Akuntansi

Mudahnya Pencatatan THR dan PPH21 dengan Accurate Online

Pada saat hari raya seperti sekarang ini pasti banyak perusahaan yang sibuk untuk mengeluarkan THR bagi karyawan nya, jika harus mencatat THR dan menghitung pph21 secara manual tentunya akan sangat rumit yaa, bagi Anda yang sudah memakai program Accurate Online dan bingung cara inputnya, silahkan ikuti panduan berikut ini yaa.

Berikut ini penjelasan mengenai Pencatatan dan Perhitungan PPH 21 THR di Accurate Online

Ilustrasi :

Raka adalah pegawai tetap di PT XYZ dengan status  K/0 dan  Gaji Pokok Rp 10.000.000,-,   THR bulan mei 2019 Rp 4.200.000,-  dengan tunjangan dan potongan lainnya.

karena sebelumnya Untuk pencatatan gaji dari dari bulan januari sd april sudah dilakukan dan di bulan mei dikarenakan Raka Simon mendapatkan THR.

maka pencatatan dimulai dari Gaji (Bulanan) dan selanjutnya THR (Non Bulanan), seperti di bawah ini:

1. Langkah Pertama yaitu Setinggan di Menu Perusahaan | Karyawan | Tab Pajak Penghasilan

2. Selanjutnya Pencatatan Gaji bulan Mei  dari Menu Perusahaan | Pencatatan Gaji | Pilih Tipe Pembayaran Bulanan. Selanjutnya dimasukkan Gaji, Tunjangan dan Potongan dan otomatis terhitung PPh 21 Raka Simon di bulan Mei 2019.

PPh 21 yang tampil sebesar Rp 252.983,- dan untuk cara perhitungan seperti contoh excel di atas mohon klik disini. 

3. Nah Selanjutnya, untuk pencatatan THR dari menu Buku Besar | Pencatatan Gaji  | Tipe Pembayaran pilih “Non Bulanan”. Selanjutnya Pilih Bulan dan Nama Karyawan.

Lalu Isi nilai THR dan Klik Pajak Penghasilan jika metode pencatatan yang digunakan nett dan jika metode gross up, maka klik Tunjangan PPh dan kemudian klik  Pajak Penghasilan.

Dengan metode nett, untuk Pajak Penghasilannya adalah sebesar Rp 630.000,- perhitungannya sbb:

Keterangan:

1) Pendapatan/Penghasilan Bruto PPh 21 Gaji & THR yaitu berasal dari Gaji,  THR dan Tunjangan lainnya.
2) PPh 21 yang dihasilkan adalah PPh 21 Gaji & THR sehingga harus dikurangi dengan PPh 21 Gaji untuk mendapatkan PPh 21 THR.
3) Jika menggunakan metode gross up, untuk  Pendapatan/Penghasilan Bruto tetap sama berasal dari Gaji, THR dan Tunjangan lainnya. Dan hanya berbeda saat perhitungan PPH 21 Gaji & THR, untuk panduannya bisa diakses disini. 

Accurate Online Untuk pencatatan THR dan Perhitungan PPH21

Dengan fitur yang sudah tersedia di Accurate online, pastinya dapat mempermudah Anda dalam pencatatan THR dan PPh21 karyawan anda bukan, jadi tidak lagi manual untuk menghitungnya.

Selain itu Accurate juga dapat langsung terhubung dengan smartlink tax yang akan memudahkan Anda dalam pelaporan pajak.

Laporan yang ada di Accurate dapat tersaji secara real time jadi anda bisa mengontrol laporan perusahaan anda dimana saja dan kapan saja secara mobile.

Bagi yang belum menggunakan aplikasi Accurate online yuuk segera aktivasi database Accurate anda dan dapatkan Harga Accurate diskon 25% disini.

Accurate Online Diskon

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Perkembangan Akuntansi di Indonesia dari Waktu ke Waktu

Ade Muthia

Mengenal lebih jauh tentang Jurnal Pembalik pada akuntansi

Rika Angraini

Mengupas Pengertian Cost Center dan Profit Center dan juga Perbedaannya

admin