Uncategorized

3 Cara Membuat Perencanaan Keuangan Bisnis, agar Bisnis Lebih Bersinar

Membuat perencanaan keuangan usaha

Terkadang banyak pengusaha yang hanya fokus untuk memikirkan bagaimana produknya bagus dan berkualitas. Serta, bagaimana proses pemasaran yang baik agar perputaran barang bisa cepat. Padahal ada hal penting yang harus direncanakan oleh para pebisnis, yakni keuangan. Melakukan perencanaan bisnis adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha agar bisa melihat dan menikmati hasil jerih payahnya.

Banyak sekali pengusaha yang tidak memikirkan hal ini. Sebagian besar dari mereka menganggap keuangan adalah hal yang bisa diurus seiring dengan berjalannya. Dengan memiliki perencanaan keuangan usaha pun akan terkontrol.

Ada beberapa hal yang memang harus Anda rencanakan dalam mengatur keuangan usaha. Bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan yang baik. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda dalam memiliki perencanaan keuangan yang baik dan tepat.

Melakukan Perencanaan Keuangan Bagi Usaha

Perhatikan Jumlah Modal Bisnis

Rencana pertama yang harus Anda perhatikan dalam menentukan rencana keuangan adalah rencana modal yang akan dialokasikan. Rencana modal ini cukup beragam, mulai dari sewa tempat jika tempat menyewa, renovasi tempat jika ada yang harus di renovasi, membeli furniture kantor jika terdapat yang kurang, dan biaya kerja awal yang harus dialokasikan.

Bagaimana Rencana Arus Kas Anda

Arus kas adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan. Jika arus kas Anda tersendat, maka Anda wajib mencari cara agar arus kas tersebut kembali normal. Bila arus kas tidak lancar, dapat mengancam keuangan usaha Anda. Terlebih, jika banyak pelanggan yang menunda pembayaran. Hal itu akan mempengaruhi kondisi arus kas usaha.

Terkadang dalam menjalankan bisnis, Anda memerlukan uang kas yang lebih banyak. Uang kas ini akan digunakan sebagai cara untuk menutupi beberapa kondisi keuangan yang ‘bolong.’ Tetapi Anda harus memproyeksikan arus kas tersebut agar tidak bolong, karena jika harus selalu ditambal dengan uang kas usaha, hal itu akan mengancam keuangan usaha Anda.

Laba Rugi

Membuat ramalan keuangan usaha adalah hal umum yang dilakukan oleh banyak pengusaha. Anda harus menghitung berapa laba dan beban perusahaan terhadap biaya-biaya lainnya. Sehingga Anda bisa memperkirakan berapa keuntungan yang Anda raih selama satu bulan, dan berapa total pengeluaran yang harus Anda keluarkan.

Dari total tersebut, Anda bisa mengetahui berapa sebenarnya keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan dari usaha Anda. Dengan memiliki ramalan laba rugi, maka Anda sudah dapat memprediksi rencana keuangan bisnis. Karena membuat perencanaan keuangan bisnis bukanlah hal mudah.

Dengan melakukan perencanaan sebaik mungkin, Anda bisa menggunakan keuangan usaha dengan efektif. Karena setiap pos anggaran yang dikeluarkan sudah bisa dipantau dan diprediksikan. Membuat perencanaan keuangan bisnis maka pos-pos keuangan yang tidak terlalu penting dapat Anda hindari atau Anda hilangkan untuk dipindahkan ke pos anggaran yang lebih penting dan efektif.

Membuat perencanaan keuangan bisnis menjadikan Anda pengusaha yang disiplin dalam menjalankan keuangan. Dengan perencanaan keuangan, Anda juga bisa melakukan pendataan kapan harus membayar kepada supplier, kapan harus membayar beban-beban perusahaan lainnya.

Apabila Anda tidak membuat perencanaan keuangan yang baik, akan membuat bisnis Anda kacau balau. Dan Anda akan sulit dalam menentukan arah bisnis yang ingin Anda jalankan. Dengan rencana keuangan, maka Anda bisa mudah melihat pergerakan usaha bisnis Anda.

Agar Anda bisa lebih mudah dalam mengontrol setiap keuangan usaha, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate. Software ini sudah dipakai oleh ribuan UKM di Indonesia untuk melakukan pembukuan usaha mereka dan menjalankan sistem akuntansi yang mudah. Anda bisa langsung membeli Accurate di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat. Dapatkan harga terbaik dengan kualitas premiun dari Accurate.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

6 Kiat Agar akun instragram Anda sukses untuk Branding

admin

Tips dan Manfaat Pemasaran Online Bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Rika Angraini

Melakukan Transaksi Retur Hanya Nilainya Saja

admin