Uncategorized

Pengertian, Keuntungan dan Kerugian nya menjadi PKP

Impian banyak orang adalah menjadi pengusaha, banyak orang yang menganggap menjadi pengusaha adalah salah satu cara kebebasan financial, Salah satu sumber dana untuk membiayai pembangunan nasional adalah dari pajak. Pajak dipungut dari berbagai macam obyek pajak, antara lain dari masyarakat baik perorangan, kelompok maupun badan usaha. Salah satu obyek pajak yang dapat memberikan masukan yang besar bagi pembangunan adalah dari para pengusaha atau bisa di sebut Pengusaha Kena Pajak PKP.

Pengusaha adalah orang perorang atau badan hukum dalam bentuk apapun yang dalam lingkungan perusahaan atau pekerjaannya menghasilkan barang, pengimpor barang, pengekspor barang, melakukan usaha jasa atau memanfaatkan jasa.

Apa Pengertian dari PKP ( Pengusaha Kena Pajak) ?

PKP atau pengusaha kena pajak merupakan wajib pajak perorangan atau badan yang melakukan kegiatan penyerahan barang kena pajak (BKP) atau jasa kena pajak (JKP) sesuai dengan undang-undang Nomor 42 tahun 2009, Tidak termasuk pengusaha kecil yang batasannya ditetapkan oleh keputusan Menteri Keuangan. Kecuali, pengusaha kecil yang memilih untuk ditetapkan sebagai PKP.

Kepada pengusaha yang berstatus PKP disematkan beberapa kewajiban-kewajiban antara lain:

  1. Memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan/atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang terutang.
  2. Menyetorkan PPN yang masih harus dibayar jika pajak keluaran lebih besar ketimbang pajak masukan yang dapat dikreditkan serta menyetorkan PPnBM yang terutang.
  3. Melaporkan PPN dan/atau PPnBM yang terutang.

Atas beberapa kewajiban ini mungkin terbesit pertanyaan mengapa ada wajib pajak pribadi dan badan ada yang ingin menjadi PKP? Apa saja keuntungan menjadi PKP? Nah, ternyata ada keuntungan menjadi PKP, yang membuat pengusaha, meski belum masuk kriteria dikukuhkan memilih untuk mengajukan diri sebagai PKP.

Keuntungan menjadi PKP

Pengusaha Kena Pajak

Beberapa keuntungan apabila wajib pajak memilih menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP) diantaranya adalah:

  1. Menjadi PKP berarti perusahaan dianggap besar dan tentunya akan berpengaruh saat menjalin kerja sama dengan perusahaan lain yang tergolong besar.
  2. Dapat melakukan transaksi penjualan kepada Bendaharawan Pemerintah dan dapat mengikuti lelang-lelang yang diadakan pemerintah.
  3. Pola produksi dan investasi yang baik karena penyerahan BKP/JKP menjadi beban sipenikmat (konsumen)
  4. Pengusaha dianggap memiliki sistem yang sudah baik dianggap legal secara hukum karena sudah menjadi PKP dan tertib membayar pajak.

Itulah beberapa keuntungnan menjadi PKP yang membuat para pengusaha mendaftarkan diri menjadi PKP, dengan menjadi PKP pengusaha bebas mendekati perusahaan lain untuk bermitra apalagi yang melibatkan dengan perusahaan besar yang notabene nya sudah berstatus PKP, tentunya PKP akan memilih bertransaksi dengan yang PKP juga, karena bisa menerbitkan faktur keluaran dan masukan.

Baca Juga : Yuuk, Lakukan Financial Chack Up Untuk Usaha Anda

Kerugian PKP

Beberapa kerugian apabila pengusaha memilih untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak diantaranya adalah:

  1. Pembayaran pajak semakin besar, karena bagi wajib pajak Non PKP, perlakuan pajak masukan akan merugikan apabila dibandingkan sebagai biaya.
  2. Mengurangi daya saing karena harga jual lebih tinggi, hal ini karena harus memungut PPN dari lawan transaksi, apabila wajib pajak dikukuhkan sebagai PKP maka setiap penyerahan BKP/JKP harus ditambah dengan PPN.
  3. Menambah kerumitan dan pengenaan sanksi yang lebih besar, kerumitan disini terkait dengan aturan pelaporan PPN yang makin hari bikin botak kepala serta sanksi-sanksi di depan terkait keterlambatan maupun kesalahan faktur.

Syarat Menjadi PKP

Syarat Menjadi PKP

Keuntungan menjadi PKP jelas sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis, namun keuntungan menjadi PKP ini bisa di rasakan hanya untuk pengusaha atau badan usaha yang mampu memenuhi sayarat-syarat yang di tetapkan pemerintah

Syarat pengusaha dikukuhkan sebagai PKP antara lain:

  1. Memiliki Omzet dalam satu tahun mencapai 4,8 miliar
  2. Melewati proses survey KPP atau KP2KP tempat pendaftaran
  3. Melengkapi dokumen atau syarat pengajuan PKP atau pengukuhan PKP

Permohonan menjadi PKP tersebut diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal, tempat kedudukan, atau tempat kegiatan usaha wajib pajak

Kesimpulan

Naah, Itulah pengertian, Keuntungan dan kerugian nya menjadi PKP, Menjadi pengusaha bukan saja memperkaya diri sendiri tapi juga berkontribusi membangun Negara, Karena pajak yang di bayarkan digunakan untuk membangun infrastruktur Negara, jika infrastruktur baik maka bisnis juga akan baik.

Sekarang urusan pajak tidak ribet, karena anda bisa melakukan nya dengan mudah ketika pembukuan bisnis anda rapi, untuk mempermudah pembukuan anda di Accurate online ada fitur e-faktur sehingga semua urusan yang berhubungan dengan pajak sehingga anda tidak perlu takut lagi salah hitung.

Accurate Online sudah terintegrasi dengan situs pajak.go.id, sehingga anda hanya perlu upload e-faktur anda ke situs pajak.go.id dengan mengunakan login Accurate online Anda, tentunya sangat memudahka bagi anda tidak perlu kerja dua kali.

Dapatkan Diskon upto 25% untuk aktifasi Accurate online disini atau jika Anda masih ingin mencoba-coba Anda bisa mendapatkan free trial selama 30 Hari ( full Akses ) Accurate Online disini.

Dengan Accurate bisnis menjadi lebih mudah dan efisien.

 

 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Error : Saldo Penjualan di Laporan Profit and Loss( Laba Rugi ) dengan Laporan Sales Berbeda

admin

Strategi Bisnis Saat Social Distancing di Anjurkan Pemerintah

Agus Fadhil

Mudah kan? Import Penjualan dari Moka Pos ke Accurate Online

admin