Uncategorized

BAGAIMANA MENCEGAH KECURANGAN TERJADI DI PERUSAHAAN

[av_textblock size=” font_color=” color=”]

[/av_textblock]

[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]
[av_image src=’https://abcpoins.com/wp-content/uploads/2019/02/fraud-orientation-services-for-newcomers-osn-281×198.png’ attachment=’3672′ attachment_size=’medium’ align=’center’ styling=” hover=” link=” target=” caption=” font_size=” appearance=” overlay_opacity=’0.4′ overlay_color=’#000000′ overlay_text_color=’#ffffff’ animation=’no-animation’ admin_preview_bg=”][/av_image]
[/av_one_full]

[av_textblock size=” font_color=” color=”]

[/av_textblock]

[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” mobile_display=”]

[av_textblock size=” font_color=” color=” admin_preview_bg=”]
Fraud  artikan sebagai penipuan kriminal untuk memberikan keuntungan financial bagi pelakunya dan merugikan pihak lain (perusahaan). Fraud biasanya dilakukan karyawan internal karena ada kesempatan dan celah untuk mendapatkan keuntungan pribadi, fraud merusak sistem kerja di perusahaan karena merusak mental karyawan yang lain.

Association of Certified Fraud Examinations (ACFE), salah satu lembaga aktif di Amerika menjelaskan kecurangan yang terjadi di perusahaan, Antara Lain :

  1.  Financial Statement Fraud, (Kecurangan membuat laporan keuangan) kecurangan ini banyak terjadi di perusahaan, terutama di bagian accounting atau keuangan, Biasanya kecurangan ini dikarenakan masih menggunakan sistem keuangan yang masih konvensional, sehingga ketika laporan masih mungkin datanya untuk dirubah, pada umumnya laporan yang sudah di buat, apalagi sudah di ajukan ke pihak management sudah tidak boleh lagi bagian keuangan atau accounting untuk merubah datanya sedikitpun. Jika ada perubahan atau juga kesalahan, mereka akan membuat jurnal koreksi dibulan berikutnya.
  2. Asset misappropriation (Menyalahkagunakan Asset), kecurangan berikutnya adalah menggunakan asset perusahan untuk kepentingan pribadinya masing-masing tanpa ada persetujuan dari atasan. kecurangan ini seperti menggunakan kas perusahaan untuk manfaat pribadi, menerima pembayaran custumer dan masukan ke rekening pribadi, menjual barang-barang perusahaan, kegiatan ini bisa dilakukan bagian manapun. karena segala prosedur masih berjalan dengan konvensional, seperti masih menggunakan nota manual dan tanpa persetujuan dari atasan.
  3. Corruption (Korupsi), kegiatan ini biasanya merugikan perusahaan dalam jumlah yang besar secara nilai, dengan melakukan suap dan dilakukan lebih dari satu orang.

TERDAPAT 3 TIPS MENCEGAH kecurangan TERJADI DI PERUSAHAAN :

  1.  Manciptakan lingkungan kerja yang kondusif di perusahan, seandainya perusahaan dan karyawan bisa menciptakan suasana seperti ini, dan terbuka mengenai kondisi perusahan, mental karyawan juga diharapkan berubah dan lebih menghargai perusahaan di tempatnya bekerja.
  2. Membuat Standart Operasional pekerjaan (SOP), jika setiap karyawan mempunyai Job description yang jelas dan tidak tumpang tindih dengan karyawan yang lain. setiap karyawan akan berpikir ulang untuk melakukan kecurangan, karena akan melibatkan perusahaan lain.
  3. Menggunakan Software Akuntansi. Software akuntansi selain membantu dari sisi pencatatan dan penyajian laporan keuangan, juga berfungsi sebagai control dalam pemberian otorisasi dan wewenang dari level terendah sampai ke level management tertinggi. Ketika menggunakan software akuntansi, si user akan membuat data transaksi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, kenapa? karena software akuntansi mempunyai hak akses dan otorisasi yang berjenjang, sehingga ada bagian diatasnya yang akan melakukan approval sekaligus kroscek atas apa yang di entry oleh si user.

Namun dari ketiga hal di atas, software akuntansi bisa menjadi solusi, karena adanya fungsi approval bisa sebagai fungsi control dan sudah banyak perusahaan yang menggunaan sistem tersebut dan di software akuntansi terdapat laporan jejak pemeriksaan yang isinya kegiatan masing masing user dari tanggal mereka input, edit/hapus dan laporan apa saja yang masing-masing user dapat akses.
[/av_textblock]

[/av_one_full]

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Pengertian PPN Konsinyasi atau Pajak Pedagang Perantara

Ade Muthia

Pengertian Pendapatan Dan Jenis-Jenis Pendapatan Dalam Akuntansi

Rika Angraini

Pentingnya Jurnal Akuntansi Untuk Usaha Kecil

Rika Angraini