Uncategorized

Memulai Bisnis dengan Finansial Yang tepat

Memulai Bisnis adalah suatu pengalaman besar dalam hidup, apalagi jika usaha yang kita bangun menjadi usaha yang maju dan besar, dalam membangun usaha tentunya akan memiliki banyak kendala dan masalah yang dihadapi.

Menurut Small Business Administration, sekitar 30% dari semua bisnis baru gagal di tahun pertama, 50% pada tahun kedua dan 66% pada 10 tahun. Panjang umur dan kelangsungan beroperasi dalam bisnis tidak bisa dipastikan. Data dari Biro Statistik di Amerika mengatakan bahwa hanya 20% dari semua bisnis berhasil melewati 20 tahun.

Memang prospek memulai bisnis Anda sendiri sangat menantang dan menarik, namun mampu menjaga bisnis Anda untuk jangka panjang secara menguntungkan membutuhkan banyak usaha dan perencanaan. Salah satu bagian terpenting dalam menjalankan bisnis adalah arus kas. Berikut adalah lima langkah finansial penting yang harus Anda ambil ketika Anda memulai dan menjalankan bisnis Anda sendiri.

1. Dapatkan Asuransi Bisnis Sejak Awal Memulai Bisnis

Menjalankan bisnis memiliki risiko. Ini dapat mencakup masalah tanggung jawab yang terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan, pelanggan yang tidak puas dengan pembelian yang dilakukan atau masalah hukum yang tidak terduga yang muncul di lokasi bisnis Anda seperti bencana alam, banjir, atau kecelakaan yang terjadi pada tamu atau karyawan saat melakukan tugasnya.

Ada risiko yang mungkin tidak Anda dapat antisipasi dengan baik.  Dan guna dari asuransi bisnis adalah untuk melindungi diri Anda dari masalah ini. Seperti asuransi mobil atau rumah, asuransi bisnis Anda akan memiliki deductible sehingga Anda bertanggung jawab untuk membayar hal tersebit.

2. Memiliki Modal Bisnis Selama Enam Bulan Kerja

Meskipun terkadang keadaan dapat membuat pengusaha memulai bisnis mereka lebih awal, namun memiliki cadangan dana segar dapat membuat perbedaan besar dalam operasi harian dan kehidupan pribadi yang Anda miliki. Jika Anda memulai bisnis tanpa modal kerja yang cukup, Anda mungkin menemukan diri Anda di tempat yang sulit ketika Anda memiliki pengeluaran tak terduga atau pelanggan yang terlambat membayar.

Sangat dianjurkan juga untuk menyimpan hasil keuntungan bisnis Anda sehingga Anda siap dan dapat mengatasi jika “badai” datang menimpa bisnis Anda . Semakin banyak dana yang Anda dapat simpan, semakin baik. Jika Anda sudah memulai bisnis Anda dan tidak memiliki cadangan modal, segera kumpulkan secepatnya. Bangunlah bisnis itu sebaik mungkin dan sisihkan dana setiap bulan sampai Anda mencapai minimal enam bulan arus kas dalam operasi bisnis.

3. Pantau dan Tingkatkan Limit Kredit Pribadi

Ketika Anda pertama kali memulai bisnis, kredit pada bisnis Anda pada dasarnya adalah kredit pribadi Anda. Sehingga memiliki histori kredit yang bagus dan baik adalah sangat penting bagi Anda. Misalanya adalah : membayar tagihan tepat waktu dan menjaga persentase penggunaan kartu kredit Anda (disarankan diatas 30% dan lebih rendah dari 70% limit kredit Anda).  Hal ini dapat membantu Anda mempertahankan dan atau meningkatkan limit kredit pribadi Anda.

4. Menetapkan Kredit Bisnis

Menyiapkan kredit bisnis penting bagi bisnis Anda dan untuk melindungi diri dari tanggung jawab pribadi. Anda dapat melakukan ini dengan mendapatkan kartu kredit bisnis, jalur kredit bisnis, pinjaman bisnis, dan dengan melaporkan kredit bisnis Anda ke bank atau instansi yang dapat Anda percaya.

Buatlah catatan kredit yang baik pada bisnis Anda dengan begitu perusahaan Anda akan dianggap memiliki reputasi yang baik untuk diajak bekerja sama. Ini akan membantu Anda dalam mengelola pembiayaan untuk perusahaan Anda, mendapatkan kontrak yang menguntungkan dengan perusahaan yang lebih besar dan menegosiasikan persyaratan kredit yang lebih baik.

5. Negosiasikan Ketentuan Pembayaran

Arus kas sejauh ini merupakan aspek yang paling penting dari semua bisnis, tentunya selain pelanggan Anda dengan produk atau layanan yang Anda jual. Jika Anda kehabisan atau tidak memiliki arus kas yang cukup setiap saat, operasi bisnis dapat berhenti dan tentunya perusahaan Anda akan berjuang dengan berat.

Bagi banyak bisnis yang baru dirintis, menunggu pembayaran yang biasanya dilakukan oleh pelanggan 30 hari atau lebih lama adalah proses yang sangat sulit untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan perputaran dana yang cepat. Inilah sebabnya mengapa negosiasi syarat pembayaran adalah hal penting. Sebagai pembeli, luangkan untuk mendapatkan lebih banyak waktu untuk membeli persediaan untuk perusahaan Anda, apakah itu peralatan yang Anda sewa atau layanan reguler yang perlu Anda bayar. Pikirkan juga apakah Anda memang perlu mengadopsi ketentuan pembayaran 30 hari untuk memperpanjang arus kas Anda? Sementara disisi lain Anda menunggu faktur lain Anda dibayar. Hal ini harus dipikirkan secara matang.

Kesimpulan

Dalam membuat bisnis anda harus dituntut harus cerdas dalam mengambil keputusan keuangan anda sehinga anda dapat menikmati bisnis anda dengan waktu yang lama,penggunaan alat yang tepat adalah menjadi kunci dalam keberhasilan suatu usaha dapat meningkatkan produktivitas dan kelancaran usaha anda.contohnya untuk pencatatan transaksi akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah pembuatan laporan, control stok, dan pelaporan pajak hanya dengan satu aplikasi, Accurate online adalah software akuntansi yang berbasis cloud yang kini digunakan oleh banyak perusahaan yang sistemnya mobile karna bisa membuat transaksi dan laporan dimana saja dan kapan saja, pantau usaha dimana saja dengan Accurate online sekarang, dapatkan free trial 30 hari.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Cara Perhitungan Harta Bersih dengan Accurate Online

Dewi Wahyudi

MENAMPILKAN TULISAN “COPY” PADA HASIL CETAK

Rika Angraini

Berikut 5 Ide Bisnis Kecil Yang Bisa Jadi Ladang Uang Kamu

Rika Angraini