keuangan

Perbedaan Laba dan Pendapatan, Bagaimana Meningkatkannya?

Perbedaan laba dan pendapatan

Laba dan pendapatan menjadi istilah yang akan selalu muncul dalam laporan keuangan. Laba dan pendapatan digunakan secara bergantian dalam akuntansi. Meskipun sering disebutkan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Jangan menganggap keduanya adalah sesuatu yang sama.

Keduanya merupakan kunci dalam akuntansi , sehingga perlu dimengerti oleh para pemangku kepentingan dalam menganalisis kedua istilah tersebut. Kali ini, perlu mencoba fokus kenapa keduanya istilah laba dan pendapatan menjadi sesuatu hal yang cukup penting. Serta apa saja perbedaannya.

Apa itu Laba?

Laba merupakan uang yang diterima oleh bisnis atau perusahaan setelah dikurangi oleh seluruh pendapatan. Laba akan muncul, ketika Perusahaan telah menyelesaikan seluruh kewajiban hutang atau tagihan Perusahaan maupun gaji karyawan.

Dalam Bahasa awam laba dikenal dengan istilah keuntungan. Keberadaan laba menjadi indikator kesehatan keuangan perusahaan. Sebagian besar kinerja bisnis akan dilihat dari profitabilitas setelah semua biaya di bayarkan.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, Faktor, Rumus dan Cara Menghitung Laba Kotor

Apa itu Pendapatan ?

Pendapatan merupakan seluruh uang yang diperoleh dari aktivitas operasional perusahan.  Seluruh uang yang masuk dari aktivitas jual beli merupakan pendapatan bagi perusahaan. Pendapatan juga bisa diperoleh dari hasil bunga, pendapatan sewa, dan lain sebagainya.

Pendapatan cukup penting untuk mengukur kesehatan dan kinerja Perusahaan. Selain itu, pendapatan menjadi indikator perusahaan dalam pendanaan seluruh biaya operasional. Semakin tinggi hasil pendapatan, menjadi bukti bahwa perusahaan berhasil dalam memberikan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Penghitungan pendapatan pun perlu dilakukan dengan benar oleh para pengusaha. Penghitungan pendapatan yang efektif dan efisien sebaiknya dilakukan dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Anda bisa mendapatkan Accurate Online di Pusat Penjualan Resmi Accurate Online Abcpoins.com. Jika Anda membutuhkan layanan terbaik, Anda bisa berkunjung ke Store Experience Accurate terletak di Poins Square Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Perbedaan Laba dan Pendapatan

Setelah membaca perbedaan diatas, Anda bisa mencoba untuk mengenali perbedaan dari laba dan pendapatan.

Pendapatan merupakan seluruh uang yang diterima oleh perusahaan sebelum dikurangi dengan berbagai biaya atau pengeluaran yang perlu dilakukan perusahaan. Laba sendiri merupakan uang yang sudah diterima oleh Perusahaan setelah menyelesaikan berbagai biaya dan kewajiban.

Kedua istilah ini keduanya sangat berbeda. Sehingga perlu dipahami dengan baik oleh setiap Pengusaha. Pastikan Anda bisa membedakannya. Masih banyak pengusaha yang menganggap pendapatan adalah laba, Padahal kedua istilah tersebut berbeda.

Baca Juga: Pengertian Pendapatan Dan Jenis-Jenis Pendapatan Dalam Akuntansi

Bagaimana meningkatkan laba dan pendapatan perusahaan

Meningkatkan laba dan pendapatan menjadi tujuan utama bagi setiap perusahaan. Abcpoins akan meringkasnya untuk Anda bagaimana Anda bisa fokus untuk meningkatkan kedua hal tersebut yang akan meningkatkan profitabilitas perusahaan ke depannya.

Meningkatkan Pendapatan

Membangun Basis Pelanggan

Langkah pertama yang bisa ANda lakukan untuk meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan basis pelanggan. Tentu cara ini memerlukan berbagai strategi dari pemasaran, periklanan, dan promosi yang tepat yang menyasar target konsumen yang tepat.

Meningkatkan Retensi Pelanggan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan meningkatkan transaksi dari Pelanggan lama agar mereka mau melakukan transaksi kembali dengan perusahaan kita. Ada beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan, seperti membangun program loyalty pelanggan, memberikan pelayanan excellent, hingga membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Memperluas Saluran Penjualan dan Distribusi

Cara terakhir yang bisa dijalankan untuk meningkatkan pendapatan dengan memperluas saluran penjualan dan distribusi. Tentu dengan cara ini produk atau layanan Anda bisa lebih dekat dengan pelanggan.

Meningkatkan Laba

Setelah mengetahui langkah-langkah meningkatkan pendapatan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan laba. Ada beberapa fokus strategi yang perlu Anda jalankan:

Pengendalian Biaya

Pengendalian biaya menjadi salah satu cara yang cukup penting dalam meningkatkan laba perusahaan. Anda bersama Tim finance perlu melakukan identifikasi mengenai biaya-biaya yang bisa dilakukan penghematan, dan juga optimalkan operasional bisnis.

Optimalisasi Harga

Anda juga perlu melakukan analisis harga dalam memastikan profibilitas dengan memperhatikan berbagai biaya, elastisitas permintaan, dan posisi kompetitif.

Pemasaran dan Penjualan Efektif

Lakukan identifikasi segmen pelanggan yang tepat untuk meraih margin yang tinggi serta memfokuskan upaya pemasaran pada area tersebut untuk meningkatkan tingkat konversi.

Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Pelanggan tidak hanya mencari produk atau layanan yang murah. Tetapi bagaimana produk dan layanan tersebut benar-benar bisa menjadi solusi bagi mereka. Sehingga akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk dan brand Anda.

Meningkatkan laba dan pendapatan bukanlah tugas satu tim atau divisi, tetapi bagaimana seluruh divisi bisa bersinergi bersama untuk mendapatkan hasil terbaik untuk Perusahaan ke depannya. Pastikan bahwa tim Anda bisa saling bersinergi dalam memaksimalkan pendapatan dan laba perusahaan.

Referensi:

https://www.investopedia.com/ask/answers/122414/net-income-same-profit.asp

https://www.venasolutions.com/blog/revenue-vs-profit

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Digital Payment di Indonesia: Masa Depan Transaksi Tanpa Tunai

Ade Muthia

Mengelola Kas Kecil dalam Bisnis: Strategi Praktis untuk Mengoptimalkan Keuangan Perusahaan

Ade Muthia

Mengungkap Setara Kas: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Ade Muthia