Bisnis

Blue Ocean Strategy: Konsep Dasar, Manfaat, dan Penerapannya

Penerapan Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy merupakan salah satu metode ampuh yang banyak digunakan pebisnis sukses dan berhasil dalam menunjukkan eksistensi usahanya hingga saat ini. Bahkan blue ocean strategy adalah salah satu strategi, yang dianggap mampu memberikan peluang lebih besar dari pada strategi lainnya.

Sayangnya, fakta di lapangan membuktikan strategi ini masih belum banyak diketahui apalagi untuk menerapkannya. Maka dari itu artikel ini akan membahas tuntas apa itu blue ocean strategy, konsep dasar manfaat dan tips menerapkannya.

Definisi dari Blue Ocean Strategy

Sebagai pelaku usaha, ada baiknya Anda menambah wawasan dengan mengenal lebih dalam strategi yang satu ini. Pasalnya strategi ini akan meningkatkan peluang keberhasilan usaha dengan minimnya persaingan.

Bisa dibilang blue ocean strategy adalah sebuah strategi atau rancangan atau langkah yang akan digunakan dalam menjalankan usaha. Dimana langkah ini mengharuskan perusahaan menciptakan peluang dari segmen pasar baru yang memiliki potensi besar.

Dengan membuka segmen pasar baru, perusahaan yang menggunakan strategi ini, akan menjadi yang pertama dan berpeluang menduduki peringkat tertinggi pada periode berikutnya. Namun yang harus digaris bawahi adalah ide konsep dari terobosan bisnis tersebut harus dirancang secara matang.

Strategi ini menjadi pengejaran simultan terhadap diferensiasi atau perbedaan dengan biaya rendah dengan harapan mampu menciptakan segmen pasar baru. Perusahaan yang menerapkan blue ocean strategy, membuat peluang bisnis dan segmen pasar yang meniadakan persaingan.

Karena pada dasarnya strategi ini sudah memiliki konsep, ide, segmen pasar, dan niche yang benar-benar baru. Dengan hanya 1 pemangku peluang dan minimnya persaingan, bisa dipastikan permintaan produk akan tertuju pada bisnis Anda.

Baca Juga: Beberapa Tips Strategi Memulai Bisnis Fashion Bagi Pemula Agar Dapat Menghadapi Persaingan

4 Konsep Dasar Blue Ocean Strategy

Dalam menerapkan strategi ini, ada 4 konsep dasar atau tahapan yang harus dilalui, berikut beberapa diantaranya:

1. Proses Menghapus (Eliminate)

Dalam menjalankan blue ocean strategy hal yang paling penting adalah respon pelanggan dan kematangan produk. Karena produk bersifat baru, maka perlu banyak uji yang harus dilewati, salah satunya adalah proses menghapus atau eliminate.

Proses ini mengharuskan Anda sebagai pelaku bisnis peka terhadap kekurangan dan kelebihan produk. Anda harus siap membuang beberapa fitur atau aspek yang bahkan menurut Anda positif namun tidak menguntungkan dan diperlukan bagi Anda maupun pelanggan.

Kepekaan dalam memilah hal-hal yang bernilai dan tidak harus Anda miliki untuk membangun sebuah produk baru yang matang sebelum dipasarkan. Bahkan jika Anda merasa produk tidak bisa dipasarkan Anda harus rela melepaskan produk yang Anda buat 

2. Proses Mengurangi (Reduce)

Menggunakan Strategi blue ocean
Source:

Ada kalanya proses yang sudah terlihat perfect harus di adjust lagi dengan mengurangi unsur yang dirasa berlebihan. Dengan catatan unsur yang dikurangi tidak akan menghilangkan karakteristik maupun kualitas dari produk yang akan Anda pasarkan.

Atau bisa saja proses ini difungsikan untuk menekan biaya yang harus dikeluarkan karena alasan inflasi harga maupun bahan baku yang langka. Namun, jika dirasa fitur atau unsur tersebut memang tidak bisa dipertahankan, maka Anda bisa kembali ke proses pertama.

Proses ini juga dimaksudkan untuk menekan nilai atau karakter yang ingin ditonjolkan dari produk tersebut. Sehingga arah dari arus bisnis kedepannya lebih bisa diprediksi.

3. Proses Peningkatan (Raise)

Berbeda dengan proses sebelumnya, proses ini bisa dibilang lebih bertolak belakang. Karena proses ini akan menambah fitur atau unsur yang memberikan manfaat. Selain itu dengan memberikan peningkatan pada satu fitur atau unsur tersebut. karakter produk akan lebih hidup dan menonjol.

Dengan meningkatkan fitur yang memiliki manfaat, maka pertumbuhan produk akan lebih terjamin. Hal ini juga dapat menjadi pembeda antara produk Anda dan produk lainnya atau produk yang menirukan produk Anda.

4. Proses Menciptakan (Create)

Konsep terakhir adalah proses menciptakan hal baru, dimana sesuatu yang baru pasti akan membuka peluang pada segmen pasar yang baru. Semakin baru dan belum pernah terpikir, pastinya akan semakin membuat pasar menantikan hal tersebut.

Dengan menjadi yang pertama akan membuat peluang menjadi nomor satu akan semakin tinggi. Walaupun baru Anda harus melewati banyak pengujian produk agar kelayakan produk masih terjaga dan siap diterima oleh segmen pasar baru yang Anda targetkan.

Manfaat Menerapkan Blue Ocean Strategy

Selain memiliki peranan penting, blue ocean strategy adalah metode yang dapat memberikan penggunanya beberapa manfaat. Adapun manfaat nya adalah seperti dibawah ini:

  • Peluang menjadi nomor satu akan semakin besar.
  • Perusahaan dituntut untuk survive dalam menghadapi pesaing baru yang muncul.
  • Inovasi dan motivasi pekerja akan semakin meningkat.
  • Menuntut perusahaan keluar dari zona nyaman, sehingga peluang menjadi lebih baik akan lebih besar.
  • Peluang mendapat profit besar lebih meningkat karena minimnya persaingan di segmen pasar baru.
  • Brand yang pertama muncul biasanya akan melekat di benak para pelanggan.

Tips Menerapkan Blue Ocean Strategy

Bagi para pemain baru yang ingin menggunakan strategi ini, pasti akan sangat kebingungan dalam mengatur langkah yang akan digunakan. Maka untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menentukan Batasan-Batasan Segmen Pasar Baru

Membatasi segmen pasar tertarget akan membuat Anda fokus pada pengembangan produk yang akan dipasarkan. Dalam hal ini Anda harus mampu mengamati apa yang paling dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa diberikan oleh produk Anda.

2. Menyatukan Visi dan Misi Pengembangan Produk

Langkah kedua adalah dengan fokus pada visi dan misi atau setidaknya gambaran besar akan tujuan pengembangan produk. Hal ini dapat menjadi pemicu semangat dan teralihkan pada angka yang harus dikeluarkan di awal.

3. Membuat Mind Mapping 3 Tahun Kedepan

Anda harus tahu kemana akan membawa produk ini 3 tahun kedepan. Dengan membuat mind mapping perusahaan akan tahu kemana dan bagaimana produk tersebut harus berkembang. Sehingga proses yang dilalui akan lebih terarah.

Baca Juga: Contoh Produk Digital dan Keunggulan nya untuk Bisnis Anda

4. Melampaui Batas Diri

Dallam menerapkan Blue Ocean Strategy, perusahaan akan dipaksa untuk memberikan tenaga waktu dan biaya ekstra diawal untuk melampaui batasan dirinya. Melalui pengamatan pasar, pengembangan inovasi dan fokus tujuan, pastinya menjalankan strategi ini tidak akan terlalu sulit.

5. Melakukan Branding yang Menarik

Selain inovatif dan solutif, branding yang Anda buat di awal haruslah menarik. Anda bisa melakukan promosi dengan cara yang unik namun tidak menghilangkan nilai produk yang ingin Anda tonjolkan. Sehingga minat dari pelanggan akan berangsur semakin besar.

6. Menjalankan Strategi Secara Bertahap 

Kunci dari strategi ini adalah melakukan rangkaian strategi secara bertahap dan berurutan. Jangan terlalu terburu-buru karena melihat hasil yang menggiurkan. 3 bulan pertama adalah masa kronis yang harus Anda pertahankan untuk meningkatkan eksistensi produk baru yang Anda luncurkan.

7. Menggunakan Sistem yang Baik

Anda harus memilih tim yang solid dan handal di bidangnya untuk membangun produk baru yang akan Anda kuncurkan. Selain itu Anda harus memiliki sistem yang baik serta catatan pelaporan yang lugas sehingga segala aktivitas bisa dipertanggungjawabkan.

Kesimpulan

Blue Ocean Strategy menjadi salah satu strategi yang perlu Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam bisnis Anda. Penerapannya bisa disesuaikan dengan bisnis dan strategi marketing yang ingin Anda gunakan. Semoga pembahasan ini bisa menjadi pencerahan untuk Anda.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Strategi Analisis Potensi Pasar untuk Keberhasilan Pemasaran

Ade Muthia

Membuat Pelanggan Bahagia dengan 5 Program Loyalitas Ini!

Ade Muthia

Strategi Markdown: Menaklukkan Pasar dengan Penurunan Harga yang Tepat

Ade Muthia