Uncategorized

Cara Membuat Buku Besar dengan Accurate, Cepat dan Akurat

Ketika Anda menjalankan sistem akuntansi, Anda tidak boleh melupakan namanya buku besar. Buku besar dalam bahasa Inggris dikenal sebagai General Ledger. Dalam bisnis buku besar adalah salah satu hal penting. Jangan sampai Anda tidak menggunakan buku besar dalam pencatatan Keuangan usaha Anda. Karena hal ini akan berbahaya terhadap bisnis yang Anda miliki. Jika Anda bingung, Anda bisa membuat buku besar dengan Accurate.

Apa itu Accurate? Accurate adalah salah satu aplikasi akuntansi yang telah dipakai oleh lebih dari 40 ribu perusahaan di Indonesia dan digunakan oleh pelaku UKM untuk menyusun sistem akuntansi bisnis mereka. Bagi Anda orang awam memang tidak mengenal aplikasi ini, berbeda dengan para akuntan di Indonesia yang sudah sangat mengenal software Accurate.

Software akuntansi Accurate merupakan software yang user friendly dan sangat mudah digunakan oleh orang yang awam terhadap akuntansi. Apa lagi Accurate memiliki manual book yang cukup mudah digunakan dalam tutorialnya. Lalu bagaimana membuat buku besar dengan Accurate?

Membuat Buku Besar dengan Accurate

Mudah sekali dalam membuat buku besar dengan Accurate. Karena Accurate memiliki modul daftar formulir yang ada pada modul buku besar, yaitu:

Daftar akun

Daftar akun ini berfungsi untuk akun-akun yang digunakan oleh bisnis Anda. Seperti agar mudah diingat dan mempercepat pencatatan, serta untuk membedakan akun yang satu dengan akun lainnya, jadi saat pnginputan Anda tidak sulit untuk melakukannya.

Daftar Mata Uang

Daftar mata uang ini sangat berguna, jika berbisnis Anda menggunakan pembayaran uang selain rupiah. Jadi, ketika Anda mendapatkan pembayaran dari customer menggunakan mata uang asing, Anda tidak perlu menghitung kurs, tetapi Anda bisa menggunakan fitur daftar mata uang yang ada di Accurate.

Informasi Perusahaan

Informasi perusahaan adalah fitur yang menjelaskan mengenai identitas perusahaan Anda, alamat, telepon, fax, dan informasi lainnya mengenai perusahaan Anda.

Formulir Bukti Jurnal

Formulir ini berisi mengenai catatan transaksi-transaksi yang pada umumnya dicatat di jurnal umum. Yang mana transaksi tersebut tidak dapat dicatat dengan menggunakan form dalam modul lain pada software Accurate.

Proses Akhir Bulan

Proses akhir bulan adalan proses yang dilakukan setiap usaha dalam menghitung semua transaksi yang terjadi. Tetapi fitur ini bukan hanya dilakukan saat akhir bulan saja, tetapi Anda tetap bisa menggunakan kapan pun. Fungsi ini adalah untuk menghitung dan menjurnal selisih kurs, menghitung dan menyusun penyusutan fixed asset. Menghitung dan menjurnal WIP Inventory & Variance Expense (fitur ini terdapat pada Accurate Entreprise).

Laporan Keuangan

Hasil akhir dari melakukan aktivitas buku besar adalah membuat laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan berisi mengenai laporan neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi. Sehingga semua laporan keuangan yang dibutuhkan bisa selesai Anda buat.

Itulah cara membuat buku besar dengan Accurate software akuntansi yang mudah dilakukan. Karena dengan Accurate bisa dengan mudah dalam melakukan penjurnalan serta pembuatan buku besar yang bisa Anda lakukan dengan baik dan benar.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mudahkan Proses Pengiriman Barang Dengan Fitur Pengepakan Barang di Accurate Online

Rika Angraini

Tips Agar Invoice Penjualan dibayar Tepat Waktu.

Dewi Wahyudi

Penjelasan Laporan Perubahan Modal

raymond simanjuntak