Bisnis

11 Tips Sukses Memulai Bisnis dari Nol di Tahun 2022

Memulai Bisnis dari Nol

Jika Anda memiliki rencana untuk memulai bisnis dari nol, pastikan Anda sudah benar-benar siap baik mental, materi hingga wawasan yang luas. Karena pada dasarnya memulai sebuah bisnis tidak semudah yang Anda bayangkan.

Trik Memulai Bisnis dari Nol

Terkadang banyak pengusaha yang merasa gagal di saat pertama kali mencoba dan enggan untuk memulai lagi. Untuk itu artikel ini akan membahas tips sukses memulai bisnis dari nol di tahun 2022. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan!

1. Mulai dengan Mencari Ide Bisnis yang Sesuai

Dalam memulai bisnis dari nol, mendapatkan ide adalah hal paling kronis dan paling penting. Ide bisnis menjadi akar yang nantinya akan Anda kembangkan dalam bisnis yang akan Anda bangun. Tentunya ide bisnis tersebut harus sesuai dengan bidang yang Anda yakin Anda bisa kuasai.

Ide yang sesuai dengan pribadimu, pastinya akan membantumu untuk mengokohkan mental berbisnis Anda, membantu menentukan rencana maupun strategi terbaik untuk memulai bisnis, mencari modal, eksekusi bisnis dan pengembangannya.

Mengajukan banyak pertanyaan kepada diri sendiri mengenai ide bisnis yang akan diambil merupakan cara paling rasional untuk menemukan ide bisnis paling sesuai. Anda harus memahami potensi dan kemampuan yang Anda miliki dalam mengembangkan ide bisnis tersebut.

2. Lakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar untuk memulai ide bisnis
Riset market

Tips berikutnya adalah dengan meneliti pasar dari ide bisnis yang Anda ambil. Anda harus benar-benar paham apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa Anda berikan melalui bisnis yang akan Anda kembangkan.

Selain itu Anda harus selalu mengikuti trend yang terjadi di pasar. Kepekaan terhadap membaca peluang sangat penting dalam hal ini. selain itu Anda juga harus mengumpulkan informasi melalui para pesaing di zona pasar dan bidang bisnis yang sama.

Semakin rinci dan akurat penelitian yang Anda lakukan, pastinya akan sangat mempengaruhi rencana apa yang akan Anda ambil, kebutuhan pekerja, budget atau anggaran yang dibutuhkan, perizinan dan lain sebagainya.

3. Memilih Jenis Bisnis

Memilih Jenis Bisnis yang akan dimulai
Pilih Jenis Bisnis

Setelah Anda merasa cukup dalam mengumpulkan informasi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis bisnis yang akan Anda kerjakan. Jenis bisnis meliputi berbagai bidang seperti pertanian, produksi bahan mentah, manufaktur, konsultasi, penyedia jasa dan lain sebagainya.

Pahami apa yang dibutuhkan pasar terkait bisnis yang Anda lakukan. Selain itu, Anda juga harus menentukan bagaimana cara bisnismu berjalan. Apakah secara offline maupun secara online, dimana kedua bentuk bisnis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

4. Menentukan Nama Bisnis atau Dagang

Setelah Anda menyiapkan beberapa tips memulai bisnis dari nol sebelumnya dengan matang, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menentukan nama bisnis maupun nama dagang dari usaha yang akan Anda rintis.

Untuk pembuatan nama, Anda tidak bisa terlalu melenceng dengan ide dan konsep bisnismu, pastikan memilih nama yang pendek, mudah diingat, mudah dieja atau diketik dan pastikan belum ada yang menggunakan nama tersebut.

Nama bisnis atau nama dagang ini akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari logo, nama website, alamat atau domain toko online, nama usaha dalam akta pembuatan usaha, maupun segala pengurusan perizinan usaha.

5. Membuat Mind Mapping dan Rencana Bisnis

Membuat Mind mapping untuk memulai bisnis dari nol
Mind mapping bisnis

Untuk memulai bisnis dari nol, Anda harus paham betul langkah apa yang harus Anda ambil dalam setiap kejadian. Dalam hal ini mind mapping dan perencanaan bisnis yang baik akan sangat membantu Anda dalam mengambil keputusan dan kebijakan.

Mind mapping sendiri berisi bagaimana tujuan dan cita-cita Anda dalam 5 tahun ke depan, melalui langkah atau tahapan yang akan bisnis Anda lalui. Dengan adanya mind mapipng bisnsi Anda akan terarah dan on the track.

Sedangkan rencana bisnis (Business Plan) berhubungan dengan market analys, manajemen dan struktur organisasi, produk dan pelayanan, segmentasi pasar, strategi marketing, logistik dan SOP dan juga perencanaan finansial.

6. Membuat Rencana Finansial

Menyusun Financial Planning
Financial Planning

Setelah Anda mendapatkan cukup ide tentang mind mapping dan rencana dalam memulai bisnis dari nol, hal berikutnya yang harus difokuskan adalah membuat rencana finansial. Dengan perencanaan keuangan yang baik Anda bisa mengatur strategi dan langkah terbaik untuk bisnis.

Pada dasarnya, setiap bisnis membutuhkan keuangan, namun bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang terutama untuk tahap permulaan. Anda harus bisa menetapkan skala prioritas untuk kebutuhan bisnis yang Anda kelola.

Sistem pencatatan keuangan juga harus Anda tetapkan sedari awal, atau setidaknya selalu update dan inovasi untuk kinerja yang lebih efektif. Tidak ada salahnya mempercayakan sistem pencatatan pada aplikasi yang terintegrasi komputer dan online.

Seperti aplikasi Accurate Online dari Solusiaccurate, dimana memberikan bisnis kemudahan dan otomatisasi dalam pencatatan keuangan. Selain itu, sistem yang akurat akan membuat bisnis Anda lebih terjamin.

7.  Menentukan Struktur Organisasi Bisnis

Tips memulai bisnis dari nol berikutnya adalah menentukan struktur bisnis, ada banyak opsi yang bisa Anda ambil. Struktur organisasi wajib hukumnya untuk Anda buat, karena hal tersebut akan menentukan wewenang dan tugas bagi masing-masing pemangku jabatan.

Melakukan diskusi bisnis dengan tenaga ahli atau sering disebut mentoring, dapat membantu Anda dalam menentukan struktur organisasi terbaik untuk bisnismu. Pastikan Anda menyertakan tenaga akuntan yang Anda miliki karena beliau adalah orang yang paling memahami keadaan bisnismu.

8. Rekrutmen Pegawai

Mulai Mencari Talenta Terbaik
Merekrut Pegawai

Bisnis yang ditangani satu orang, pastinya akan mengalami kesulitan dari masa ke masa. Maka dari itu, Anda perlu mengumpulkan tim dengan melakukan rekrutmen pegawai. Akan lebih baik jika Anda memiliki tim dengan tugas yang terpisah. Hal tersebut akan memungkinkan bisnis berjalan dengan lancar dan lebih efisien.

Setidaknya seluruh pemangku wewenang dalam struktur organisasi yang Anda buat harus terisi oleh orang-orang pilihan yang telah Anda seleksi. Seperti bagian akuntansi, pemasaran, dan produksi dan lain sebagainya

9. Urus Segala Perizinan yang Dibutuhkan

Karena negara kita adalah negara hukum, maka setiap usaha di dalam negara ini harus memiliki perizinan usaha. Untuk membuat bisnismu diakui negara dan diperbolehkan melakukan urusan usaha maka Anda harus mengurus segala perizinan yang dibutuhkan

Adapun beberapa contoh perizinan yang dibutuhkan adalah sertifikat atau akte perusahaan, SIUP SITU untuk usaha dagang, IMB untuk pendirian kantor secara pribadi, NPWP untuk pengurusan pajak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis yang memiliki perizinan atau disebut legal, akan lebih dipilih oleh customer karena perusahaan atau bisnis tersebut diakui negara dan lebih profesional. Perizinan usaha juga bertujuan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ke depannya.

10. Cari Sumber Dana atau Investor

Untuk memulai bisnis dari nol, pastinya Anda perlu modal yang tidak sedikit. Dengan melakukan tips atau langkah-langkah sebelumnya, kemungkinan dan peluang mendapatkan atau mencari investor akan lebih mudah.

Karena selain konsep bisnis, legalitas terjamin, struktur organisasi dan rencana keuangan yang jelas juga menjadi pertimbangan bagi setiap investor untuk menyuntikkan dana untuk modal bisnis pada usaha yang Anda jalankan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan investor, seperti mengambil pinjaman usaha dari bank, mengikuti ajang perlombaan maupun kompetisi start up, maupun mengajukan langsung pada calon investor tertarget.

11. Utamakan Efisiensi Waktu dan Selalu Konsisten

Cara memulai bisnis dari nol yang terakhir adalah dengan menggunakan waktu secara efektif dan selalu konsisten. Apapun tujuan bisnismu, akan selalu berantakan jika manajemen waktu yang Anda miliki jadi kacau.

Selain itu mental health juga sangat berpengaruh untuk melakukan kegiatan bisnis yang cenderung monoton, terutama untuk bisnis rintisan. Untuk itu, Anda harus mampu membuat suasana kerja lebih menyenangkan namun masih kondusif.

Nah, itu dia 11 tips sukses memulai bisnis dari nol di tahun 2022, yang bisa Anda aplikasikan untuk bisnis rintisan yang akan Anda bangun. Yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis, Anda perlu software akuntansi yang mampu memudahkan Anda dalam segala urusan pembukuan dan pelaporan keuangan.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Tips Mengatasi Kegagalan dalam Bisnis

Ade Muthia

Equity: Jenis, Unsur dan Cara Mudah Menghitungnya!

Ade Muthia

Prospek Bisnis Kendaraan Listrik

Ade Muthia