Uncategorized

Bagaimana Cara Mensiasati Penurunan Omset Penjualan Akibat WFH

Bagaimana Cara Mensiasati Penurunan Omset Penjualan Akibat WFH

Masa-masa WFH terbilang sangat menantang para pebisnis. Banyak pemilik bisnis yang akhirnya terpaksa membuat aturan WFH bahkan menutup sementara usahanya. Salah satu faktor penyebabnya adalah penurunan omzet penjualan yang drastis sehingga mengancam kestabilan bisnis. Omzet adalah jumlah uang hasil penjualan dalam periode tertentu. Lalu, bagaimana cara agar dapat mempertahankan bisnis di tengah kekhawatiran penurunan omzet ini?

Work from home atau yang dikenal dengan singkatan WFH, sedikit banyak berpengaruh pada penurunan omzet UMKM. Para pelanggan memilih untuk menutup diri dan menjaga jarak sehingga mempengaruhi aktivitas bisnis. Semua kegiatan yang berkaitan dengan interaksi fisik antara manusia menjadi sangat berkurang saat ini. Wajar sekali sebagai pemilik bisnis UMKM merasa takut dan khawatir dengan kestabilan bisnisnya.

Bagaimana Cara mensiasati penurunan omset  akibat WFH

Banyaknya pengeluaran perusahaan yang tidak berbanding lurus dengan omset  atau pendapatan , Anda dapat mengatasi kekhawatiran tersebut dengan hal-hal seperti ini:

1. Meninjau Kembali Laporan Arus Kas 

Saat gempuran Covid-19 mengganggu aktivitas bisnis, secara langsung akan mengganggu perputaran arus kas. Kondisi ini menyebabkan performa dan prospek bisnis jangka panjang menjadi terganggu pula. Untuk mengurangi kekhawatiran akan omzet bisnis sekaligus mempertahankan UMKM, Anda perlu merencanakan keuangan secara tepat.

Laporan arus kas tidak boleh diabaikan karena dapat menjadi catatan pengambilan keputusan di masa krisis seperti ini. Laporan arus kas berfungsi untuk mengukur kas yang telah diterima dan alokasi penggunaan dalam periode tertentu.

2. Mencari Sumber Penghasilan Lain

Memiliki cadangan sumber pemasukan bisnis akan membantu menutupi beban usaha yang sedang bermasalah. Seperti yang diketahui bahwa saat ini pendapatan bisnis sedang bermasalah di satu pintu. Mengapa tidak mencari sumber income yang lain?

Dengan adanya lebih dari satu sumber penghasilan, maka kekhawatiran menghadapi krisis usaha menjadi berkurang. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk mengalihfungsikan bisnis dari offline store menjadi online store. UMKM di sektor F&B dapat memulai mencari penghasilan cadangan dengan menjual bahan baku makanan kepada masyarakat. Contohnya,saat ini restoran steak sedang sepi pengunjung sehingga mereka mulai menjual steak mentah siap masak lengkap beserta bumbunya. Dengan begitu, masyarakat masih bisa mengkonsumsi steak walau di rumah saja dan bisnis masih tetap berjalan. 

Menjadi mitra ojek online atau membuka layanan delivery akan memperbesar peluang pasar bisnis Anda. Setidaknya, penghasilan cadangan ini mampu menutupi usaha utama yang sedang bermasalah. Mulailah sekarang, agar pendapatan bisnis tidak berhenti begitu saja. 

3. Membuat Analisa Keuangan untuk Investasi

Analisa keuangan tentulah sangat dibutuhkan pada saat penurunan omsest saat ini, membuat proyeksi tersebut sangat membutuhkan data laporan keuangan dan dibandingkan dengan omset yang sumbernya adalah dari laporan penjualan.Data tersebut bisa didapat dengan menggunakan software akuntansi Software akuntansi membuatkan salah satu laporan yang dibutuhkan yaitu analisa laporan keuangan. Analisis laporan keuangan adalah suatu proses penelitian laporan keuangan beserta unsur-unsurnya yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memprediksi kondisi keuangan perusahaan atau badan usaha dan juga mengevaluasi hasil-hasil yang telah

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mudahnya membuat Akses Grup di Accurtae Online

admin

Perbedaan Software Accurate & Zahir

Rizal Syah

Penjelasan Laporan Perubahan Modal

raymond simanjuntak