Uncategorized

Cara penggunan Rumus IF pada desain Cetakan

Untuk penggunaan Rumus If pada Accurate Online, mempunyai rumus dasar yaitu :

SYARAT ? BENAR : SALAH

Ilustrasi :
Pada desain cetakan transaksi Pengiriman Pesanan ingin menampilkan konversi dari satuan kedua. Dimana hal ini akan bermasalah jika ada data barang yang tidak memiliki satuan ke dua. Sehingga harus dibuat rumus if jika barang tsb mempunyai satuan unit 2, maka akan tampil data konversinya, tetapi jika data barang tsb tidak memiliki satuan unit 2 maka akan kosong.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan penambahan variable skrip dengan rumus if :

  1. Masuk ke menu Pengaturan | Desain Cetakan.
Membuka Desain Cetakan

2. Pilih desain cetakan Pengiriman yang dimaksud, kemudian klik 2x dan klik ‘Buka Desainer’.

Memilih Desain Cetakan
Membuka Desain Cetakan

3. Geser Kolom yang berada pada bagian detail barang, seperti Kode Barang, Nama Barang, Kts, dan Satuan. Setelah itu klik (+), pilih Label dan klik Tambah.

Penambahan kolo, label baru pada tabel barang

4. Letakan disebelah kolom satuan (atau pada posisi lainnya sesuai kebutuhan), seperti pada gambar berikut dibawah ini. Kemudian atur posisi kolomnya agar sesuai dengan kolom detail lainnya yaitu pada bagian Position dan Dimention-nya. Dan pada kolom Text bisa diisi dengan judul yang sesuai misal Satuan#2.

Meletakan Kolom Label Baru

5. Selanjutnya menambahkan variabel script yaitu dengan cara klik (+), pilih Variable kemudian klik Tambah. Tempatkan dibawah label Satuan#2 yang baru ditambahkan, kemudian atur Position dan Dimention untuk kolomnya.

Menambah Kolom Variabel Baru

6. Pada kolom Expression atas variabel yang baru ditambahkan tsb, masukan variabel skrip atas rumus if berikut dibawah ini kemudian simpan desain cetakannya.
$F{deliveryOrderDetail.item.unit2.name} == null ? “” :($F{deliveryOrderDetail.quantity}/$F{deliveryOrderDetail.item.ratio2})+” “+$F{deliveryOrderDetail.item.unit2.name}

Tambahan Varabel Skrip

KETERANGAN :
SYARAT ? BENAR : SALAH

Syarat = $F{deliveryOrderDetail.item.unit2.name} == null
( jika unit2 barang = null atau 0 )

Benar = “”
( maka kolom tsb akan kosong atau tidak ada data )

Salah = ($F{deliveryOrderDetail.quantity}/$F{deliveryOrderDetail.item.ratio2})+” “+$F{deliveryOrderDetail.item.unit2.name}
( Tetapi jika unit2 barang ada datanya, maka akan tampil hasil dari (Qty unit1 pada DO / rasio unit2) + Nama Unit2) )

Contoh : melakukan penginputan transaksi Pengiriman Pesanan atas Barang Saos ABC yang memiliki satuan unit 2 dan Kecap Bango yang tidak memiliki satuan unit 2. Berikut ini tampilan Desain Cetakannya setelah penambahan variabel skrip dengan rumus if diatas tersebut.

Barang Dengan satuan unit 2
Barang Tanpa satuan Unit 2
Pengieiman saat transaksi pengiriman pesanan
Tampilan Rumus Cetak dengan Rumus IF

Demikian informasi mengenai pengunaan rumus IF pada desain Cetakan di Accurate Online , semoga dapat membantu dan memberikan solusi badi anda yang sedang membutuhkan tampilan cetakan seperti diatas.

dapatkan free trial 30 hari Accurate online disini.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Menampilkan Daftar PO No yang Ada di SO saat Previes DO

admin

7 Ide Usaha yang Cocok Di Lingkungan Perumahan Baru

admin

BAGAIMANA MENCEGAH KECURANGAN TERJADI DI PERUSAHAAN

Ade Muthia