Akuntansi

Pahami Apa Itu Biaya Peluang dalam Bisnis

Apa itu Biaya Peluang

Biaya peluang adalah istilah ekonomi yang mengacu pada nilai dari apa yang harus Anda korbankan untuk memilih sesuatu yang lain. Dengan menghitung biaya ini dapat membantu Anda dalam keputusan, entah itu dalam kehidupan pribadi, karir, hingga bisnis.

Oleh sebab itu, mari pelajari lebih lanjut tentang biaya peluang dan bagaimana Anda dapat menggunakan konsep tersebut bisa membantu Anda membuat keputusan bisnis.

Pengertian dan Contoh Biaya Peluang

"Apa

Biaya peluang (opportunity cost) adalah keuntungan yang hilang ketika satu alternatif dipilih di atas yang lain. Konsep ini berguna sebagai pengingat untuk memeriksa semua alternatif pilihan yang masuk akal sebelum mengambil keputusan.

Sederhananya opportunity cost adalah nilai kerugian Anda saat memilih di antara dua opsi atau lebih. Ketika Anda memutuskan, Anda merasa bahwa pilihan yang Anda buat akan memberikan hasil yang lebih baik terlepas dari biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan hasil tersebut.

Biaya peluang juga bisa diartikan kerugian yang Anda ambil untuk mendapatkan keuntungan, atau hilangnya satu keuntungan untuk keuntungan lain. Meskipun biaya peluang bukanlah ukuran yang pasti, mengukur biaya ini mungkin memberi Anda prediksi tentang nilai masa depan yang Anda pilih dan membandingkannya dengan nilai pilihan yang Anda buat.

Menghitung biaya ini memiliki peranan yang cukup penting dalam bisnis. Namun sayang, masih banyak kalangan pebisnis yang tidak menyadarinya. Mereka lebih banyak menggunakan waktunya untuk memikirkan biaya lainnya daripada biaya peluang. Itu karena biaya peluang tidak muncul di laporan keuangan.

Namun, ada baiknya jika mengukur biaya ini jangan sampai luput dari perhatian Anda. Pasalnya, memperhitungkan biaya ini bisa sangat membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih cerdas dan bijak untuk bisnis Anda ke depannya.

Contoh Biaya Peluang

"Contoh

Konsep biaya peluang paling baik dapat diilustrasikan melalui contoh, jadi mari bayangkan ada sebuah perusahaan yang memproduksi suku cadang sepeda. Perusahaan tersebut memiliki setidaknya dana sebesar Rp. 1,4 miliar untuk diinvestasikan, dan mereka dapat menggunakan uang ini untuk memperbarui peralatan.

Peralatan yang diperbarui akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan jumlah produk yang mereka hasilkan. Perusahaan tersebut berharap adanya peningkatan output akan membantu mereka meningkatkan laba bersih hingga Rp. 1,5 miliar tahun ini.

Namun, perusahaan tersebut ternyata juga memiliki kesempatan untuk berinvestasi di pasar saham. Dari situ, mereka berharap dapat menghasilkan tingkat pengembalian sebesar 15% dalam satu tahun atas investasi mereka.

Jika mereka memilih untuk menginvestasikan uang dalam peralatan, mereka dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp. 100 juta pada akhir tahun. Namun. jika prediksi perusahaan untuk investasi pasar saham ternyata benar, maka mereka dapat memperoleh laba sebesar Rp. 200 juta.

Dalam contoh ini, bisa Anda lihat bahwa menginvestasikan dana tersebut di pasar saham dinilai lebih baik daripada untuk membeli peralatan. Keputusan tersebut juga diimbangi dengan pertimbangan bahwa berinvestasi dalam peralatan bisa jadi pilihan yang jauh lebih berisiko daripada berinvestasi di pasar saham. Inilah salah satu pentingnya menghitung biaya peluang.

Baca Juga: Pembayaran Biaya yang Dikenakan PPN pada Accurate Online

Pentingnya Menghitung Biaya Peluang

Apa itu Biaya Peluang dan pentingnya dalam akuntansi

Konsep opportunity cost sangat penting dalam dunia bisnis dan keuangan. Dengan melakukan penghitungan terhadap biaya ini, keputusan ekonomi yang diambil atau dipilih akan mempengaruhi opsi lain yang tersedia. Berikut ini beberapa alasan mengapa pebisnis perlu menghitung biaya peluang.

1. Membantu Membuat Keputusan Produksi

Biaya peluang dapat memberikan Anda arahan saat memutuskan apa yang akan diproduksi. Misalnya opportunity cost membantu Anda untuk menentukan apakah akan menambah memproduksi atau tidak. Anda dapat membandingkan nilai atau manfaat ekonomi yang Anda dapatkan antara menambah jumlah produksi dengan yang tidak.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan beberapa opsi untuk menginvestasikan jumlah uang, waktu, dan sumber daya yang sama ke dalam peluang lain. melalui penghitungan biaya peluang, Anda bisa lebih mudah untuk memutuskan opsi mana yang memberinya lebih banyak pengembalian antara menambah jumlah produksi atau tidak.

Konsep ini juga memungkinkan Anda untuk menunjukkan jenis produksi. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menggunakan produk A setelah mengevaluasi manfaat yang akan diperolehnya jika dia memproduksi produk B.

2. Mempengaruhi Keputusan Investasi

Konsep biaya peluang juga sangat penting untuk membuat keputusan investasi. Misalnya, biaya peluang untuk berinvestasi bangunan atau tanah lebih baik dibandingkan dengan membayar sewa untuk tempat produksi setiap bulan.

Anda bisa membandingkan pendapatan bunga yang bisa Anda peroleh dari uang pembelian properti (bangunan atau tanah) untuk tempat usaha. Jika secara substansial lebih dari sewa yang Anda bayarkan, maka Anda dapat memutuskan untuk tidak berinvestasi di tanah atau bangunan.

Di sinilah alasan pentingnya mengapa Anda perlu memahami dan mengukur biaya peluang dalam mengembangkan bisnis Anda, terutama di sektor produksi dan investasi. Di antara banyaknya pilihan atau peluang bisnis yang Anda hadapi, Anda bisa melakukan komparasi untuk membandingkan harga, manfaat, atau nilai dari setiap peluang tersebut.

Hasil perbandingan tersebut bisa Anda gunakan untuk menentukan keputusan tentang pilihan atau peluang mana yang terbaik agar bisa memperoleh keuntungan lebih maksimal dengan segala sumber daya yang Anda miliki.

Semakin tinggi keuntungan dari peluang bisnis, maka semakin tinggi pula kemungkinan Anda memilih peluang tersebut. Yang penting dalam menghitung biaya peluang, Anda juga harus memeprtimbangkan kebutuhan bisnis Anda dan menganalisanya.

Baca Juga: Cara Membuat Standar Biaya Produksi di Accurate Online

Setelah menghitung biaya peluang dari semua opsi yang ada, biaya tersebut bisa Anda gunakan dalam membuat perkiraan kisaran modal yang harus Anda miliki sebelum merealisasikan pilihan bisnis yang Anda tentukan. Dengan begitu, risiko terjadinya kerugian bisa Anda minimalisir karena Anda telah mengasumsikan biaya tersebut dengan perhitungan yang tepat.

Kesimpulan

Dunia memiliki ketersediaan sumber daya yang terbatas seperti tanah, tenaga kerja, dan modal. Kelangkaan sumber daya ini membuatnya sangat penting untuk menggunakan sumber daya secara efisien dan mencapai hasil yang maksimal. Nah, konsep biaya peluang ini bisa membantu Anda untuk memilih opsi terbaik di antara semua peluang bisnis yang tersedia.

Konsep ini juga membantu Anda untuk menggunakan setiap sumber daya yang mungkin dengan lebih bijaksana dan efisien guna memaksimalkan keuntungan. Mengingat pentingnya menghitung biaya peluang yang tepat, maka penting juga bagi Anda untuk memiliki pembukuan keuangan yang terperinci dan sistematis.

Namun sayang, masih banyak pebisnis yang masih kesulitan untuk menata pembukuan bisnisnya karena pembuatannya masih menggunakan cara manual. Akibatnya, penghitungan biaya-biaya lainnya jadi kurang efektif sehingga pengambilan keputusan pun jadi kurang bijak.

Untungnya sekarang sudah ada software akuntansi Accurate Online dari SolusiAccurate yang mampu membantu para pebisnis, mulai dari yang berskala kecil, menengah, besar, hingga company, untuk mempermudah urusan pembukuan keuangan. Dengan proses pembukuan, hingga pelaporan keuangan yang mudah, bisnis Anda pun jadi lebih cepat berkembang.

Tak perlu Anda ragukan lagi, software akuntansi Accurate Online sudah terbukti mampu membantu para pebisnis untuk mempermudah berbagai kegiatan usahanya. Itu karena software ini memiliki modul dan fitur pembukuan keuangan yang lengkap, otomatis, dan mudah untuk diakses.

Mulai dari fitur penjualan, pembelian, perpajakan, inventaris, manufaktur, dan lain-lain. Fitur-fitur inilah yang memudah Anda untuk melakukan pencatatan pelaporan keuangan secara akurat dan sistematis sehingga Anda bisa memperhitungkan biaya-biaya penting untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

Related posts

Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi Pembukuan Restoran untuk Bisnis F&B

Iskandar Rumi

Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar dalam Membuat Laporan Keuangan

Iskandar Rumi

Pengertian Akuntansi, Manfaat, dan Jenisnya

Iskandar Rumi