Bisnis

Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding dalam Pengiriman Barang

Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai jenis layanan yang berfokus pada pengiriman barang. Dua di antaranya adalah jasa logistik dan freight forwarding. Meskipun keduanya terkait dengan pengiriman barang, keduanya memiliki perbedaan yang penting. Artikel ini akan membahas secara rinci perbedaan antara kedua jenis layanan tersebut.

Jasa Logistik

Definisi dan Karakteristik

Jasa logistik, atau sering disebut jasa ekspedisi, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang dalam jumlah kecil. Tarif dalam layanan ini ditentukan berdasarkan berat dan volume barang, jarak pengiriman, serta jenis layanan yang dipilih. Penting untuk diperhatikan bahwa pengiriman dengan barang berat atau jarak pengiriman jauh cenderung memiliki tarif yang lebih tinggi.

Baca juga : Bagaimana Menentukan Harga Jual Pada Bisnis Makanan

Fleksibilitas Berat Barang

Salah satu keunggulan jasa logistik adalah fleksibilitas dalam menerima paket tanpa minimal berat. Bahkan surat pun dapat dikirim melalui layanan ini. Hal ini berbeda dengan layanan ekspedisi kargo yang biasanya mensyaratkan minimal berat paket tertentu, misalnya 10 kilogram atau lebih.

Jenis Layanan dan Jangkauan

Pendistribusian barang melalui jasa logistik dapat dilakukan melalui darat, laut, atau udara, tergantung pada tujuan pengiriman. Layanan ini dapat mencakup pengiriman antar kota, antar daerah, hingga internasional. Kantor cabang jasa logistik tersebar di berbagai daerah untuk memudahkan distribusi dan penerimaan barang.

Jasa Freight Forwarding

Definisi dan Fungsi

Freight forwarding, dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai pengurusan transportasi barang, adalah layanan yang lebih luas. Layanan ini mencakup pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lain, termasuk penyimpanan, pengepakan, dan pengiriman.

Peran Perantara

Freight forwarding berperan sebagai perantara antara pemilik barang dan jasa pengiriman yang akan digunakan. Mereka bertugas memilih jasa transportasi dengan biaya dan rute paling efisien untuk pengiriman.

Fokus pada Eksport dan Impor

Umumnya, perusahaan freight forwarding melayani kebutuhan ekspor dan impor. Layanan ini sangat berguna bagi bisnis yang ingin melakukan pengiriman dalam jumlah besar dan kompleks. Perusahaan freight forwarding memiliki jaringan transportasi internasional dan juga mengurus berbagai aspek kepabeanan serta dokumentasi yang diperlukan dalam proses ekspor dan impor.

Baca juga : Strategi Keuangan yang Sukses: Panduan Lengkap untuk Mengoptimalkan Akuntansi Bisnis Anda

Kesimpulan

Dalam memilih layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda, perbedaan antara jasa logistik dan freight forwarding menjadi faktor penting. Jasa logistik lebih cocok untuk pengiriman dalam jumlah kecil dan bersifat fleksibel terkait berat barang. Sementara itu, freight forwarding lebih berfokus pada pengiriman dalam skala besar dan kompleks, terutama untuk ekspor dan impor. Pilihlah layanan yang paling sesuai dengan jenis dan skala pengiriman barang Anda untuk memastikan proses yang lancar dan efisien.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mengenal Community Commerce Lebih Dekat: Menyusuri Konsep Unik Jualan di Media Sosial

Ade Muthia

Panduan Sukses: Memulai Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Tinggi

Ade Muthia

Business to Business (B2B): Strategi dan Contoh di Indonesia

Ade Muthia