Akuntansi

Alasan Mengapa Anda Butuh Program Pembukuan Bengkel Motor untuk Berbisnis

Program pembukuan bengekel motor

Tahukah Anda bahwa jumlah kendaraan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung terus meningkat dari waktu ke waktu? Pada Januari tahun 2022 saja, jumlah kendaraan roda dua di Jakarta mencapai 17,38 juta unit. Fenomena ini membuat banyak orang tertarik dengan prospek bisnis bengkel sepeda motor.

Sayangnya, dari sekian banyak bengkel sepeda motor yang ada, hanya sedikit yang menggunakan program pembukuan bengkel motor yang mumpuni. Akibatnya, tidak banyak pemilik bengkel yang menyadari bahwa sistem tersebut dapat membantu mereka meningkatkan kinerja bisnis.

Berikut lima alasan mengapa seorang pengusaha bengkel motor perlu menggunakan program pembukuan:

Pentingnya Memiliki Program Pembukuan Bengkel Motor

Buat Anda yang belum memiliki program pembukuan untuk bisnis bengkel motor, itu artinya Anda belum memahami pentingnya memiliki software ini. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa software pembukuan untuk bengkel motor sangat penting:

1. Mempercepat Waktu Perbaikan Sepeda Motor Pelanggan

Salah satu alasan yang membuat pelanggan tidak pernah datang lagi ke bengkel Anda adalah karena membutuhkan waktu terlalu lama untuk perbaikan. Keterlambatan perbaikan bukan berasal dari mekanik tetapi karena pekerjaan administrasi yang berbelit-belit.

Pekerjaan administrasi yang dimaksud antara lain pengecekan garansi yang masih dilakukan secara manual, sehingga menyita waktu terlalu lama saat memesan suku cadang dari vendor, dan masih banyak lagi. Akibatnya, waktu perbaikan satu sepeda motor menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

Dengan program pembukuan bengkel motor, Anda dapat mengotomatiskan berbagai pekerjaan administratif untuk mempersingkat waktu perbaikan. Retensi pelanggan juga meningkat dengan semakin baik layanan yang diberikan.

Baca Juga: Software Akuntansi Online dan Tips Memilihnya

2. Inventaris Toko Sepeda Motor Terjaga dengan Baik

Bisa dibilang yang paling merugikan pemilik bengkel sepeda motor adalah persediaan yang tidak terpantau. Oleh karena itu, Anda memerlukan software bengkel motor supaya dapat memantau inventaris kapanpun dan dimanapun.

Mengintegrasikan sistem manajemen inventaris ke dalam software pembukuan sangat penting untuk mengoptimalkan pemantauan stok dan aset. Sistem dapat membantu Anda melacak setiap item dalam inventaris secara real-time.

3. Otomatiskan Tugas yang Berulang

Pembuatan laporan keuangan, stock opname, dan stock reorder dari vendor sering dilakukan di bengkel sepeda motor. Sayangnya, pekerjaan ini seringkali memakan waktu dan rentan terjadi human error jika Anda masih melakukannya secara manual.

Nah, sistem pembukuan bengkel motor dapat membantu operator bengkel untuk mengotomatiskan tugas-tugas ini. Misalnya, software dapat meningkatkan akurasi laporan keuangan, mengurangi waktu pengambilan stok, mengotomatiskan pemesanan ulang stok, dan banyak lagi.

4. Mempertahankan Catatan Keuangan yang Terorganisir

Salah satu proses dalam berbisnis, yang melelahkan dan sering terjadi kesalahan adalah pencatatan keuangan, tak terkecuali bisnis bengkel motor. Anda perlu rajin mengecek pencatatan keuangan bisnis agar tetap terorganisir agar kesalahan dalam pelaporan keuangan nantinya bisa diminimalisir. Inilah salah satu pentingnya program pembukuan untuk bisnis Anda.

5. Arus Kas yang Lebih Baik

Perlunya bengkel Motor memiliki pembukuan
Source: Tribun-Medan.com

Anda mungkin berpikir bahwa bagaimana software pembukuan dapat berkontribusi untuk meningkatkan arus kas lebih baik daripada pembukuan secara manual. Jawabannya tentu bisa. Dengan program pembukuan, Anda bisa memantau kondisi keuangan secara real-time serta memberikan notifikasi informasi mengenai faktur terutang Anda.

Misalnya, nama pelanggan/vendor, jumlah, tanggal diterbitkan dan tanggal jatuh tempo secara otomatis tanpa Anda terlalu sering mengeceknya secara manual. Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di software pembukuan untuk menerapkan kebijakan arus kas yang lebih baik.

Dengan meningkatnya arus kas, tentu akan berdampak positif bagi kinerja bisnis bengkel motor Anda. Alhasil, bisnis Anda pun jadi lebih mudah berkembang dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

6. Memudahkan Anda Menganalisis Perkembangan Bisnis

Bengkel motor merupakan bisnis yang memiliki tingkat persaingan yang ketat. Itulah sebabnya Anda perlu pandai menganalisis perkembangan bisnis Anda di tengah ketatnya kompetisi agar tetap bertahan.

Nah, dengan menganalisis laporan keuangan, Anda dapat dengan mudah mengelola keuntungan dan kerugian Anda. Apalagi jika didukung oleh program pembukuan bengkel motor, maka Anda dapat menilai kinerja bisnis Anda dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda.

Fitur Utama Perangkat Lunak Perbaikan Sepeda Motor

Program pembukuan bengkel motor dibuat untuk membantu bisnis bengkel dalam mengelola operasinya. Perangkat lunak ini memberi pengguna akses ke sumber daya yang membantunya mengelola inventaris, catatan pelanggan, riwayat layanan, harga, dan data penting lainnya.

Karena program ini berbasis cloud, data tersebut akan aman meskipun perangkat atau smartphone Anda mereka di-hack. Untuk bisa mendapatkan software yang handal, petimbangkan apakah software yang Anda pilih memiliki ftur-fitur berikut:

1. Pembaruan Otomatis Biaya Suku Cadang

Fitur ini mencakup bagian stocking dan non-stocking yang dibuat dari vendor yang menggunakan layanan yang sama dan menghemat software perbaikan sepeda motor. Harga suku cadang ini akan berubah secara otomatis dan sebagai hasilnya, program akan memberitahu vendor tentang perubahan yang sesuai untuk setiap komponen.

2. Fitur Smartlink e-Banking

Fitur ini memudahkan Anda untuk menarik data rekening koran dari internet banking. Dengan begitu, proses rekonsiliasi bank jadi lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengecekan rekening Anda secara manual dan terus-menerus.

3. Fitur Penghitungan Gaji Karyawan

Bagi Anda yang memiliki bengkel motor berskala besar dan punya banyak staf maupun mekanik, menghitung gaji karyawan tentu menjadi urusan yang sangat memusingkan bila masih dikerjakan secara manual. Untuk itu, Anda perlu program pembukuan bengkel motor yang memiliki fitur ini.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mencatat setiap beban gaji karyawan setiap bulan secara otomatis. Selain itu, pajak penghasilan (PPh) juga akan terhitung secara otomatis pada pembukuan keuangan Anda.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Menggunakan Aplikasi Pembukuan Restoran untuk Bisnis F&B

4. Penghitungan Inventaris dan Aset Otomatis

Sebagaimana Anda tahu bahwa bisnis bengkel motor pasti memiliki inventaris yang banyak, baik dari segi jumlah maupun jenisnya. Nah, dengan menggunakan program pembukuan bengkel motor yang handal Anda bisa mendapatkan fitur penghitungan inventaris dan aset secara otomatis. Mulai dari bangunan, kendaraan operasional, alat-alat mekanik, dan masih banyak lagi.

Anda tidak memerlukan input manual apa pun yang pastinya ribet dan melelahkan. Semua informasi terkait inventaris dan aset disimpan dalam sistem. Informasi ini dapat mencakup merek, vendor, kategori, definisi, dan jumlah suku cadang yang dibutuhkan, dan sebagainya, yang semuanya akan diperbarui secara otomatis.

Kesimpulan

Bengkel sepeda motor adalah bisnis yang menguntungkan. Bila disertai dengan program pembukuan bengkel motor yang handal, maka proses pembukuan dan pelaporan keuangan bisnis pun jadi lebih ramping dan ringkas.

Anda bisa memiliki program pembukuan tersebut di SolusiAccurate dengan menggunakan software Accurate Online. Dengan fitur lengkap yang tersedia di Accurate Online, Anda bisa meningkatkan akurasi pencatatan keuangan dan maksimalkan kinerja bisnis Anda. Tingkatkan potensi bisnis bengkel motor Anda untuk berkembang dan menang di tengah ketatnya persaingan bisnis.

Related posts

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Omzet dan Profit Dalam Sebuah Bisnis

Iskandar Rumi

Software Akuntansi Online dan Tips Memilihnya

Iskandar Rumi

Pengertian Akuntansi Manajemen, Tujuan, Fungsi dan Penerapannya

Iskandar Rumi