Uncategorized

Pengertian dan Cara Daftar Google Bisnisku Serta Manfaatnya Bagi Bisnis UKM

google bisnisku

Google Bisnisku, menurut wikipedia adalah layanan berbasis Internet untuk para pemilik usaha. Google My Business diluncurkan pada bulan Juni 2014 dan dijalankan oleh Google. Sebagai cara untuk membantu para pemilik bisnis agar mampu mengendalikan apa yang ditampilkan dalam hasil penelusuran ketika seseorang mencari suatu nama perusahaan di Google.

Google Bisnisku memungkinkan para pemilik bisnis untuk memposting pembaruan, baik berupa pengumuman ataupun penjualan. Sampai saat ini ada empat jenis postingan yaitu Kabar Berita Terbaru, Acara, Produk, dan Penawaran.

Baca Juga : Tips Pemasaran Online Yang Terbukti Ampuh dan Wajib Anda Coba

Pada setiap jenis posting, pengguna dapat menambahkan deskripsi, foto, dan tautan. Mereka juga dapat menambahkan tombol Call-To-Action opsional ke posting. Opsi tombol Ajakan Bertindak adalah Buku, Beli, Pesan Online, Pelajari Lebih Lanjut, dan Daftar.

Postingan biasanya dapat ditampilkan pada hasil penelusuran Google. Tapi postingan akan kedaluwarsa setelah tujuh hari dan tidak lagi muncul pada hasil pencarian pada saat itu.

Melalui tur “Google Bisnisku”, Google menyajikan layanan situs web gratis yang pertama kali diluncurkan di Indonesia. Fitur ini memungkinkan para pelaku bisnis dalam waktu sepuluh menit, akan dapat memiliki website bisnis secara gratis.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Yang Bikin Produk Kamu Laris Manis Bagi Anda Pebisnis Online

Data yang kami catat yang bersumber dari Google menunjukkan bahawa lebih dari 55 juta UKM memiliki kontribusi terhadap 60% GDP yang berarti angka tersebut nyaris menyentuh 97% dari lapangan kerja di Indonesia. Tidak hanya itu, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami pun memaparkan bahwa 30% pencarian di Google saat ini sangat berkaitan dengan bidang entrepreneurship.

Google pun sangat menyadari bahwa hal ini sangat berpotensi untuk semakin mengembangkan sektor ekonomi Indonesia. Ia berpendapat, Pelaku UKM yang telah terdaftar pada Google Bisnisku dapat memilih option Create-Edit-Publish untuk memperoleh website dengan tampilan yang diinginkan.

Google menyadari, hal ini sangat berpotensi pada sektor perekonomian Indonesia.“Pelaku UKM yang telah terdaftar pada Google Bisnisku dapat memilih option Create-Edit-Publish untuk memperoleh website dengan tampilan yang diinginkan, ” tambah Veronica. Fitur yang menyajikan situs gratis ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai bisnis pelaku UKM, yang meliputi informasi lokasi took, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter. 

Baca Juga : Berikut Ide Bisnis Dengan Modal Usaha Kecil 10 Juta Yang Bisa Dimulai Dirumah

Mesin pencari Google masih menjadi pilihan utama banyak konsumen dalam mencari informasi mengenai sebuah produk dan jasa. Maka dari itu, kunci sukses dalam memenangkan persaingan bisnis pada era digital ialah memudahkan konsumen untuk menemukan barang dan jasa yang Anda tawarkan secara online.

Hal ini terbukti jelas pada sebuah riset yang dilakukan oleh Google, yang menunjukkan bahwa  40 persen konsumen yang mencari informasi tentang bisnis itu dengan mengunjungi website. Namun sayangnya, dari 55 juta pelaku UKM di Indonesia, hanya sekitar 16 persen yang telah memiliki website. Keengganan pelaku UKM membuat website beranekaragam, salah satunya mereka berasumsi bahwa membuat website memakan biaya yang mahal, waktu yang lama, dan level kerumitan yang tinggi.

Cara Daftar Google My Business

Untuk bisa mendaftarkan perusahaan Anda di dalam Google Bisnisku, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Masuk ke dalam https://www.google.co.id/intl/id/business/

  2. Klik “Mulai Sekarang/Start Now” lalu masuk ke halaman login akun Gmail Anda

  3. Anda harus mengisi form berisi data bisnis yang nantinya muncul di dalam Google Bisnisku

  4. Jika sudah, lanjut mengisi alamat perusahaan Anda

  5. Anda harus mengisi kategori bisnis/usaha Anda

  6. Tahap selanjutnya masukkan kontak yang bisa dihubungi (nmor telepon hingga website)

  7. Jika sudah semuanya, Anda tinggal klik “Selesai/Done”

  8. Langkah terakhir adalah Anda diminta untuk verifikasi via e-mail yang sudah dikirimkan ke akun Gmail Anda

  9. Google bisa memberikan konfirmasi dalam bentuk kartu pos agar bisa lebih meyakinkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cukup banyak manfaat yang bisa terlihat dari pengertiannya itu sendiri. Namun selain itu, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa berguna bagi bisnis Anda.

Baca Juga : Laporan Keuangan Apa Saja Yang Wajib Disiapkan Pengusaha Menjelang Akhir Tahun

Dimulai dari:

  • Mudah Untuk Ditemukan

Google Bisnisku bisa membuat perusahaan Anda jauh lebih mudah ditemukan. Dengan memasukkan nama perusahaan di Google Search Engine, maka informasi terkait perusahaan Anda bisa langsung muncul. Jadi, kemudahan yang ditawarkan bisa mendatangkan konsumen baru untuk perusahaan Anda.

  • Menjadi Pusat Informasi

Selain bisa mudah untuk ditemukan, keberadaan informasi yang ada di dalamnya bisa menjadi pusat informasi terkait bisnis Anda. Apalagi dari sekian banyak informasi yang ada, semuanya itu terhitung penting. dari nama perusahaan, alamat perusahaan, kontak perusahaan, alamat e-mail, website, jam operasional, foto yang terkait perusahaan, dan review dari konsumen yang telah menggunakan jasa/produk perusahaan Anda. Tidak ada yang tidak penting.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Jika perusahaan Anda mudah ditemukan di dalam Google Search Engine karena sudah masuk Google Bisnisku, maka membuat konsumen menjadi lebih percaya. Apalagi dengan segala bentuk informasi yang ada membuat kenyamanan berbelanja menjadi lebih terjamin. Sumber : https://toffeedev.com/

Itulah pengertian, manfaat, dan cara daftar Google My Business. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda.

Saat ini, ketika sedang berkembangnya teknologi informasi, memanfaatkan website dan sosial media untuk melakukan promosi adalah suatu hal yang sangat tepat. Melakukan promosi melalui website dan sosial media juga bisa membuat jangkauan pasar menjadi lebih luas, telebih jika Anda memiliki toko online atau menjual produk secara daring.

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Namun terkadang hal yang menyulitkan dalam melakukan penjualan online adalah melakukan proses pembukuan dan juga pemantauan stok secara berkala, apalagi jika Anda menjual produk Anda di banyak toko online, tentunya hal ini memakan banyak waktu dan tenaga.

google bisnis

Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembukuan, manajemen stok dan integrasi dengan banyak e-commerce di Indonesia salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah cloud accounting software buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Baca Juga : Hanya Berlangganan Accurate Online Disini Langsung Diskon 600 Ribu!

Tertarik membuat kemudahan dalam pengelolaan pembukuan bisnis online Anda? Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: 

coba gratis 30 hari accurate online

Baca Juga : Accurate V5 Desktop Promo 11.11 : Diskon Hingga 7 Juta Rupiah

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Berikut 5 Tips Menghadapi Komentar Negatif di Media Sosial, Dijamin No Baper !!

Rika Angraini

Pencatatan Aset Tetap Melalui Faktur Pembelian di Accurate Online

Rika Angraini

Mengetahui Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan ( PSAK) di Indonesia

Ade Muthia