Marketing

Strategi Pemasaran Produk Untuk Tingkatkan Keuntungan Bisnis

Strategi Pemasaran Produk

Memahami strategi pemasaran produk yang tepat merupakan salah satu kunci penting yang dapat berpengaruh terhadap performa bisnis. Strategi pemasaran merupakan upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat secara lebih luas. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang efektif diharapkan usaha akan semakin berkembang.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran produk merupakan usaha untuk memasarkan produk berupa barang/jasa dengan cara tertentu. Tujuan dari strategi pemasaran adalah meningkatkan penjualan. Adapun beberapa tujuan lain dari kegiatan ini di antaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan kualitas koordinasi tim marketing sehingga setiap anggota tim pemasaran dapat bekerjasama secara efektif dan efisien.
  • Menjadi alat ukur hasil pemasaran sesuai standar prestasi yang telah ditentukan.
  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan strategi pemasaran.
  • Sebagai landasan untuk mengambil keputusan berdasarkan data hasil penjualan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Online yang Akan Mendongkrak Penjualan Mu

Konsep Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran dengan Menetapkan Strategi Plan

Dalam strategi pemasaran, ada konsep khusus yang perlu dipahami agar prosesnya lebih terarah, seperti:

Market Segmentation

Setiap pemilik usaha perlu mengelompokkan target konsumen terlebih dulu. Mengingat setiap orang memiliki kebutuhan yang beragam. Kemudian klasifikasikan yang data tersbeut menjadi kelompok pasar yang homogen.

Positioning Market

Untuk menyasar konsumen yang sesuai dengan target bisnis Anda, tentukan pola yang spesifik. Pola tersebut dibuat untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Buatlah segmentasi yang menguntungkan untuk bisnis. Cara ini dilakukan untuk mendapatkan posisi khusus di pasar sebagai penyedia kebutuhan target market.

Market Entry Strategy

Market entry strategi merupakan salah satu strategi yang wajib dimiliki oleh perusahaan untuk mendapatkan posisi yang kuat di satu segmen. Konsep strategi ini cocok untuk perusahaan yang sudah memiliki segmen pasar spesifik. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain adalah pengembangan internal, membeli perusahaan lain, atau bekerjasama dengan perusahaan lain.

Marketing Mix Strategy

Sesuai dengan namanya, strategi ini adalah kumpulan dari berbagai variabel market, seperti price, product, place, promotion, process, participant, dan people physical evidence. Variabel ini digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap brand perusahaan.

Timing Strategy

Perusahaan perlu membuat persiapan yang matang di bidang produksi. Misalnya dalam mengatur waktu untuk memasarkan produk. Dengan memilih waktu yang tepat, diharapakn perusahaan dapat lebih fokus daam membuat persiapan konsep strategi pemasaran. Selain itu, momen yang tepat dalam distribusi produk ke pasar akan lebih efektif dalam pemasaran.

Cara Memasarkan Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

Supaya produk lebih disukai oleh masyarakat, produsen wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Memahami Target Market Sebelum Menerapkan Strategi Pemasaran

Setiap pelaku bisnis wajib mengenali pasar dengan baik. Misalnya dengan melakukan riset mengenai siapa target market. Semakin spesifik target market maka akan semakin besar peluang produk untuk sukses dipasarkan. Klasifikasi target market ini bisa berdasarkan gender, usia, pekerjaan, daerah tempat tinggal, dll.

Memanfaatkan Social Media Untuk Optimalkan Strategi Pemasaran

Saat ini media sosial merupakan alat pemasaran yang sangat efektif. Hampir semua orang di seluruh dunia sudah memiliki akun media sosial. Untuk itu, strategi pemasaran dapat dilakukan secara online dengan promosi melalui sosial media seperti Facebook dan Instagram.

Media sosial sangat cocok untuk strategi promosi langsung. Perusahaan dapat menjalin interaksi secara lebih luas dan menjangkau hampir semua kalangan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk promosi via media sosial juga lebih terjangkau dan memiliki tingkat visibilitas yang tinggi.

Baca Juga: Konsep Inti Pemasaran Yang Wajib di Pahami Oleh Pebisnis

Menyediakan Produk Sampel Gratis

Cara yang satu ini cukup efektif untuk menjaring konsumen. Paslanya sesuatu yang gratis biasanya tidak akan dilewatkan begitu saja oleh kebanyakan orang. Strategi ini juga bisa dilakukan untuk tes pasar pada produk baru atau pada saat akan launching produk. Tujuannya untuk mengetahui respon pasar terhadap produk yang akan dijual.

Selain itu, untuk menarik customer baru biasanya dengan menyediakan produk baru akan lebih efektif dalam closing penjualan. Alasan konsumen belum membeli biasanya karena belum pernah mencoba produk tersebut atau mengetahui kualitas sebenarnya dari produk yang ditawarkan.

Penyediaan sample gratis biasanya dilakukan pada saat event pameran, bazaar, atau launching product. Jika produk yang ditawarkan berupa produk atau media digital, Anda dapat menyediakan free trial atau ujicoba gratis untuk menarik minat calon pelanggan agar mengetahui kualitas produk.

Memilih Tempat Pemasaran yang Strategis

Sampai saat ini, lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pemasaran. Untuk itu strategi pemasaran ini, cukup penting untuk dipertimbangkan. Dengan memilih tempat penjualan yang strategis akan memiliki peluang lebih tinggi untuk produk terjual.

Kriteria pemilihan tempat yang strategis ini juga perlu menyesuaikan dengan target sasaran dan kemudahan jangkauan. Misalnya, jika ingin menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka bisa dipilih lokasi pemasaran yang dekat dengan tempat sekolah atau area kampus. Dengan demikian, tingkat closing penjualan pun akan lebih tinggi.

Memberi Bonus Untuk Rekomendasi

Sebuah produk akan terlihat lebih terpercaya dan professional jika ada yang merekomendasikannya. Untuk itu, agar bisa meningkatkan jumlah testimoni atau rekomendasi biasanya perusahaan akan memberikan apresiasi berupa bonus yang menarik. Bonus tersebut tidak harus berupa uang tetapi juga dapat berupa diskon atau hadiah produk.

Dengan memberikan bonus, maka perusahaan telah mengupayakan konsumen loyal dan calon konsumen potensial. Saat ini rekomendasi produk menjadi strategi pasar yang banyak digunakan. Selain bisa meningkakan kepercayaan costumer, strategi marketing ini terbukti cukup efektif untuk dilakukan.

Menjalin Relasi Positif dengan Konsumen

Menjalin relasi yang baik dengan konsumen merupakan langkah yang penting dilakukan untuk mempertahankan hubungan antara brand dan konsumen. Konsumen yang loyal merupakan asset yang berharga bagi perusahaan. Selain bisa mendatangkan income, keuntungan dari hubungan baik dengan konsumen adalah mendatangkan ide-ide baru untuk inovasi produk lainnya.

Banyaknya persaingan membuat hubungan dengan konsumen perlu dijalin dengan baik. Tujuannya untuk mempertahankan pasar dan brand image yang sudah dibangun. Untuk itu, tidak ada salahnya perusahaan memberikan penghargaan terhadap konsumen konsumen.

Salah satu cara bisa dengan menanggapi setiap masukan dari konsumen. Contoh lainnya adalah dengan memberi hadiah langsung untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Cara ini biasanya cukup efektif dalam strategi pemasaran produk.

Memanfaatkan Strategi Pemasaran Dari Mulut ke Mulut

Strategi promosi secara langsung dapat dilakukan melalui pemasaran dari mulut ke mulut. Melalui cara ini, tim marketing berkomunikasi dengan konsumen secara langsung. Konsumen yang merasa puas terhadap produk tersebut biasanya akan secara sukarela memberitahukan kepada teman atau kerabatnya. Sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen baru pun semakin besar.

Demikianlah sedikit informasi mengenai strategi pemasaran produk. Menentukan strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan agar produk yang dijual semakin dikenal oleh masyarakat. Selain itu, saat ini strategi pemasaran online dirasa mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk itu, dalam merumuskan strategi yang tepat perlu memahami setiap karakteristik target market yang akan dibidik.

Pemasaran memang perlu dilakukan dengan tepat. Saat Anda menentukan strategi pemasaran, Anda juga tidak boleh luput untuk menyusun keuangan pemasaran agar perhitungan bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan komprehensif.

Saat ini, Anda bisa menggunakan software Accurate Online untuk menyelesaikan permasalahan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mendapatkan Accurate Online hanya di Solusiaccurate.com.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mengoptimalkan Konten TikTok Anda Agar Muncul di FYP

Ade Muthia

7 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda Berjiwa Wirausaha

Ade Muthia

Mengatasi Empat Masalah Umum dalam Closing Penjualan

Ade Muthia