Uncategorized

Pengelolaan Segala Transaksi Bisnis dalam satu Aplikasi

Pengelolaan segala transaksi bisnis dalam satu aplikasi

Pengelolaan segala transaksi bisnis dalam satu aplikasi, Seberapa Penting Akuntansi Dalam Pengelolaan Transaksi Bisnis?

Transaksi bisnis adalah aktivitas atau peristiwa yang dapat diukur dalam bentuk moneter dan yang mempengaruhi posisi keuangan atau operasi entitas bisnis. Transaksi bisnis berpengaruh pada elemen akuntansi manapun baik aset, kewajiban, modal, pendapatan, dan biaya. Sistem akuntansi harus mencatat semua transaksi  untuk memastikan informasi yang lengkap dan dapat diandalkan ketika laporan keuangan disusun.

Transaksi dapat diklasifikasikan sebagai pertukaran dan non-pertukaran. Pengertian Transaksi pertukaran melibatkan pertukaran fisik seperti pembelian, penjualan, pengumpulan piutang, dan pembayaran akun. Transaksi non-pertukaran adalah peristiwa yang tidak melibatkan pertukaran fisik, tetapi terjadi ketika adanya perubahan dalam nilai moneter yang dapat ditentukan contohnya; denda, donasi, atau hibah

Accurate Online Membantu Anda Dalam Mengelola Transaksi

Banyaknya aktifitas transaksi dalam kelangsungan bisnis membuat banyak waktu terbuang dengan kegiatan akuntansi. Mulai dari mencatat transaksi penjualan, pembelian, return barang, dan lain lain. Belum lagi kemajuan sistem penjualan online yang memaksa Anda untuk beradaptasi dengan cara baru dalam memasarkan barang-barang Anda di berbagai marketplace. Accurate Online mengerti akan kebutuhan Anda. Hanya dengan satu aplikasi Anda bisa melakukan berbagai pencatatan transaksi bisnis dimana saja dan kapan saja dengan cara-cara mudah seperti dibawah ini:

penjualan pada transaksi bisnis

Berbagai Fitur Yang Saling Terintegrasi Memudahkan Aktifitas Penjualan Anda

Penawaran Penjualan

Fitur dalam Accurate Online ini cocok bagi Anda pemilik bisnis dengan interval pembuatan produk baru yang cepat atau Anda yang senang dalam berimprovisasi dengan ragam produk yang Anda buat. Penawaran Penjualan pada Accurate Online adalah fitur di Accurate Online yang juga bisa berfungsi sebagai dokumen resmi untuk menawarkan barang dan jasa yang dimiliki perusahaan kepada calon pelanggan ataupun pelanggan lama Anda. Berikut adalah cara penggunaan fitur ini :

1. Klik menu Penjualan lalu pilih opsi Penawaran Penjualan 

penawaran penjualan pada transaksi bisnis

2. Isi Nama Pelanggan, Tanggal dan informasi yang dibutuhkan dan tentukan barang dan jasa yang akan Anda tawarkan dengan mengisi pada bagian Cari/Pilih Barang & Jasa.

penawaran penjualan pada transaksi bisnis 1

3. Lengkapi detail informasi barang & jasa yang dipilih, lalu klik Lanjut.

penawaran penjualan pada transaksi bisnis 2

4. Lakukan hal yang sama  pada poin 2 dan 3 jika ada tambahan barang lainnya dalam penawaran penjualan. Jika sudah selesai klik simpan.

penawaran penjualan pada transaksi bisnis 3

5. Jika Anda ingin mengirimkan penawaran penjualan tersebut langsung melalui email, Anda bisa memilih tombol cetak. Lalu akan ada pilihan untuk cetak atau email, silahkan pilih Email.

penawaran penjualan pada transaksi bisnis 4

6. Selanjutnya Anda hanya perlu mengirim email penawaran penjualan ke pada pelanggan Anda dengan template email otomatis yang bisa Anda buat sendiri.

penawaran penjualan pada transaksi bisnis 5

Target Penjualan

Dalam bisnis, penetapan target adalah hal yang sangat membantu dalam perkembangan bisnis itu sendiri. Namun menetapkan target tidaklah mudah, ada beberapa indikator yang harus Anda pahami. Sekarang Anda tidak usah bingung untuk menetepakan target untuk usaha Anda. Dengan fitur Target Penjualan dari Accurate Onlin, Anda dapat menentukan target penjualan dari produk yang dijual. Target penjualan bisa dibuat berdasarkan kuantitas, kategori barang, penjual (salesman) atau periode. Target penjualan juga bisa ditentukan untuk semua cabang atau hanya cabang tertentu. Berikut cara menggunakan fitur Target Penjualan.

1. Klik menu Penjualan pilih opsi Target Penjualan.

target penjualan dalam transaksi bisnis 1

2. Lengkapi kolom-kolom pada formulir target penjualan mulai dari Nama Target, Tipe Target, Tanggal dan Nama Barang yang akan dimasukan dalam target penjualan.

target penjualan dalam transaksi bisnis 2

3. Tentukan kuantitas dan nilai dari barang yang akan ditargetkan penjualannya dan klik lanjut

target penjualan dalam transaksi bisnis 3

4. Jika telah selesai, klik Simpan.

target penjualan dalam transaksi bisnis 4

SmartLink e-Commerce

Cocok untuk Anda pelaku usaha ritel yang juga melakukan penjualan di toko online. SmartLink e-Commerce adalah salah satu fitur kekinian yang dapat memantau transaksi penjualan dari aplikasi toko online (shopee, tokopedia, dan bukalapak). Fitur ini mengimport transaksi penjualan dari apikasi secara semi otomatis. Transaksi yang bisa diimport adalah yang status “selesai”. SmartLink e-Commerce ini juga sangat berguna bagi Anda penjual Online untuk meminimalisir penolakan pesanan pada akun toko online Anda akibat laporan stok yang tidak up to date. Anda bisa menggunakan SmartLink e-Commerce dengan cara dibawah ini

1.  Ke menu penjualan lalu pilih opsi Smartlink e-Commerce

smartlink dalam transaksi bisnis 1

2. Pilih marketplace tempat Anda berjualan, jika Anda memiliki akun diseluruh plilihan marketplace tersebut maka login satu persatu.

smartlink dalam transaksi bisnis 2

3. Selanjutnya masukkan email dan password yang sama dengan login ke akun marketplace baik shopee, tokopedia, atau bukalapak. Setelah itu akan  Muncul kolom One Time Password (OTP), kode OTP ini akan dikirimkan ke no hp yang terdaftar di marketplace (shopee, tokopedia atau bukalapak).

transaksi bisnis

4. Setelah berhasil login, klik tab umum dan isikan nama pelanggan sampai dengan gudang penjualan.

smartlink dalam transaksi bisnis 5

5. Selanjutnya klik tab relasi barang lalu klik kolom barang accurate dan mapping sesuai dengan kolom barang ecommerce.  Jika sudah selesai, klik simpan.

smartlink dalam transaksi bisnis 6

Untuk Penggunaan Fitur Penjualan lainnya pada Accurate online Anda bisa mempelajarinya disini

pembelian pada transaksi bisnis

Membantu Pencatatan Aktifitas Pembelian dan Pasokan Suplai Bisnis Anda

Retur Pembelian

Dalam kegiatan bisnis terutama perusahaan dagang pasti pernah melakukan retur atau pengembalian barang kepada pihak pemasok. Hal ini dapat disebabkan oleh tidak sesuainya spesifikasi barang ataupun barang rusak. Dalam aplikasi akutansi Accurate terdapat fitur retur pembelian. Fitur ini berfungsi untuk mencatat pengembalian barang kepada pemasok atas barang yang sudah Anda beli. Untuk menggunakan fitur ini Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini

1. Klik menu Pembelian lalu pilih opsi Retur Pembelian

retur pembelian dalam transaksi bisnis 1

2. Lengkapi informasi Pemasok, Tanggal, Retur Dari dan pada bagian Cari/Pilih Faktur, isi dengan nomor faktur yang akan diretur.

retur pembelian dalam transaksi bisnis 2

3. Setelah memilih nomor faktur, klik Ambil lalu tentukan barang yang akan diretur lalu klik Lanjut

retur pembelian dalam transaksi bisnis 3

4. Selanjutnya klik pada baris barang yang sudah ada pada formulir Retur Pembelian, lalu edit pada bagian Kuantitas, lalu klik Lanjut (Jika ingin meretur keseluruhan barang, lewati tahap ini)

retur pembelian dalam transaksi bisnis 4

5. Jika telah selesai klik Simpan.

retur pembelian dalam transaksi bisnis 5

Klaim Pemasok

Pernah melakukan penggantian kerusakan barang yang sudah dibeli pelanggan Anda? Selama hal tersebut masih dalam masa garansi tentu tidak akan menjadi masalah. Lalu bagaimana Anda akan mengklaim penggantian barang yang rusak ke pemasok utama? Disinilah Accurate Online sebagai aplikasi akuntansi online membantu Anda.

Klaim pemasok merupakan fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk melakukan penginputan penukaran barang ke pemasok yang masih dalam masa garansi. Terdapat dua proses pada formulir Klaim Pemasok  yaitu ada proses kirim barang untuk klaim ke pemasok dan terima barang pengganti dari pemasok. Anda bisa menggunakan fitur tersebut dengan mengikuti cara di bawah ini :

1. Sebelum melakukan penginputan, aktifkan fitur Klaim Pemasok dari menu Pengaturan lalu pilih Preferensi, klik opsi Fitur Dasar dan centang informasi ‘Klaim Pemasok’ pada bagian Pembelian.

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 1

2. Untuk mengisikan akun penampung untuk selisih nilai persediaan yang dikirim dan diterima dari transaksi klaim pemasok ini yaitu pada menu Preferensi pilih opsi Akun Perkiraan.

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 2

3. Setelah lakukan penginputan klaim pemasok yaitu dari menu Pembelian pilih opsi Klaim Pemasok.

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 3

4. Pada formulir Klaim Pemasok pilih nama Pemasok yang dimaksud dan tipe klaim akan otomatis terpilih dengan tipe ‘Kirim Barang’

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 4

5. Pilih barang yang ditukar ke pemasok dan isikan jumlah kuantitas serta nama gudang pengambilan barang tersebut. Klik ‘Lanjut’ dan simpan transaksi

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 6

6. Untuk penerimaan barang yang sudah di klaim Anda bisa memilih opsi ‘Terima barang’

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 6

7. Pilih nomor klaim yang dimaksud dan pilih barang yang telah diterima, setelah itu klik ‘Lanjut’.

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 7

8. Jumlah Kuantitas & Nama gudang otomatis akan sama dengan transaksi klaim pengiriman barang yang telah diinput. Untuk mengubahnya, klik  pada nama barang yang dimaksud dan ubah informasi yang sesuai. Lalu klik ‘Simpan’

klaim pemasuk dalam transaki bisnis 8

Membuat Kategori Pemasok

Kategori pemasok merupakan fitur di Accurate Online yang memudahkan Anda untuk mengatur pengelompokan pemasok menjadi Kategori dan Sub Kategori tertentu. Contohnya jika Anda memiliki pemasok kategori Lokal, lalu memiliki subkategori Jawa, Bali, Sumatera dst.

Tujuan Kategori Pemasok adalah memudahkan Anda ketika ingin menerapkan suatu kebijakan atau keputusan. Contoh Anda ingin membuat kebijakan pembelian terhadap pemasok yang lokasinya dekat dengan gudang perusahaan, maka Anda dapat dengan mudah mendapatkan data dan informasinya dengan cara melihat laporan daftar pemasok yang difilter menggunakan Kategori Pemasok.

1. Klik menu Pembelian pilih opsi Kategori Pemasok.

Kategori pemasok pada kemudahan transaksi bisnis 1

2. Pertama buatlah Induk Untuk Subkategori Pemasok yang akan Anda buat, misalnya Jakarta, Klik Simpan

Kategori pemasok pada kemudahan transaksi bisnis 2

3. Lalu buat subkategori, dengan nama Jakarta Barat, lalu centang pada bagian Sub Kategori, kemudian pada field di sampingnya pilih Jakarta sebagai Induk Kategori. Klik Simpan.  Lakukan langkah yang sama untuk subkategori yang lain, misanya jakarta timur, jakarta pusat, dan lain-lain.

Kategori pemasok pada kemudahan transaksi bisnis 3

4. Untuk melihat hasil dari Kategori dan Subkategori tadi seperti klik ikon bar hijau dipojok atas dan otomatis akan ada daftar kategori yang sudah dibuat. Seperti pada gambar di bawah ini.

Kategori pemasok pada kemudahan transaksi bisnis 3

Masih sangat banyak fitur lain dalam Accurate Online yang bisa membantu aktifitas pencatatan pembelian untuk bisnis Anda. 

Tumbuhnya Suatu Bisnis Tergantung Dari Cara Pemilik Mengelola Pencatatan Transaksi yang Benar

Banyak kasus dimana mereka yang gagal membangun bisnis dikarenakan pencatatan transaksi dan keuangan yang salah. Semua bisnis memiliki rencana untuk tumbuh besar, dan tentunya saat bisnis tumbuh semakin besar maka perputaran transaksi akan semakin kompleks. Hal ini akan sulit jika entitas bisnis tersebut menggunakan pencatatan transaksi manual. Bisnis yang baik adalah bisnis yang merencanakan setiap detail perubahan pada setiap lini usaha, termasuk pencatatan transaksi bisnis dan kegiatan akuntansi.

Accurate Online hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Sebagai aplikasi akuntansi online yang sudah banyak digunakan mulai dari UKM sampai perusahaan multinasional, Accurate Online ingin menghadirkan fitur untuk mempermudah proses pencatatan transaksi dengan mudah, cepat dan tepat. Jadikan Bisnis Anda menjadi bisnis yang baik dengan Accurate Online

BACA JUGA : 

Pengelolaan transaksi bisnis , Pengelolaan transaksi bisnis, Pengelolaan stransaksi bisnis, Pengelolaan transaksi bisnis

  1. Harga Accurate 5
  2. Harga Accurate Online 
  3. Minta Penawaran Accurate

#SoftwarAccurate #AccurateOnline #AccurateAccountingSoftware #ProgramAccurate #AplikasiAccurate #BeliAccurate #HargaAccurate #Accuratecloud #AccurateOnline #FiturAccurate #SoftwareAkuntansiTerbaik

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Berikut 7 Tips Jitu Membangun Bisnis Party Planner Yang Sukses

Rika Angraini

Kiat Mengelola Bisnis dari Rumah Saat Work From Home

Agus Fadhil

Pajak E-commerce

Agus Fadhil