Uncategorized

Langkah Menyelesaikan Pembukuan dengan Tutup Buku

Langkah Menyelesaikan Pembukuan dengan Tutup Buku adalah sebagai cara akuntansi untuk menutup pekerjaan dalam akhir tahun akuntansi. Secara singkat tutup buku adalah kegiatan yang dilakukan di bagian keuangan untuk meng-cut off atau menutup pelaporan di akhir periode. Tutup buku dilakukan pada dua tahap, yaitu pada akhir bulan dan pada akhir tahun.

Konsep dasar tutup buku adalah pemindahan nilai saldo akhir setiap akun-akun di Neraca menjadi saldo awal untuk bulan atau tahun berikutnya, sedangkan nilai saldo akhir setiap akun-akun di Laba Rugi ditutup dan dipindahkan ke akun laba tahun berjalan (current year earnings) setiap bulannya dan laba tahun berjalan akan ditutup dan dipindahkan ke laba ditahan (retained earnings) pada akhir tahun setelah tutup buku akhir tahun.

Alasan Harus Tutup Buku

Tutup buku merupakan kegiatan yang wajib dilakukan baik di bidang akuntansi dan audit. Cut-off juga harus dilakukan meskipun proses akuntansi dikerjakan menggunakan software akuntansi. Hal ini karena banyak manfaat yang akan diperoleh dengan melakukan tutup buku, baik untuk pihak internal maupun eksternal perusahaan. Diantaranya seperti:

  1. Mengetahui posisi keuangan dan kekayaan perusahaan dengan cara melihat nilai akhir  dari laporan Neraca.
  2. Mengetahui atau menilai kinerja keuangan perusahaan dengan melihat nilai akhir dari laporan Laba-Rugi.
  3. Membentuk saldo awal di bulan/tahun/periode atas akun-akun yang ada di Neraca dengan merujuk saldo akhir periode sebelumnya.
  4. Menganalisis rasio keuangan.
  5. Melakukan pembagian dividen dari laba ditahan setelah tutup buku akhir tahun.
  6. Sebagai langkah akhir cut-off data keuangan.

Langkah-Langkah Menyelesaikan Tutup Buku

Kegiatan tutup buku dalam penyusunan laporan keuangan ini sebenarnya dikenal dengan membuat jurnal penutup. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menutup pembukuan.

  1. Menutup Saldo Pendapatan
  2. Menutup Saldo Beban
  3. Menutup Akun Ikhtisar Laba/Rugi

Modal ini berupa laba tahun berjalan di mana nilainya berasal dari Laba/Rugi yang ada di laporan Laba-rugi. Selanjutnya pada saat tutup buku, akun Laba Tahun Berjalan di balik ke akun Laba Ditahan. Akun Laba Ditahan inilah yang digunakan untuk dasar pembagian dividen.

Setelah mengetahui mengenai kegiatan tutup buku, maka dapat diketahui bahwa untuk melakukan tutup buku diperlukan ketelitian dan proses/waktu yang panjang. Namun Anda tidak perlu khawatir.  Accurate online dapat membantu mempermudah tutup buku di akhir tahun. Accurate online adalah program akuntansi berbasis cloud yang mempermudah untuk membuat laporan keuangan. Tidak perlu melakukan apapun di accurate online saat akhir tahun. cukup mengunci laporan keuangan di administrator agar tidak perlu ada yag merubah transaksi yang sudah ada. Demikian penjelasan Langkah Menyelesaikan Pembukuan dengan Tutup Buku bila ada yang kurang kurang jelas dan dapat di bantu bisa menghubungi  marketing di 0812-8434-1364 dan bila membutuhkan penawaran bisa langsung dibawah ini.

PENAWARAN ACCURATE 5

PENAWARAN ACCURATE ONLINE

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Berikut 5 Produk Paling Laris di E-Commerce

Rika Angraini

Beberapa Manfaat Sistem Keuangan Bagi Para Pelaku Usaha

Ade Muthia

6 Hal yang harus di persiapkan dalam mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran

admin