Uncategorized

Masadepan Industri Manufacturing

New Manufacturing” dan masa depan industri manufaktur

Dua tahun sejak mengusulkan konsep “New Manufacturing”, Executive Chairman Alibaba Group Jack Ma mengatakan bahwa New Manufacturing adalah masa depan dari industri manufaktur.

New Manufacturing berarti transformasi pabrik konvensional yang berpola bisnis-ke-konsumen menjadi pabrik yang bersifat lebih personal berdasarkan permintaan konsumen.

Hal ini disampaikan Jack Ma dalam acara pembukaan Cloud Computing Conference

New Manufacturing dapat membawa perubahan besar untuk pabrik konvensional pada 10-15 tahun mendatang. Konsep ini berkaitan erat dengan strategi New Retail Alibaba, sebuah pendekatan ritel yang mengutamakan konsumen, serta mengintegrasikan offline dan online untuk menghadirkan pengalaman belanja yang prima.

Making Indonesia 4.0 menjadi kunci industri nasional berdaya saing global

Langkah kuda Telkomsel wujudkan “Making Indonesia 4.0”

“New Retail ingin mendefinisikan kembali sektor ritel. Tapi hari ini saya ingin bicara tentang New Manufacturing, karena ini akan membawa gelombang ancaman serta peluang bagi industri di Tiongkok dan seluruh dunia. Kita harus siap, baik secara mental dan dalam hal lainnya,” ujar Jack Ma.

Jika tantangan era industri adalah memproduksi suatu produk dalam skala besar, era informasi menuntut kemampuan untuk memproduksi berbagai jenis produk secara efisien.

“Dahulu sangat mengesankan jika sebuah alat dapat memproduksi 2.000 model pakaian yang sama dalam waktu lima menit. Namun sekarang, akan lebih mengesankan jika alat tersebutmampu memproduksi 2.000 pakaian dengan model yang berbeda dalam waktu lima menit,” tambah Ma. Konsumen modern tidak lagi puas dengan pakaian yang modis, namun ingin pakaian yang unik dan dibuat khusus untuk mereka.

Menurut Jack Ma, batasan antara ragam industri akan memudar. Sementara sektor manufaktur, teknologi, dan layanan akan semakin terhubung satu sama lain.

“Sekarang kita tidak bisa hanya memiliki salah satu saja. Pada masa mendatang, tenaga ahli analisis data dan algoritma tidak akan bekerja di perusahaan internet saja, tapi di perusahaan manufaktur,” katanya.

Inti dari New Manufacturing adalah kemampuan analitis dan komputasi. Teknologi mutakhir, seperti Internet of Things (IoT), chip semikonduktor, kecerdasan buatan, big data, dan komputasi awan, akan memengaruhi manufaktur sebagaimana mesin uap modern dan bahan bakar minyak memengaruhi industri berbasis tenaga manusia pada era sebelumnya.

Berbeda dengan New Retail yang mengintegrasikan virtual dan fisik, New Manufacturing mengintegrasikan sektor manufaktur dengan industri layanan.

“Kekuatan kompetitif perusahaan tidak akan bergantung pada kemampuan produksi pabriknya, tapi diukur dengan kemampuannya berpikir secara inovatif, caranya mengutamakan pengalaman pelanggan, serta tingkat pelayanannya,” tutup Jack Ma.

Untuk pembukuannya , Software Akutansi Accurate sudah ada Modul untuk Manufacturing nya , jadi bisa membantu anda untuk Proses Produksi dangqn cepat dan akurat .

www.accuratejkt.com

Software Accurate , Program accurate , Accurate accounting software , accurate Online 

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Menampilkan Nilai Total Dari Suatu Kolom Pada Laporan

admin

Mengenal Teknologi Cloud Server

Agus Fadhil

Pengusaha Kuliner Wajib Tau Pajak Restoran di Indonesia.

Dewi Wahyudi