Uncategorized

Berikut Tips Untuk Memulai Usaha Toko Sembako Bagi Pemula

usaha toko sembako

Usaha toko sembako atau toko kelontong bisa menjadi pilihan usaha yang tepat, saat ini. Kebutuhan masyarakat dengan warung serba ada, dengan harga terjangkau dan dekat pemukiman adalah alasan mengapa toko sembako masih menjadi usaha yang menjanjikan, terutama di kota besar.

Baca Juga : Tips Membangun Usaha Warung Kopi Bagi Pemula

Walaupun banyak minimarket juga telah berdiri, namun biasanya minimarket ini hanya berada di jalan utama dan kadang harga barang yang ditawarkan cukup mahal. Tentunya ini bisa menjadi peluang untuk Anda membuka toko sembako di rumah Anda untuk menjangkau konsumen yang ada di lingkungan sekitar. 

Untuk membuka toko sembako dibutuhkan perencanaan yang matang agar usaha Anda berkelanjutan dan memberikan keuntungan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk perencanaan bisnis toko sembako :

1. Mencari Supplier atau Pemasok yang Murah dan Terpercaya

Dalam bisnis retail, pemasok memainkan peran penting dalam bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis sembako. Anda harus mencari pemasok yang memiliki kredibilitas terpercaya dengan harga yang bersaing. Mencari pemasok barang terpercaya juga akan memberikan Anda harga dan kualitas barang yang terbaik. Jika perlu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki banyak pemasok.

Baca Juga : Ganti Tahun Jangan Cuma Ganti Supplier Tapi Ganti Juga Aplikasi Pembukuan

Untuk mendapat pemasok yang terpercaya, Anda bisa melakukan perbandingan kepada banyak toko grosir di lingkungan sekitar Anda. Jangan lupa juga untuk menanyakan sudah beberapa lama toko grosir itu beroperasi. Karena lamanya toko tersebut  beroperasi bisa menjadi indikator penting dalam sebuah bisnis. Makin lama toko tersebut beroperasi maka semakin baik dan berpengalaman.

2. Harga Produk Selalu Up To Date

Di zaman serba online seperti sekarang Anda bisa memantau harga barang melalui marketplace atau toko online untuk mencocokan harga. Baik harga jual barang yang Anda jual maupun harga yang Anda dapatkan dari supplier.

Hal lain yang harus Anda lakukan jika memiliki pesaing adalah untuk memastikan bahwa harga jual yang Anda berikan tidak terpaut jauh dengan harga jual pesaing Anda.

Baca Juga : Ini Loh Trik Mencegah Pelanggan Lari ke Toko Sebelah

3. Kelengkapan Produk

Kelengkapan produk yang kita jual merupakan salah satu alasan mengapa pembeli memilih datang ke tempat kita. Dengan menyedihkan banyak produk, maka konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan maupun budget yang mereka miliki.

Kelengkapan produk yang kita jual tidak mungkin dipasok oleh hanya satu pemasok, maka di poin pertama kami menjelaskan pentingnya mempunyai banyak pemasok.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Produk Yang Bikin Produk Kamu Laris Manis Bagi Anda Pebisnis Online

4. Buka Lebih Awal, Tutup Lebih Lama

Anda bisa untuk memulai membuka toko Anda lebih awal atau lebih pagi dari kompetitor dan menutup toko Anda lebih larut. Hal ini dilakukan untuk membangun basis pelanggan yang loyal di toko Anda dan membuat toko Anda lebih baik di mata konsumen di banding toko kompetitor.

Bahkan di beberapa tempat di kota besar banyak toko kelontong yang buka 24 jam untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

5. Selalu Mencatat Transaksi ke Pembukuan

Hal salah yang masih sering terjadi dalam memulai sebuah bisnis adalah melupakan pentingnya sebuah pembukuan. Padahal dengan melakuakan pembukuan pemilik bisnis dapat dengan mudah memantau pengeluaran dan pemasukan dalam suatu bisnis.

Untuk toko sembako, Anda juga harus menggunakan pembukuan untuk mempermudah menghitung laba dan mngetahui stok barang dagangan Anda. Akuntansi manual adalah pilihan yang bisa Anda gunakan saat usaha Anda baru dimulai.

Jika toko Anda sudah berkembang atau Anda sudah kesulitan melalukan pencatatan dan pengelolaan laporan keuangan seperti laporan laba rugi dan pemantauan stok, Amda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Baca Juga : Berikut Alasan Mengapa Berhenti Menggunakan Excel Untuk Pembukuan Anda

accurate online

Baca Juga : Tips Jitu Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Accurate Online Memudahkan Bisnis

Dengan Accurate Online Anda bisa mengelola pembukuan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Accurate Online memiliki fitur terlengkap seperti pemantauan stok dan pelaksanaan stok opnamepenyesuaian hargamembuat berbagai laporan keuangan dengan mudah, dan jika Anda menggunakan sistem kasir atau POS, Anda bisa mengintegrasikanya dengan Accurate Online.

Baca Juga : Apa sih bedanya Accurate V5 Desktop dengan Accurate Online?

Tidak sepertti software akuntansi lain yang menetapkan perbedaan harga untuk fitur yang lebih lengkap. Dengan Accurate Online hanya 200 ribu perbulan dan semua fitur terbaik dapat Anda nikmati untuk bisnis yang lebih mudah. Masih ragu dengan Accurate Online? Accurate Online sendiri adalah software akuntansi yang berdiri sejak 1999 dan sudah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Oleh karena itu Accurate Online adalah aplikasi pembukuan yang ringan bagi UMKM. Jadi harganya, sangat terjangkau untuk bisnis UMKM tidak sampai 2 juta loh!! Apalagi sekarang sedang ada diskon 25% atau 600 ribu. Jadi kamu hanya tinggal membayar 1,8 juta dari harga normal 2,4 juta loh! Jika  Kamu tertarik bisa langsung minta penawarannya dengan klik disini.

Baca Juga : Manual Book Accurate Online Lengkap dan Mudah Dipahami

Jika ingin tahu lebih detail mengenai fitur-fitur utama dan promo Accurate Online, dapat menghubungi team marketing Accurate dibawah ini :

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

coba gratis 30 hari accurate online

Ingin mengetahui tips lainnya seputar bisnis? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini:

Related posts

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Mendirikan Bisnis Cafe atau Restoran

Rizal Syah

5 Triks Agar Usaha Musiman Tetap Lancar

Agus Fadhil

Hapus Pengguna Pada Accurate Online

Rika Angraini