Uncategorized

Pebisnis Harus Memanfaatkan Teknologi Modern Untuk Pengembangan dan Kemajuan Bisnis nya

Dengan kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan di dalam model bisnis,  perusahaan perusahaan harus berpikir bagaimana cara terbaik untuk mengelola dan membentuk strategi baru untuk organisasi mereka di jaman modernisasi di Indonesia.
Teknologi, yang dulunya berperan hanya sebagai support, sekarang malah berperan sangat besar dalam berkembangnya sebuah perusahaan, industry, bahkan sebuah negara.
Teknologi yang terus berkembang seperti kecepatan internet, kekuatan computer, dan komunikasi digital dapat digunakan untuk membangun struktur organisasi yang lebih praktis dan efisien. Pada artikel ini, kami akan membahas sedikit mengenai beberapa kegunaan teknologi di dalam sebuah perusahaan dan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk membantu sebuah perusahaan menjadi lebih kompetitif dibandingkan perusahaan lainnya yang ada di pasar.

  1.  Memaksimalkan Potensial

    Sebelum kehadiran internet (atau paling tidak sebelum interet menjadi sesuatu yang normal dan mudah diakses), banyak perusahaan yang mengeluh karena mereka tidak dapat memaksimalkan potensial dari bisnis mereka, namun sekarang ini kebanyakan dari masalah itu sudah diselesaikan dengan ketersidaan internet dan sistem IT yang mumpuni. Sekarang ini baik berkomunikasi dengan cabang dari suatu perusahaan yang berada di luar negara sudah tidak menjadi suatu masalah lagi, bahkan bukan hanya berkomunikasi, tapi meeting juga dapat dilakukan melalui internet, kalau bahasa kerennya itu, conference call lah. Itu ketika kita berbicara internal, dari sisi eksternal, dengan keberadaan internet dan sistem IT, bahkan sekarang adanya software untuk pembukuan perusahaan yang berbasis online yang sangat mempermudah para pengusaha yang ingin mobile tanpa harus datang ke kantor

Baca Juga : Accurate Online software Akuntansi yang modern untuk pembukuan perusahaan Anda

2. Meningkatkan Produktivitas

Struktur organisasi tradisional atau manual terkadang menurunkan tingkat produktivitas sebuah perusahaan. Struktur yang berlapis dan terkadang sangatlah besar dapat mempersulit koordinasi di dalam sebuah perusahaan. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi, perlahan teknologi, dengan peng-aplikasian yang benar dapat membantu sebuah perusahaan menjadi lebih produktif dan efisien, terutama dalam sisi business process. Teknologi bukan hanya mempermudah komunikasi dalam suatu perusahaan, tapi juga dapat mempermudah proses operasional dari suatu perusahaan. Dengan teknologi dan berbagai perangkat lunak yang sekarang ini sudah banyak tersedia di pasaran, akan banyak membantu proses operasional dalam suatu usaha. Contoh yang paling dasarnya adalah keberadaan Email, Microsoft Office, payroll system, sistem akuntansi, dan lainnya yang mempermudah proses operasional suatu usaha.

3. Menjadi perusahaan Mainstream

Mungkin kita bertanya, mainstream (atau mengikuti arus seperti yang lain) itu bukan sebuah hal yang baik apabila sebuah perusahaan ingin bersaing dengan perusahaan lain yang ada di dalam industri yang sama, mungkin benar, tapi bukan itu yang sebenarnya dimaksud disini. Mainstream disini berarti menjadi sebuah perusahaan yang kehadirannya di dunia online itu sangat kuat, bahkan menjadi buah bibir berbagai pengguna media sosial. Mengapa kita perlu memperkuat posisi kita di dunia digital atau online, karena di era modern seperti sekarang ini, berkomunikasi secara online sudah menjadi makanan sehari-hari bahkan beberapa orang ada yang membuka facebook terlebih dahulu ketika mereka bangun tidur! Menarik bukan? Untuk itulah menjadi perusahaan yang mainstream, mudah ditemukan dan mudah dihubungi melalui online menjadi hal yang penting bagi suatu perusahaan. Pada akhirnya akan ada konsep yang dinamakan dengan co-creation yang terjadi melalui online, sesuatu yang terlahir dari adanya komunikasi antara pihak perusahaan dengan pengguna produk dan jasa mereka yang ada di dunia online. Dengan ini akan membantu perusahaan untuk dapat terus melakukan peningkatan atas produk dan jasa yang ditawarkan dengan mendengarkan keluhan, masukan, bahkan pembicaraan yang terjadi antara pengguna sosial media yang melibatkan produk mereka.

4. Big Data Management

Terlihat tidak asing namun sebenarnya asing. Big data management adalah sebuah konsep yang terlahir baru-baru ini, dimana data atau informasi dapat diperoleh dengan mudah dan dalam jumlah dan ukuran yang luar biasa besar. Dengan adanya kemajuan teknologi, saat ini hal itu tidak lagi menjadi masalah karena perusahaan dapat menggunakan teknologi untuk me-manage dan mengatur informasi mana saja yang diperlukan dan penting bagi perusahaan dan informasi mana yang tidak relevan dengan perusahaan. Anggap saja seperti ini, ketika kita memiliki sebuah toko, dulu, setiap hari kita harus melakukan pemeriksaan jumlah inventori supaya kita tau produk mana saja yang terjual pada hari ini dan berapa sisa yang ada di inventori, apakah ada perbedaan atau tidak, dan sebagainya, tentunya sesuatu yang memakan banyak waktu dan cukup besar terjadi human error; nah dengan teknologi yang sudah tersedia sekarang ini, hal-hal seperti itu dapat dengan mudah dilakukan secara otomatis bahkan di simpan secara online melalui cloud solutions. Big data management ini sangatlah penting karena dengan mengerti big data, perusahaan dapat menyiapkan strategi tepat dan menyiapkan langkah yang tepat supaya dapat bersaing dengan lebih baik di pangsa pasar

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM LAPOR SPT PAJAK !!

Rika Angraini

Tips Mudah dan Efektif Memulai Usaha

Agus Fadhil

7 Tren Kuliner 2019 untuk Mendulang Untung Super Besar

Rika Angraini