Bisnis

Persiapan Penting Untuk Memulai Bisnis Kedai Kopi yang Sukses

Memulai Bisnis Kedai Kopi

Kedai kopi atau café menjadi bisnis yang saat ini semakin banyak dijumpai di berbagai daerah. Trend untuk nongkrong sambil minum kopi di kalangan anak muda menjadi salah satu alasan semakin banyak yang tertarik untuk memulai bisnis kedai kopi.

Selain itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil kopi berkualitas. Potensi ini juga menjadi peluang yang sangat bagus untuk membuka bisnis kedai kopi. Dengan demikian, meskipun banyak usaha kedai kopi bermunculan di mana-mana, peluang bisnis serupa masih tetap terbuka lebar.

Sebelum Anda benar-benar menggeluti dunia bisnis ini. Melakukan cukup riset adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis kedai kopi. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan untuk membantu menyiapkan rencana usaha kedai kopi tersebut.

Baca Juga: Tips Membangun Usaha Warung Kopi Bagi Pemula

Menyiapkan Konsep Bisnis Kedai Kopi

Menyiapkan Konsep bisnis kedai kopi
Souce: Daya.id

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan business plan atau rencana bisnis yang matang. Siapkan daftar pertanyaan yang perlu dijawab seperti:

  • Apa tujuan Anda membuka kedai kopi?
  • Siapa kompetitor bisnis tersebut?
  • Apa keunikan yang ingin ditonjolkan dari kedai kopi tersebut?
  • Siapa saja target market kedai tersebut?
  • Dan pertanyaan lainnya yang lebih spesifik.

Setelah itu, lakukan perhitungan untuk memperkirakan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut. Biaya yang diperlukan terkait operasional bisnis, strategi promosi, dan biaya-biaya lainya untuk mencapai tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Adanya konsep perencanaan bisnis yang matang akan memudahkan dalam mengembangkan usaha secara lebih terarah.

Menentukan Segmen Pasar

Menentukan Segmen Pasar Target Kedai Kopi
Source: http://www.impressionsdgtl.com/

Ketika target market sudah berhasil diidentifikasi, maka selanjutnya adalah menentukan konsep ruang usaha. Mulai dari menghitung jumlah anggaran secara detail sampai membuat Standar Operasional Prosedur yang diperlukan.

Misalnya, siapkan menu yang menarik menyesuaikan dengan karakteristik konsumen yang diinginkan. Jika target market adalah kalangan millennial yang suka nongkrong, maka pemilihan menu ringan yang kekinian bisa jadi pilihan, seperti kentang goreng, olahan sosis, roti, dll. Selain itu, buatlah suasana ruangan yang bisa membuat konsumen nyaman.

Namun, jika usaha kedai tersebut ditujukan untuk acara formal seperti untuk meeting maka fasilitas tambahan lain seperti penyediaan ruangan khusus bisa jadi pilihan. Selain itu, kedai tersebut dapat dilengkapi dengan menu pendukung seperti teh dan pilihan makanan ringan yang lebih beragam. Suasana ruangan juga bisa dibuat dengan mengambil tema nuansa putih dengan penerangan yang cukup untuk bekerja.

Memilih Lokasi yang Strategis

Untuk usaha offline seperti kedai kopi, pemilihan lokasi menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan usaha. Jadi, pilihlah lokasi yang sering dilewati oleh kendaraan roda empat. Bisa juga memilih lokasi strategis seperti yang dekat komplek perumahan yang ramai, area perkantoran, kampus, atau lokasi yang memiliki pemandangan bagus.

Selain itu, perhatikan pula calon pelanggan di sekitar lokasi yang dipilih. Pastikan masyarakat di sekitar sesuai dengan segmen pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

Hal lainnya yang juga sama pentingnya adalah memperhatikan unsur keamanan dan kebersihan di daerah tersebut. Orang-orang tentu akan enggan mampir jika area di sekitar kedai tersebut kumuh atau bahkan rawan pencurian. Selain itu, pilihlah lokasi yang bebas banjir ketika terjadi hujan lebat. Semua hal tersebut penting untuk dipertimbangkan demi memastikan kenyamanan pelanggan.

Memilih Konsep Dekorasi Interior dan Eksterior yang Sesuai

Memilih desain interior kedai kopi
Source: http://www.dekoruma.com/

Meskipun dekorasi merupakan elemen pelengkap untuk bisnis kedai kopi, namun, faktor ini menjadi penentu kenyamanan konsumen. Biasanya ketika orang sudah menyukai sebuah tempat, maka tidak akan segan untuk kembali lagi datang ke tempat yang sama, sama halnya dengan kedai kopi. Oleh karena itu, unsur dekorasi interior dan eksterior pun menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Design yang menarik juga akan membuat orang-orang yang lewat di depan kedai atau para pengguna media sosial akan lebih penasaran untuk datang berkunjung. Sangat memungkinkan jika orang-orang tersebut justru lebih tertarik pada design ruangan yang cozy dan instragammable.

Baca Juga: Berikut 5 Ide Bisnis Kecil Yang Bisa Jadi Ladang Uang Kamu

Memilih Barista Profesional

Barista atau SDM yang berkualitas

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah memilih barista yang professional. Ada 2 kriteria umum barista yang direkomendasikan untuk kedai kopi. Pertama adalah kemampuannya untuk meracik kopi sehingga menciptakan kopi yang nikmat. Kedua adalah memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik terhadap pelanggan.

Akan sangat baik jika barista tersebut memiliki kedua keahlian ini sekaligus. Namun, jika tidak bisa memenuhi kedua kriteria ini, pilihlah salah satu kriteria yang dirasa paling penting.

Saat ini, menemukan barista bukanlah hal yang cukup sulit. Pasalnya, sudah banyak bermunculan pelatihan-pelatihan yang mengajarkan menjadi seorang barista yang professional. Selanjutnya, tinggal bekerjasama dengan tempat pelatihan tersebut untuk menemukan barista yang cocok dengan konsep kedai kopi yang diinginkan.

Manfaatkan Promosi Via Media Sosial

Promosi atau pemasaran yang efektif dapat membantu meningkatkan popularitas usaha kedai kopi Anda. Bisa dengan memanfaatkan media sosial karena sudah banyak dipakai dan popoler di masyarakat. Sosial media bisa juga digunakan untuk membangun brand awareness bisnis kedai kopi tersebut, khususnya dalam menampilkan produk unggulan dari kedai kopi.

Untuk membuat konten yang menarik, mempekerjakan social media officer bisa menjadi pilihan. Untuk menarik pelanggan, memberi diskon khusus atau bonus minuman gratis bisa menjadi salah satu cara untuk promosi. Tujuan lainnya adalah agar para pelanggan tersebut bisa ikut mempromosikannya ke orang lain.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan mendaftarkan usaha kedai kopi tersebut ke situs review makanan. Selain itu dengan mendaftarkan Google Business juga membuat lokasi usaha dapat lebih mudah dijangkau oleh pelanggan.

Orang-orang biasanya akan memberi ulasan dan mencarinya melalui Google terkait sebuah produk atau tempat usaha. Semakin banyak peroleha ulasan yang bagus, maka akan semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap brand produk tersebut.

Memilih Supplier Kopi Terbaik

Faktor penentu lainnya untuk keberhasilan usaha kedai kopi adalah pada pemilihan biji kopi yang juga berkualitas. Mencari supplier kopi yang sudah berpengalaman dan terpercaya sebagai pemasok biji kopi berkualitas perlu dipertimbangkan.

Langkah awal bisa dengan melakukan ujicoba ke beberapa supplier terlebih dahulu. Selanjutnya setelah menemukan supplier yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, lakukan keterikatan kerjasama untuk memudahkan supply bahan baku. Selain itu, jika memungkinkan sebaiknya pilihlah supplier yang lokasinya tidak jauh dari kedai kopi untuk menghemat biaya pengiriman.

Terus Belajar dan Berinovasi

Sumber Gambar: Litbang

Banyaknya persaingan bisnis dari waktu ke waktu membuat para pengusaha dituntut untuk terus berinovasi. Dengan inovasi tersebut akan membuat bisnis semakin berkembang. Setidaknya bisa bertahan pada persaingan yang semakin ketat.

Mempelajari Sistem Pembukuan dan Keuangan

Sumber Gambar: Devry

Ketika sudah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, maka wajib untuk mempelajari tentang pembukuan dan mempraktikannya. Terutama pada pencatatan arus kas usaha yang sangat penting.

Dengan mencatat dan melaporkan setiap transaksi yang terjadi akan memudahkan untuk melakukan evaluasi usaha. Dari laporan tersebut akan terlihat bagaimana trend perkembangan bisnis. 

Apabila Anda kesulitan dalam pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online. Software ini akan sangat cocok untuk setiap jenis kedai kopi. Bahkan saat ini, Accurate sudah tersedia versi Point of Sales (POS) yang menjadi sistem kasir kedai kopi Anda.

Mau mencoba Accurate Online gratis ?  Atau Anda ingin demo Accurate? Segera hubungi SolusiAccurate.com untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembukuan bisnis.

Demikian beberapa tips untuk memulai bisnis kedai kopi. Agar semakin mantap dalam menjalankan bisnis tersebut, perbanyaklah wawasan dan referensi mengenai jenis-jenis kopi dan strategi marketing bisnis.

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Pinjaman Modal Usaha Untuk Pengembangan UKM

Ade Muthia

5 Jenis Additive Manufacturing dan Cara Kerjanya

Ade Muthia

Membangun Usaha dengan Bootstrapping: Kendali Penuh, Resiko Pribadi

Ade Muthia