Uncategorized

Pengertian,Tujuan dan Manfaat Etika Bisnis

Dalam suatu dunia bisnis etika sangatlah penting, secara sederhana etika bisnis dalam pekerjaan atau bisnis dapat diartikan sebagai cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat

Etika dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat baik antara atasan dan bawahan ataupun sebaliknya , maupun hubungan dengan masyarakat dan pelanggan.

Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan cara-cara saat melakukan kegiatan berbisnis yang mencakup semua aspek, baik itu yang berkaitan dengan seorang individu, perusahaan maupun masyarakat.

Etika bisnis dapat membangun dan membentuk nilai-nilai, norma dan perilaku yang baik dalam berbisnis. Misalnya dalam perusahaan etika bisnis dapat membentuk perilaku karyawan yang baik, serta dapat membangun hubungan bisnis yang baik juga dengan konsumen maupun mitra kerja perusahaan.

Dalam suatu perusahaan etika bisnis dapat menjadikan pedoman untuk melaksanakan aktivitas dalam bekerja, yang dimana bekerja dilandasi dengan etika, moral, kejujuran dan profesionalisme.

Menurut para ahli Etika bisni adalah :

·  Hill dan Jones

Suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.

·  Yosephus

Wilayah penerapan prinsip-prinsip moral umum pada wilayah tindak manusia di bidang ekonomi, khususnya bisnis. Jadi, secara hakiki sasaran etika bisnis adalah perilaku moral pebisnis yang berkegiatan ekonomi

·  Steade Et Al

Standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

Tujuan Etika Bisnis

Etika bisnis sangat dibutuhkan oleh semua pengusaha baru maupun pengusaha yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Dengan tujuan bagi pengusaha adalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Hal tersebut dapat merugikan banyak pihak yang terkait.

Dengan demikian, para pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik sehingga dapat diikuti oleh semua orang yang memercayai bahwa bisnis tersebut memiliki etika yang baik. Selain itu, dapat juga dapat menghindari citra buruk seperti penipuan, serta cara kotor dan licik. Bisnis yang memiliki etika baik biasanya tidak akan pernah merugikan bisnis lain, tidak melanggar aturan hukum yang berlaku, tidak membuat suasana yang tidak kondusif pada saingan bisnisnya dan memiliki izin usaha yang sah.

Adapun beberapa manfaat yang di dapatkan dalam penerapan etika dalam perusahaan adalah sebagai berikut :

  • Mendapat kepercayaan dari pelanggan

Perusahaan yang menerapkan etika bisnis yang baik akan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Hal itu dikarenakan hubungan baik yang dilakukan oleh karyawan baik itu berupa sikap menghargai pelanggan, maupun sifat terbuka dan kejujuran terhadap pelanggan. Tentunya hal itu akan berdampak  bagi perusahaan karena ada kemungkinan pelanggan akan merekomendasikan hasil bisnisnya dengan perusaahaan  kepada orang lain .

  • Mendapat citra positif dimata pelanggan.

Hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan merupakan sebuah prestasi. Prestasi ini akan dikenal oleh masyarakat dan akan menjadi pertimbangan calon pelanggan yang ingin menjalin bisnis dengan perushaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  • Etika dalam perusahaan akan menjadi budaya yang khas yang akan membuatnya lebih unggul.

Salah satu manfaat dari penerapan etika bisnis adalah terbentuknya budaya perusahaan yang menjadi keunggulan perusahaan tersebut dan akan mendukung perkembangan perusahaan.

  • Perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan.

Pelanggan yang sudah percaya terhadap perusahaan akan mendatangkan keuntungan yang maksimal dan terus-menerus.

  • Terciptanya hubungan kerja yang baik antara anggota perusahaan.

Dengan menjunjung tinggi nilai moral, maka perselisihan antar anggota perusahaan akan dapat terhindarkan.  Hal ini akan dapat membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Kesimpulan

Itulah pengertian,tujuan dan manfaat etika bisnis yang harus dimiliki. Dengan memiliki etika yang baik, perusahaan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai. Untuk menciptakan etika bisnis, Anda harus memulainya dengan perencanaan yang strategis, organisasi yang baik dan sistem prosedur yang transparan.

Selain etika yang baik, perusahaan juga harus memiliki laporan keuangan yang tepat. Tanpa adanya laporan keuangan, perusahaan tidak akan dapat berkembang dengan mudah. Accurate adalah software akuntansi online yang membantu Anda menyiapkan laporan keuangan secara instan. Dengan Accurate, Anda juga dapat mengelola keuangan di mana pun dan kapanpun, serta memonitornya secara realtime. Info lebih lanjut mengenai Accurate dapat Anda lihat di sini.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mudahya Mencatat PPH 21 Metode Gross Up

admin

Aplikasi Accurate Untuk Perusahaan Tambang

admin

Solusi Accurate : Perbedaan Administrator dan Operator  Pada Akses Pengguna Di Accurate Online

Ade Muthia