Manajemen

Perlunya Software Supply Chain untuk Bisnis

Software Supply Chain

Supply Chain Management merupakan aktivitas integrasi antar divisi dalam suatu perusahaan. Koordinasi ini dilakukan agar setiap proses bisnis bisa dengan mudah di integrasikan dan dipantau oleh setiap divisi dengan mudah. Salah satu cara untuk memantau proses Supply Chain Management dengan menggunakan software Supply Chain Management.

Saat ini hampir setiap perusahaan untuk kemudahan dalam berkoordinasi antar satu divisi dengan divisi lain, dengan menggunakan perangkat lunak. Banyak jenis perangkat lunak yang bisa digunakan oleh para pengusaha untuk memudahkan dan efisiensi pekerjaan karyawan. Sehingga karyawan bisa melakukan aktivitas dengan lebih cepat.

Begitupun pada proses rantai pasok atau supply chain, setiap perusahaan sangat perlu menggunakan perangkat lunak yang bisa membantu efisiensi dan efektifitas dalam  bekerja.

Mengenal Software Supply Chain Management

Supply Chain Management software adalah perangkat lunak yang dapat membantu bisnis untuk perencanaan, pelaksanaan, dan pelacakan rantai pasok barang dari sebelum produksi, produksi, pasca produksi, distribusi, hingga menjual produk sampai ke tangan konsumen.

Software supply chain akan sangat berguna bagi perusahaan yang memiliki skema supply chain cukup kompleks. Penggunaan software dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan proses inventaris, optimalkan distribusi, dan meningkatkan komunikasi antar divisi.

Saat ini ada banyak pilihan software rantai pasok yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum memilihnya Anda juga perlu tahu spesifikasi sesuai kebutuhan industri atau perusahaan Anda.

Baca Juga: Modul Manufaktur Accurate Online

Fitur Penting Software Supply Chain Management

Manajemen Inventaris

Supply chain sangat bergantung dengan Manajemen inventaris, sehingga perusahaan memiliki catatan mengenai persediaan yang detail dan tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga jika ada kekurangan stok, perusahaan bisa segera melakukan penambahan stok, baik dengan melakukan produksi kembali barang-barang yang kosong atau dengan melakukan pembelian ke produsen untuk perusahaan distributor.

Pada software supply chain, fitur ini bisa membantu Anda dalam menganalisis inventaris stok secara real time, sehingga bisa memantau kelebihan atau saat kekurangan stok.

Manajemen Pemasok

Software rantai pasok terbaik harus memiliki fitur daftar pemasok. Daftar ini merupakan berbagai list pemasok secara lengkap yang dimiliki oleh Perusahaan. Umumnya, saat pertama kali instalasi, perusahaan akan diminta untuk mencatat daftar pemasok hingga upload data pemasok jika memang sebelumnya perusahaan telah memilikinya.

Dengan adanya list ini, akan lebih mudah dalam proses kolaborasi antar tim. Ketika ada item produksi yang kurang, maka tim bisa segera menghubungi pemasok untuk bisa mengirimkan bahan-bahan produksi yang perlu di kirim.

Perkiraan Permintaan

Perkiraan permintaan merupakan bagian penting dalam supply chain management. Perusahaan bisa memperkirakan permintaan mereka, sehingga dapat membantu dalam merencanakan produksi ke depan serta proses inventaris yang lebih efektif.

Manajemen Gudang

Manajemen gudang selalu berkaitan dengan proses supply chain. Produk yang selesai dari proses produksi akan segera masuk dalam gudang sebelum didistribusikan kepada distributor, supplier, maupun agen. Pada bisnis yang kompleks, gudang menjadi satu hal yang cukup krusial.

Supply chain membantu para pebisnis bisa mengelola gudang dengan lebih efektif. Fitur ini juga perlu ada dalam software rantai pasok. Sehingga memiliki proses yang cukup baik kapan barang masuk dan keluar dapat terus terpantau.

Manajemen Transportasi

Pada proses supply chain, Anda juga perlu memperhatikan manajemen transportasi. Proses ini dilakukan agar tim supply chain dapat melakukan optimalisasi rute dan jadwal transportasi, sehingga dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efektifitas waktu pengiriman.

Manfaat Software Supply Chain

Keberadaan software dalam bisnis bisa menjadi satu satu bagian penting bisnis untuk meningkatkan efektivitas proses supply chain dengan lebih baik. Berikut manfaat keberadaan software supply chain pada bisnis.

Efisiensi Procurement

Procurement adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam proses supply chain. Setiap bisnis perlu melakukan pengadaan barang untuk aktivitas bisnis. Software supply chain akan membantu bisnis menghindari alur kerja yang lambat, biaya operasional yang mahal, lamanya waktu, hingga pengadaan yang tidak transparan.

Kemudahan Pengelolaan Inventaris

Manfaat selanjutnya dari kehadiran software supply chain adalah kemudahan dalam melakukan inventaris untuk seluruh produk, bahan baku, hingga proses gudang dengan lebih baik. Umumnya perangkat lunak rantai pasok memiliki fitur manajemen gudang yang dapat terintegrasi dengan bagian produksi, pengiriman, hingga keuangan.

Dengan pengelolaan inventaris yang baik, bisnis bisa memantau ketersediaan stok, kelebihan stok, produk yang segera expired, hingga membuat nomor seri atau batch produksi dengan efektif.

Logistik

Proses logistik pun menjadi bagian yang tidak terlepaskan dalam proses supply chain. Dengan hadirnya software supply chain, Anda bisa menganalisis rute,  jadwal transportasi, dan persediaan dalam melakukan optimalisasi proses pengiriman dan pengangkutan. Sehingga bisa memangkas biaya operasional dan waktu pengiriman.

Baca Juga: Supply Chain Perusahaan Jasa: Penerapan & Tantangan

Resource Planning

Hadirnya software rantai pasok dapat membantu proses perencanaan sumber daya (resource planning) bagi perusahaan, termasuk proses integrasi data berbagai departemen dan rantai pasok. Sehingga dapat memprediksi kebutuhan dan permintaan divisi pengadaan, produksi, hingga memenuhi kebutuhan pelanggan. Sehingga dapat memantau sumber daya lebih terarah.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan software supply chain yang bisa digunakan oleh setiap bisnis, dari tipe enterprise hingga software yang khusus hanya untuk aktivitas rantai pasok saja. Anda bisa menemukan berbagai jenis perangkat lunak supply chain yang bisa diperuntukan untuk berbagai jenis industri. Hadirnya software bisa menunjang dalam aktivitas bisnis yang lebih efektif dan efisien.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online add on Manufaktur untuk mengelola supply chain pada bisnis Anda.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Manajemen Gudang : Optimalkan Efisiensi dan Produktivitas

admin

Supply Chain Perusahaan Jasa: Penerapan & Tantangan

admin

Apa Itu Bill of Lading (B/L) dalam Bisnis Ekspor-Impor Laut

Ade Muthia