Uncategorized

Cara Presentasi Anda Agar Manarik dan Langsung Closing Dihadapan Investor

cara presentasi

Cara presentasi Anda, sangat mempengaruhi hasil akhir dari keputusan para investor, apakah mereka cukup terkesan dengan presentasi Anda dan langsung menyetujui untuk melakukan kerjasama. Atau malah sebaliknya, justru membuat para investor enggan untuk bekerja sama dengan Anda, akibat presentasi yang kurang persiapannya.

Apakah setiap investor yang Anda temui mereka hanya biasa saja? Atau ada pujian yang mereka lontarkan? Kalau Anda telah berkecimpung lama atau bekerja sebagai seorang sales atau marketing, harusnya Anda telah mampu dalam memasarkan produk yang Anda jual.

Baca Juga :  Tips Membuat Konsumen Terkesan Dengan Penawaran Anda

Pasti disini pemilik bisnis baik skala kecil, menengah, maupun skala besar dihadapkan pada kebutuhan untuk presentasi sebelum menjalin adanya kerjasama. Lalu bagaimana caranya agar para investor mau bergabung dan menyuntikkan dananya pada bisnis Anda.

cara presentasi

Lalu bagaimana sebetulnya cara presentasi yang baik, yang membuat terkesan para investor?Audiens harus mengerti dengan jelas presentasi yang telah disampaikan.

Audiens perlu mengerti dengan betul apa yang telah Sobat UKM jelaskan. Sehingga mereka tertarik dengan apa yang Anda sampaikan dihadapan mereka. Bukan cuma mengenai pesan harus jelas, Sobat UKM juga perlu menghindari gaya penjelasan yang membosankan agar audiens tetap fokus selama presentasi.

Apalagi saat Anda memulai presentasi, semua yang audiens akan tertuju kepada presentasi yang Anda sampaikan. Tidak hanya akan memperhatikan apa yang Sobat UKM  jelaskan, tetapi juga melihat bagaimana cara Sobat UKM menyampaikannya. Dari mulai gaya bahasa, penekanan, sampai selipan humor. Rasanya sulit bukan??

Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Customer Relationship Dalam Bisnis

Nah, Solusi Accurate akan jabarkan beberapa tips dan trik supaya Sobat UKM bisa mengatasi rasa percaya diri saat presentasi, dan tentunya bisa meyakinkan semua yang terlibat dalam presentasi tersebut agar yakin atas apa yang Sobat UKM sampaikan, dikutip melalui Solusi UKM, Career Girl Daily, dan Kumparan :

Perhatikan Bahasa Tubuh Kita

Cara presentasi yang menarik pertama, bahasa tubuh akan jadi penilaian audiens. Terlihat apakah Sobat UKM percaya diri dan yakin atau tidak mengenai materi yang dibawakan. Kalau Sobat UKM sendiri tidak yakin, ya masa berharap orang yakin sama kita? Nah, orang yang sangat percaya diri akan terlihat dari hal- hal kecil, seperti menjaga sikap, cara duduk, hingga bagaimana cara mereka berdiri.

Mereka akan duduk tegak dan menunjukkan bahasa tubuh yang mudah dimengerti. Tips: arahkan salah satu kaki Anda Anda ke depan untuk menjaga agar bagian belakang tetap terlihat tegak sehingga percaya diri lebih terpancar. Membungkuk dan memperlihatkan postur tubuh yang buruk adalah hal pertama yang akan diperhatikan orang, dan itu dapat mengubah cara mereka menerima apa yang Sobat UKM presentasikan.

Baca Juga :  Tips Pemasaran Online Yang Terbukti Ampuh dan Wajib Anda Coba

Jangan Lupa Cek Bahasa Tubuh Audiens

Sobat UKM saat menjelaskan, perhatikan juga bahasa tubuh dari audiens, ya. Jangan sampai Sobat UKM asyik sendiri menjelaskan, tapi audiens justru merasa bosan, banyak menguap dan lebih memilih bermain HP ketimbang fokus mendengarkan presentasi Sobat UKM. Duh, amit – amit, deh! Sobat UKM bisa menyelipkan candaan saat presentasi dan usahakan candaan tersebut ada hubungannya dengan presentasi. Sehingga Anda  tidak terkesan memaksa dan canggung, ya.

Bicara Jelas, dan Perlahan

Waktu presentasi, jangan pakai nada bicara bisik – bisik seperti mau ghibah, ya, Sobat UKM! Apalagi kalo merasa gugup, manusia punya kecenderungan untuk berbicara dengan cepat, atau justru terlalu lambat dan terbata-bata.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Yang Bikin Produk Kamu Laris Manis Bagi Anda Pebisnis Online

Latih juga cara presentasi Sobat UKM dengan beberapa cara, seperti melatih materi dan skill berbicara dengan lantang, jelas, dan perlahan. Berikan kesan kepada atasan, klien, atau rekan kerja bahwa Sobat UKM tidak terburu-buru untuk menyampaikan maksud dan tujuan, serta menunjukkan bahwa Sobat UKM yakin mereka perlu mendengar apa yang kamu katakan.

Terima Sesi Kritik dan Tanya Jawab

Sebagai seseorang yang telah selesai melakukan presentasi, Sobat UKM perlu bijaksana terhadap masukan, kritik, dan sanggahan.  Dan sebagai pemimpin yang baik Anda harus menerimanya agar bisa berkembang lebih baik.

Bahkan jika perlu, tanyakan pada mereka bagaimana performa Anda dan apakah mereka mengerti tentang semua yang telah Anda sampaikan. Agar presentasi sukses dan bisnis Anda dilirik, Anda harus bisa menampilkan gaya yang baik dan isi presentasi tidak monoton. 

Baca Juga :  Berikut Tips Jitu Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Mencari bisnis atau memulai sebuah bisnis dimasa pandemi corona tidaklah mudah. Keenam cara ini akan membantu Anda untuk membuat investor terkesan dengan penawaran yang Anda miliki. Semakin sering Anda membuat investor terkesan, semakin cepat penawaran Anda di respon dan Anda akan terus mendapatkan peluang-peluang baru dari konsumen Anda.

Baca Juga :  Solusi Keuangan : Bisnis Terkontrol Dengan Cloud Accounting System

#dirumahaja bersama accurate online

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud, yang sangat cocok dengan situasi dan kondisi ditengah pandemi seperti ini. Monitor bisnis Anda, tanpa perlu berlalu-lalang saat Anda #dirumahaja dengan Accurate Online. Jika Anda tertarik dapat mencoba gratis 30 hari Accurate Online, caranya dengan klik gambar dibawah ini yah.

Baca Juga : Hanya Disini Berlangganan Accurate Online Diskon Langsung 600 Ribu

coba gratis 30 hari accurate online

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Ketahui Alasan Mengapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi

Agus Fadhil

Ini Loh 7 Tips Untuk Membeli Properti, Sebelum Membuka Usaha Atau Bisnis

Rika Angraini

Penting!! Berikut Cara Mendaftarkan Merek Usaha Anda.

Ade Muthia