Uncategorized

Tips memaksimalkan penyusunan laporan arus kas

Seperti yang sudah Anda ketahui arus kas ( Cash Flow ) yang berputar di dalam bisnis di perusahaan merupakan bentukan dari keuntungan atau laba dan juga jumlah tagihan yang sudah Anda bayarkan. Memaksimalkan arus kas pada usaha kecil menengah bisa membuat perusahaan atau bisnis Anda mendapatkan keuntungan lebih cepat, menyelesaikan proyek dalam waktu yang lebih singkat, dan mengurangi jumlah biaya operasional bisnis.

Nah, agar bisa mencapai hal tersebut, Anda harus menggunakan strategi tertentu untuk memaksimalkan penyusunan laporan arus kas perusahaan itu sendiri. Kira-kira apa saja langkahnya? Berikut ini tipsnya.

Menganalisis Indikator Bisnis Anda.

Ketika Anda ingin mendapatkan laporan arus kas perusahaan yang benar, pastikan Anda sudah menganalisis dengan benar apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. Mulai dari apa yang terjadi dalam bisnis Anda, apa saja yang di butuhkan oleh bisnis nda, dan juga lainnya. Informasi semacam ini bisa membantu Anda untuk mengukur apakah dan kapan Anda harus membuat pengeluaran uang tunai untuk diinvestasikan dalam pertumbuhan bisnis Anda atau untuk mendukung penjualan seperti memperkerjakan staf baru guna mendukung rencana bisnis di masa depan.

Susun Pengeluaran Anda ke dalam Anggaran.

Bagian dari menyusun laporan arus kas adalah untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang biaya yang diantisipasi dan kapan harus dibayarkan. Oleh karena itulah, anggaran Anda harus berisi biaya tetap dan juga variabel. Melalui penyusuan laporan keuangan Anda bisa melatih diri Anda untuk memahami kewajiban dan juga rencana pengeluaran yang lebih baik lagi.

Perhatikan Perkiraan atau Laporan Arus Kas Bisnis Anda.

Zaman sekarang memang segala bentuk pembayaran sudah dimudahkan dengan teknologi. Baik menggunakan spreadsheet atau  softwara akuntansi biasakan untuk selalu memperbarui laporan Anda secara teratur. Bandingkan laporan Anda dengan situasi arus kas sebenarnya. Melalui cara ini pula Anda bisa dengan cepat menemukan sebuah tren atau pola bisnis baru untuk mengurangi atau memperbaiki masalah yang ada.

Dengan bantuan software akuntansi, maka Anda bisa memantau segala bentuk pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan sebelum menjadi laporan arus kas. Untuk itu, sebagai pengusaha UKM wajib bagi Anda untuk membuat sebuah laporan arus kas yang akurat. Agar keakuratan laporan keuangan tersebut tepat, Anda harus menggunakan softwarea akutansi acurate Online ( AOL )

Perhatikan Ketentuan Pembayaran.

Telatnya pendapatan bisnis, bisa menjadi sebuah permasalahan yang berat bagi para penggerak bisnis kecil. Permasalahan satu ini juga yang menjadi permasalahan utama dalam laporan arus kas bisnis Anda. Pastikan Anda memperhatikan dengan bijak permasalahan semacam ini.

Gunakan kontrak atau perjanjian pembayaran untuk menghindari telatnya pemasukan. Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan metode pembayaran yang mudah agar para pelanggan bisa bertransaksi dengan nyaman. Jangan lupa untuk menyediakan transparansi pembayaran pada tiap prosesnya dan jangan segan untuk mengawasi pembayaran tersebut.

Jangan Mengabaikan PPN

PPN sering kali dihilangkan pada penjualan yang sudah tercatat dan juga tagihan yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, jangan sampai Anda mengabaikan pembayaran PPN Anda. Hal ini bisa menjadi sebuah masalah baru jika ternyata Anda sudah menumpuk tagihan PPN Anda. Jangan lupa pula untuk memasukan catatan penjualan PPN dan juga pembayaran PPN Anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk memaksimalkan penyusunan laporan arus kas yang bisa Anda lakukan.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

4 Strategi Emak-Emak Yang Ingin Membuka Usaha

admin

Mencatat Biaya dan Pengeluaran Dengan Software Akuntansi

Ade Muthia

8 Bisnis di bawah modal 500 Ribu di jaman Now

admin