Uncategorized

6 Strategi Pemasaran via Media Sosial yang Bisa Dicoba

Strategi pemasaran via media sosial

Perkembangan teknologi, mendorong perkembangan sistem pemasaran yang lebih efektif. Sebab, pemasaran tidak lagi dilakukan hanya dengan memasang iklan di media massa seperti koran, televisi, serta pemasangan billboard di jalan-jalan besar. Tetapi sekarang strategi pemasaran via media sosial lebih efektif.

Namun, pemasaran via media sosial bukanlah perkara mudah. Terlebih jika Anda tidak mengerti sama sekali mengenai cara memasang iklan di media sosial. Anda tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah banyak sekali tutorial memasang iklan di media sosial. Tetapi Anda tak cukup hanya sekedar memasang iklan, Anda harus melakukan strategi yang tepat untuk bisa melakukan pemasaran di media sosial.

Fokus pada Satu Media Sosial

Media sosial saat ini cukup banyak. Tetapi untuk pemasaran, jangan semua media sosial Anda gunakan. Pilihlah satu media sosial yang tepat dan sesuai dengan target pasar Anda. Selain itu, ada beberapa pertimbangan kenapa Anda harus fokus di satu media sosial.

Mengapa hanya satu media sosial? Pertimbangannya adalah masalah sumber daya yang Anda miliki sudah cukup dan paham untuk menjalankan pemasaran media sosial. Jika Anda menjalankannya sendiri, apakah Anda sanggup harus mengurus beberapa media sosial sekaligus? Cara yang efektif untuk menjalankan strategi pemasaran via media sosial pertama-tama, fokus pada satu media sosial yang akan Anda gunakan untuk pemasaran.

Membangun Kredibilitas

Setelah Anda menemukan satu media sosial yang menurut Anda efektif sebagai tempat pemasaran produk. Saatnya membangun kredibilitas produk. Tahap awal yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba membangun brand awareness. Tahap ini, Anda harus menjelaskan identitas produk yang Anda jual tersebut. Baik dari segi produk, kegunaaan produk, serta produk Anda tawarkan untuk siapa.

Anda tak perlu repot harus menjangkau seluruh masyarakat pada tahap awal. Incarlah orang-orang yang berada didekat tempat tinggal Anda. Misal Anda berada di Bogor, maka Anda bisa mengincar konsumen-konsumen yang terdapat di Bogor terlebih dahulu. Inilah uniknya media sosial, bisa memetakan target pasar di suatu wilayah saja.

Fokus Pada Target Pasar

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pengusaha yang baru menjalankan strategi pemasaran via media sosial adalah mengincar seluruh orang. Inilah kesalahan terbesar, Anda bisa memilih orang-orang yang memang menjadi fokus Anda. Tak perlu mengincar orang yang tidak tertarik dengan produk, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda membuang-buang tenaga saja. Fokuslah pada konsumen yang ingin Anda incar.

Konten Seperti Apa dan Kapan?

Dalam menjalankan strategi di media sosial, Anda harus ingat satu hal. Yakni konten apa yang ingin Anda tampilkan. Dengan konten tersebutlah, bisa memastikan ingin seperti apa konten Anda. Ada sekitar tiga hal yang harus Anda pikirkan ketika ingin memasang konten di media sosial.

Yakni, kualitas konten. Anda tidak boleh melupakan kualitas konten. Usahakan konten yang Anda posting adalah konten terbaik. Waktu posting, waktu itu akan menunjukan apakah postingan Anda dilakukan di waktu yang tepat atau tidak. Anda harus melakukan posting konten, di waktu-waktu orang membuka media sosial. Misal, ketika mereka sedang dalam perjalanan pulang kantor, atau saat mereka bersantai di rumah. Pukul berapakah itu? Anda harus mengetahuinya.

Harus Berkelanjutan

Memasang iklan di media sosial, bukan sekedar postingan hanya sekali-kali. Anda juga harus melanjutkannya secara terus menerus, tetapi bukan melakukan spam posting. Usahakan minimal Anda melakukan posting dua hingga tiga kali jika menggunakan facebook dalam satu hari. Jangan lebih, karena jika melakukan postingan secara berlebihan, hal itu dapat dianggap spam dan calon konsumen tidak akan tertarik dengan postingan Anda.

Pendanaan

Strategi pemasaran via media sosial memang dananya cukup murah. Murah bukan berarti Anda harus melakukannya secara jor-joran. Tetapi Anda harus melihat berapa kemampuan Anda untuk melakukan pemasaran via media sosial.

Memang melakukan pemasaran di media sosial bayar? Sebenarnya, bayar atau tidaknya tergantung Anda sendiri. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak calon konsumen Anda bisa memasang iklan dengan berbayar. Karena reach iklan berbayar ini cukup mengundang traffic dan engagement pada produk Anda, dan bisa mendapatkan pembeli yang besar.

Melakukan strategi pemasaran via media sosial memang memerlukan dana. Untuk itu, pencatatan dana iklan di media sosial haruslah tepat. Jangan sampai terlalu jor-joran dalam beriklan malah menganggu kas usaha Anda. Agar keuangan usaha Anda terus bisa dipantau, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi. Salah satu software yang cukup rekomen yakni Accurate Software. Anda bisa mendapatkan software ini di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Accurate Online Mempermudah Pengusaha Memantau Kegiatan Keuangan Bisnis Dimanapun

Rika Angraini

Cannot Edit Invoice, It is Customer Opening Balance

admin

ACCURATE Menjadi Sofware Aplikasi Terbaik Peraih Top Brand Award

admin