari empat kelompok, yaitu:

  1. Kelompok 1: kelompok harta berwujud bukan bangunan yang mempunyai masa manfaat 4 tahun.
  2. Kelompok 2: kelompok harta terwujud bukan bangunan yang mempunyai masa manfaat 8 tahun.
  3. Kelompok 3: kelompok harta terwujud bukan bangunan yang mempunyai masa manfaat 16 tahun.
  4. Kelompok 4: kelompok harta terwujud bukan bangunan yang mempunyai masa manfaat 20 tahun.

Harta terwujud yang berupa bangunan dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Permanen: masa manfaatnya 20 tahun.
  2. Tidak permanen: bangunan yang bersifat sementara, terbuat dari bahan yang tidak tahan lama, atau bangunan yang dapat dipindah-pindahkan. Masa manfaatnya tidak lebih dari 10 tahun.

Metode Penyusutan

Metode penyusutan yang dipergunakan oleh perusahaan biasanya ada 2 yaitu metode garis lurus (straight line method) dan metode saldo menurun (declining balance method). Namun paling banyak yang digunakan adalah metode garis lurus:

Menurut undang-undang yang berlaku:

Wajib pajak diperkenankan untuk memilih salah satu metode untuk melakukan penyusutan. Metode garis lurus diperkenankan dipergunakan untuk semua kelompok harta tetap terwujud. Sedangkan metode saldo menurun hanya diperkenankan digunakan untuk kelompok harta berwujud bukan bangunan saja.

 Tabel berikut menggambarkan kelompok harta berwujud, metode, serta tarif penyusutannya:

Saat penyusutan dapat dimulai pada:

  1. Bulan dilakukan pengeluaran.
  2. Untuk harta yang masih dalam pengerjaan, penyusutannya dimulai pada bulan pengerjaan harta tersebut selesai.
  3. Dengan ijin Direktur Jenderal pajak, penyusutan dapat dimulai pada bulan harta berwujud mulai digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan atau pada bulan harta tersebut mulai menghasilkan.

Cara mudah menghitung Penyusutan Asset Tetap

Umumnya setiap bulan setiap asset tetap harus dihitung penyusutannya untuk melihat kinerja asset dan nilai buku permasing masing asset. Mengitung asset di tiap bulan tentunya tidak mudah, Menggunakan Accurate online akan meringankan pekerjaan untuk monitor Asset dan sekaligus menghitung penyusutan aktiva tetap. kelebihan menggunakan accurate online yang berhubungan dengan asset tetap seperti:

  1. Mengelompokan Asset tetap berdasarkan golongan.
  2. Menghitung asset tetap otomatis di tiap bulan
  3. Monitor asset tetap dimana pun berada.

 
[/av_textblock]

[/av_one_full]

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Kelola Pembukuan Untuk Toko Online

Ade Muthia

Goods In Transir ( Barang Terkirim )

admin

7 Hal yang Rutin Dilakukan Pengusaha Sukses Sebelum Sarapan

admin