Uncategorized

Work From Home : Cara Agar tetap Fokus Kerja di Rumah

WFH ( work from home) adalah istilah lain dari bekerja di rumah, sebetulnya ini bukanlah hal yang baru, cara ini sudah banyak diimplementasikan oleh perusahaan, namun baru-baru ini karena pademi virus Corona ( Covid-19) yangmenyebar dengan cepat membuat pemerintah pun mengeluarkan himbauan agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya. Tagar #dirumahaja populer saat ini guna mendukung meluasnya kemungkinan penyebaran virus corona.

Di zaman now kerja dirumah sangatlah mudah di lakukan, terlebih sekarang zamannya serba online alias semua urusan atau system kerja menggunakan informasi dan teknologi yang canggih, sudah sangat mudah di kalukan tanpa harus ke kantor.

Tantangan Work From Home

Bagi kamu yang sedang merasakan ibas dari WTF dan dahus kerja dari rumah kamu jangan senang dulu yaa,, karna ada beberapa tantangan yang harus kamu lewati dan selesaikan, WFH memang memberikan kebebasan secara kebiasaan kamu harus bangun pagi dan mamakai pakaian rapid an berangkat ke tempat kerja tapi kali ini kamu bisa kerja sambil “Rebahan” di kasur tanpa orang lain tahu,

Namun godaan akan datang ketika kamu sedang WTF karna tidak ada yang mengawasi kamu bisa nyatai-nyantai  buka social media kamu, atau streaming film kesukaan kamu dan kamu melupakan perkerjaan kamu.. ooow.. hal ini jangan kamu lakukan yaa, ingat kau bukan lagi LIBURAN tapi kamu sedang KERJA , yuuk simak cara agar tetap focus saat kerja dari rumah.

Buat Jadwal Prioritas

Berbagai pekerjaan rumah tentu masih menjadi tanggung jawabmu dan harus diselesaikan dengan baik. Jangan mencampur adukkan pekerjaan rumah ini dengan pekerjaan yang kamu tangani, sebab hal ini bisa membuat semuanya menjadi berantakan. 

Buatlah jadwal yang jelas untuk pekerjaan rumah dan selesaikan dengan baik semuanya, dan bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan leluasa tanpa terganggu dengan pekerjaan rumah lainnya. Misalnya, kerja mulai seperti biasa seperti jam kantor, jam 9 pagi – 5 sore. Maka, saat jam istirahat yakni jam 12 siang hingga pukul 1 siang, di jam tersebutlah kamu bisa ambil istirahat, beli makan siang atau masak versi cepat untuk makan siangmu. 

Disiplin dalam bermain Sosmed

kamu harus bisa mengatur jam kerja sendiri. Hindari untuk bermain sosial media terus-terusan, batasi waktu mu online di sosmed. Jika perlu fokus saja untuk membuka file-file yang terkait dengan pekerjaan. 

Salah satu tantangan terbesar saat bekerja di rumah adalah kebebasan waktu. Di mana situasinya, kamu sangat mungkin bermalas-malasan hingga kehilangan banyak waktumu yang berharga. Tentukan jam kerja seperti biasanya. Pastikan kamu lebih tegas dan disiplin pada dirimu sendiri sehingga semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik, sesuai dengan deadline.

Ciptakan Ruang Kerja yang nyaman

Memiliki ruang kerja khusus di rumah tentu akan sangat menyenangkan, di mana kamu bisa fokus pada pekerjaanmu tanpa terganggu dengan berbagai hal lainnya. Kamu bisa menata ruangan ini dengan tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginanmu dan bisa bekerja dengan lebih nyaman di sana. Hal ini akan memberikan dampak positif pada berbagai pekerjaan yang ditangani.

Apabila kamu tidak punya ruang kerja sendiri, ya ciptakan pojokan kerja yang nyaman buat bekerja. Jadi kamu bisa lebih kreatif disini, misalnya pilih pojokan yang membuatmu nyaman berlama-lama bekerja, apakah diatas meja atau lebih enak dengan cara lesehan. 

Jangan Menunda Pekerjaan

Meski memiliki waktu yang panjang dan sangat leluasa untuk bekerja, bukan berarti bisa menunda-nunda pekerjaanmu. Kamu harus bekerja dengan disiplin sepanjang waktu, dan semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu. Hindari untuk menunda-nunda pekerjaan, sebab hal ini akan merugikan dirimu sendiri dan berefek buruk untuk karirmu. 

Biar produktif, pastikan kamu sudah membuat prioritas apa saja yang perlu dikerjakan hari itu juga. Buatlah daftar semua hal yang perlu dikerjakan, lalu kasih tanda mana yang prioritas penting (urgent/deadline) dan mana yang kategori oposional. Semuanya tergantung dari sistem kamu membagi-bagi pekerjaan. 

Menceritakan pekerjaanmu kepada keluarga

Tinggal bersama dengan keluarga tentu akan membuat rumah lebih ramai, namun ini akan menjadi tantangan tersendiri untukmu. Kamu harus memiliki waktu dan suasana yang mendukung pekerjaanmu, untuk berbagai pekerjaanmu bisa selesai dengan baik. 

Sampaikan tentang pekerjaanmu kepada anggota keluarga di rumah, sehingga mereka bisa mengerti dan memberi ruang yang cukup untukmu bekerja. Hal ini juga akan mengatasi berbagai kesalahpahaman, dan mereka juga bisa mendukungmu dalam bekerja.

Menggunaan system online

Perusahaan yang memakai system online akan mudah dalam melakukan transaksi, dari mulai pengimputan sampai pebuatan laporan akan tersaji dalam sekejap, Software akuntansi Accurate merupakan software pembukuan yang berbasis cloud yang akan mempermudah proses pembuatan laporan, jurnal, dan berbagai transaksi hanya dalam satu gengaman. Jadi Work From Home tidak akan masalah,

Komunikas jadi hal penting agar semua pekerjaan kantormu bisa terselesaikan dengan baik, Urusan kantor, segera hubungi dan komunikasikan dengan baik denngan orang terkait via telepon, whatsapp maupun email. Kamu pasti bisa, semangat #dirumahaja dan bekerja dari rumah ya,

Dapatkan free akses 30 hari untuk Accurate Online sekarang.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Tutorial : Impor Aset Tetap dari File Excel

Ade Muthia

Memanfaatkan TikTok Sebagai Media Promosi Produk

Ade Muthia

Pertimbangkan Hal ini, Perlukah Bisnis Mendapatkan Pinjaman dari Bank?

admin