Akuntansi

Pengertian Akuntansi Manajemen, Tujuan, Fungsi dan Penerapannya

Pengertian Manajemen Akuntansi

Dalam bisnis dan juga sebuah perusahaan, akuntansi manajemen merupakan salah satu hal penting. Hal ini berkaitan dengan acuan pembuatan keputusan serta penerapan strategi bisnis. Sehingga akan membuat manajemen lebih siap untuk mengelola serta melakukan fungsi pengontrolan. Lalu apakah pengertian akuntansi manajemen, fungsinya, ruang lingkup serta penerapannya? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Ada beberapa penjelasan mengenai pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli, yaitu:

Menurut Charles T. Homgren (1993), akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, penyiapan, pengukuran, akumulasi, Analisa serta penafsiran dan komunikasi mengenai informasi yang bisa membantu eksekutif dalam memenuhi tujuan perusahaan.

Menurut Mulyadi (2001), akuntansi manajemen adalah informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang dipakai terutama oleh pengguna internal dari sebuah organisasi.

Sedangkan menurut Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) akuntansi manajemen merupakan proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, Analisa, penyusunan, interpretasi serta komunikasi tentang informasi yang dipakai manajemen dalam merencanakan, mengevaluasi, pengendalian dan memastikan sesuainya suatu entitas serta akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut.

Dengan kata lain akuntansi manajemen ini adalah proses mempersiapkan laporan operasional yang akan membantu manajer atau pimpinan dalam membuat keputusan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Tujuan Akuntansi Manajemen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akuntansi manajemen ini punya tujuan dalam membantu manajer sebuah perusahaan untuk membuat keputuasan. Data yang dikumpulkan dalam akuntansi manajemen ini berkaitan dengan seluruh bidang akuntansi yang menginformasikan manajemen operasional sebuah bisnis yang berhubungan dengan biaya produk atau jasa yang dibeli perusahaan. Akuntan manajemen akan menggunakan anggaran untuk mengukur rencana dalam operasi sebuah bisnis.

Kemudian, laporan kinerja dipakai untuk mencatat penyimpangan hasil actual dibanding dengan yang sudah dianggarkan.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen pada bisnis

Setelah mengetahui pengertian akuntansi manajemen serta tujuannya, Anda juga harus mengetahui fungsi dari akuntansi manajemen ini adalah:

  • Sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis; informasi yang didapat dari akuntansi manajemen perihal biaya dan juga ketersediaan produksi merupakan faktor penentu dalam membuat keputusan bisnis.
  • Sumber data serta informasi keuangan relevan; jenis akuntansi ini berguna dalam menyediakan data keuangan yang valid, di mana akan dijadikan sumber data untuk perencanaan anggaran ataupun aktivitas bisnis ke depannya.
  • Mengukur dan memantau kinerja perusahaan; pengukuran dan pengawasan dilakukan pada data-data keuangan sebagai bahan evaluasi dan penentuan strategi bisnis mana yang bisa dikatakan berjalan ataupun terhenti. Evaluasi juga berguna dalam menentukan langkah ke depannya agar penjualan bisnis dapat lebih baik.
  • Memprediksi bisnis ke depannya; akuntansi manajemen berfungis dalam memprediksi tren masa depan sebuah bisnis, yang juga berkaitan dengan kemungkinan hal-hal yang harus dilakukan perusahaan untuk perkembangan bisnis.
  • Memperkirakan arus kas; perkiraan arus kas serta dampak arus kas bisnis merupakan hal penting, di mana ini akan membantu bisnis untuk melangkah lebih maju. Akuntansi manajemen melibatkan aktivitas pembuatan anggaran dan tren, yang akan dipakai dalam memutuskan bagaimana perusahaan mengalokasikan uang serta sumber daya agar dapat menghasilkan pertumbuhan pendapatan.
  • Identifikasi masalah bisnis; akuntansi manajemen bisa membantu dalam mengidentifikasi penyebab yang mendasari masalah dalam bisnis.
  • Informasi untuk pihak eksternal; akuntansi manajemen dilakukan untuk seluruh unsur yang ada dalam perusahaan atau bisnis, baik internal ataupun eksternal. Laporan keuangan merupakan hal penting untuk pertanggungjawaban perusahaan pada pihak luar yang juga berkepentingan.
  • Sebagai arsip audit; akuntansi manajemen dapat dijadikan arsip dalam memudahkan proses audit oleh pihak terkait.

Pihak yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen

Pihak yang membutuhkan

Berikut ini adalah pihak-pihak yang akan membutuhkan akuntansi manajemen:

1. Manajer produksi

Manajer produksi adalah orang yang harus memegang laporan akuntansi manajemen, karena isi informasi di dalamnya dibutuhkan oleh manajer. Seperti biaya harga pokok produksi, di antaranya biaya per unit dari produk, total biaya produksi, beban tenaga kerja langsung dan juga biaya overhead lain yang juga berkaitan dengan proses produksi.

2. Manajer keuangan

Manajer keuangan akan membutuhkan akuntansi manajemen ini untuk mendapat informasi tentang perusahaan yang terkait beban biaya, modal kerja, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal dan juga informasi lain yang berguna untuk pengambilan keputusan pengelolaan keuangan di perusahaan.

3. Manajer pemasaran

Manajer pemasaran akan butuh data informasi menegnai seluruh komponen biaya yang berkaitan dengan penetapan harga jual dari produk, beban komisi penjualan, penentuan sistem penjualan kredit atau tunai, marketing fee dan juga informasi diskon produk untuk meningkatkan penjualan.

4. Manajemen teratas

Top management butuh informasi yang berkaitan dalam pengambilan kebijakan strategis untuk perusahaan seperti penyusunan anggaran, diversifikasi produk, ekspansi bisnis dan juga kebijakan investasi lain.

5. Investor

Para investor juga masuk dalam pihak yang membutuhkan akuntansi manajemen ini, karena mereka juga harus mempelajari protensi keuntungan dari investasi yang mereka lakukan pada bisnis atau perusahaan tersebut. Namun perusahaan pun juga harus melakukan koordinasi mengenai apakah seluruh informasi perusahaan dapat diketahui investor.

Penerapan Sistem Akuntansi Manajemen

Dalam hal penerapannya, cara kerja sistem akuntansi manajemen ini dipakai sebagai pemberi informasi penting pada manajemen untuk pengambilan keputusan operasional dari bisnis atau perusahaan. Misalnya, sebuah perusahaan amnufaktur akan menggunakan akuntansi manajemen untuk membantu menetapkan biaya serta pengelolaan proses.

Akuntansi manajemen pun punya variasi sendiri serta memungkinkan fungsionalitas dan juga laporan khusus yang berbeda-beda di tiap industrinya.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan

Pengertian akuntansi manajemen dalam bisnis atau perusahaan

Bisnis akan terus berkaitan dengan proses akuntansi, khususnya dalam menyajikan informasi keuangan yang berkaitan dengan pengambilan kebijakan. Ada dua akuntansi yang biasa digunakan yaitu akuntansi manajemen dan juga akuntansi keuangan. Namun apakah perbedaan antara keduanya?

Seperti penjelasan tentang pengertian akuntansi manajemen yang sudah disebutkan di atas, akuntansi manajemen ini dipakai oleh pihak dalam perusahaan. Sedangkan akuntansi keuangan digunakan oleh pihak luar perusahaan. Selain itu ada beberapa perbedaan, yaitu:

  • Berdasar tujuan

Akuntansi manajemen punya tujuan untuk menghasilkan laporan yang detail, mengidentifikasi masalah yang ada dan juga menyelesaikan masalah.

Sedangkan akuntansi keuangan bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang mendeskripsikan kondisi serta performa perusahaan di periode tertentu.

  • Berdasar pengguna laporan

Akuntansi manajemen bermanfaat untuk pihak internal perusahaan karena isinya adalah informasi terkini dan juga mendatang seperti perencanaan anggaran, evaluasi kinerja, optimalisasi dan lainnya. Di mana laporan ini diperlukan bagi pihak manajemen atau internal perusahaan.

Sedangkan akuntansi keuangan merupakan jenis akuntansi yang membantu pihak eksternal perusahaan dalam membuat kebijakan berkaitan ekonomi serta investasi, sehingga bisa dilakukan evaluasi pada kinerja manajemen dalam operasional bisnis. Pihak-pihak eksternal ini yaitu pemegang saham, pemerintah, kreditur dan juga analis keuangan.

  • Berdasar ruang lingkup

Laporan dari akuntansi manajemen ini diperuntukkan hanya pada suatu bagian di dalam perusahaan, seperti bagian produksi, pemasaran dan lainnya. Sedangkan ruang lingkup akuntansi keuangan adalah menyajikan informasi keuangan tentang perusahaan secara keseluruhan seperti neraca keuangan, laba rugi dan lainnya.

  • Berdasar rentang waktu

Akuntansi manajemen punya rentang waktu yang lebih fleskibel dibanding akuntansi keuangan, seperti harian ataupun mingguan. Sedangkan akuntansi keuangan bisa dibilang kurang fleksibel karena hanya dapat mencakup rentang waktu tertentu, seperti periode satu tahun, setengah tahun ataupun bulanan.

  • Berdasar fokus informasinya

Akuntansi manajemen berfokus pada masa yang akan datang, sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada informasi dari masa lalu dengan memberi gambaran pertanggungjawaban manajemen terkait pengelolaan dana perusahaan.

  • Berdasar tipe informasinya

Akuntansi manajemen mengukur keuangan serta operasional dan pengukuran fisik proses, teknologi, supplier, kompetitor dan pelanggan. Di mana laporannya tidak punya batasan prinsip akuntansi, selama prinsip yang dipakai memberi manfaat bagi pihak manajemen.

Sedangkan akuntansi keuangan hanya akan mengukur keuangan saja dan akan berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ada.

  • Berdasar sifat informasi

Sifat informasi dari akuntansi manajemen harus dapat membantu manajemen untuk mengambil keputusan, baik dalam hal perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan juga pengendalian. Karena itu, tidak hanya akan mengandalkan satu disiplin ilmu akuntansi saja, tapi juga disiplin ilmu manajemen juga. Hasil laporan akhirnya pun sifatnya tertutup atau tidak di-publish pada pihak eksternal perusahaan.

Sedangkan akuntansi keuangan punya sifat informasi yang butuh ketepatan tinggi, obyektif dan akurat. Umumnya pihak manajemen akan menggunakan jasa pihak ketiga untuk hal ini.

Setelah mengetahui pengertian akuntansi manajemen dan beberapa hal yang berkaitan, maka ini akan membuat pelaporan keuangan bisnis atau perusahaan dapat lebih terencana dan disampaikan dengan baik pada seluruh manajemen.

Agar lebih mudah dalam penyampaian data keuangan yang berkaitan dengan bisnis atau perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan software akuntansi Accurate Online, yang bisa Anda dapatkan di Solusi Accurate.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mengoptimalkan Pertumbuhan Perusahaan Melalui Anggaran

admin

7 Tips Penting untuk Membuat dan Menganalisis Laporan Keuangan Bisnis Online yang Efektif

Ade Muthia

Software Akuntansi Manufaktur untuk Kegiatan Produksi

Ade Muthia