Accurate

Mencatat Pembayaran Biaya yang Dikenakan PPN di Accurate Online

Mencatat pembayaran biaya yang dikenakan PPN pada Accurate Online bisa dilakukan pencatatan melalui Faktur Pembelian dengan menggunakan Barang Jenis Non Persediaan, yang diatur Akun Beban atas barang tersebut ke akun Beban yang bersangkutan.

Berikut ini langkah-langkah untuk mencatat pemabayaran biaya yang dikenakan PPN di Accurate Online :

  1. Sebelumnya daftarkan Akun Beban yang akan digunakan untuk mencatat Pembayaran Biaya yang dikenakan PPN sebagai Akun Beban Barang & Jasa, yaitu melalui menu Pengaturan | Preferensi | Akun Perkiraan, pilih akun biaya yang dimaksud pada baris Beban, contoh adalah Akun Beban Listrik dan Air, kemudian simpan.Mencatat pembayaran biaya

  2. Selanjutnya membuat Barang Baru dengan Jenis Barang adalah Non Persediaan, isikan dengan nama barang yang sesuai, sebagai contoh Biaya Listrik.

Mencatat pembayaran biaya

Membuat Barang Baru dengan Jenis Barang Non Persediaan

  1. Ke tab Penjualan/Pembelian isikan PPN atas barang tersebut.

Mencatat pembayaran biaya

Mengatur PPN pada Barang Non Persediaan tersebut

  1. Lalu ke tab Akun, pada baris Akun Beban isikan akun Beban Listrik dan Air yang sudah didaftarkan pada preferensi sebelumnya.

Mengisikan Akun Beban pada Tab Akun Barang Non Persediaan tersebut

  1. Dan setelahnya, untuk melakukan pencatatan tagihan biaya listrik yang dikenakan PPN 10%, dilakukan melalui formulir Faktur Pembelian, yaitu dari menu Pembelian, kemudian pilih nama Pemasok yang bersangkutan, pilih Barang Non Persediaan yang telah dibuat sebelumnya di poin 2 dan isikan nilai tagihannya, sehingga tampil nilai PPN-nya.

Mencatat Biaya yang dikenakan PPN pada Faktur Pembelian

  1. Kemudian ke tab Info Lainnya, isikan nomor Faktur Pajak PPN atas biaya tersebut, lalu simpan transaksinya.

Mencatat pembayaran biaya

Mengisikan Nomor Faktur Pajak atas Pembelian biaya tersebut

  1. Dengan demikian, transaksi biaya dengan PPN tersebut bisa dikreditkan dan masuk kedalam pelaporan SPT PPN/PPN BM di Accurate Online, yaitu pada menu Laporan | Daftar SPT PPN/PPN BM | Tgl Pajak tentukan sesuai periode transaksi | Tipe pilih Pajak Masukan, lalu klik icon refresh.

Mencatat pembayaran biaya

Transaksi Biaya dengan PPN masuk ke Laporan SPT PPN/PPnBM

Available for Accurate Online

Demikianlah penjelasan tentang pembayaran biaya yang dikenakan PPN , agar lebih mempermudah Anda dalam mencatat laporan keuangan lainnya, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh kegiatan akuntansi bukan lagi menjadi momok yang menakutkan dan sulit dilakukan.

Kenapa? karena Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, mudah, dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan tersebut di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan tampilan dashboard yang mudah digunakan dan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, kas dan bank, manufaktur, dan beragam fitur lainnya.

Accurate Online bisa digunakan oleh berbagai jenis skala bisnis, mulai bisnis kecil hingga bisnis besar. Tampilan dashboard di dalamnya juga sangat sederhana, sehingga akan sangat mudah dipahami oleh orang awam sekalipun. Dengan harga Accurate yang terjangkau aplikasi ini akan menjadi pilihan tepat untuk pembukuan bisnis Anda.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate online

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Could Not Initialize Installation (CRC)

admin

Strategi Pajak dan Investasi: Mengoptimalkan Keuntungan Anda dengan Mengurangi Beban Pajak

Ade Muthia

Panduan Lengkap Penggunaan Software Akuntansi Accurate untuk Pemula

Ade Muthia