Uncategorized

Pengertian dan Fungsi Customer Relationship dalam Bisnis

customer relationship

Customer relationship ialah strategi pemasaran terbaik dalam mempertahankan  klien, konsumen, atau pelanggan yang telah ada dengan cara mengelolanya agar melakukan pembelian berulang, sehingga konsumen tidak akan lari ke kompetitor.

Baca Juga : Tips Membuat Konsumen Terkesan Dengan Penawaran Anda

customer relationship

Pengelolaan konsumen yang telah ada dalam daftar pelanggan suatu perusahaan dipastikan harus selalu optimal. Semakin bertambah jumlah pelanggan maka akan semakin baik untuk perkembangan bisnisnya. Hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa pengelolaan konsumen dalam suatu bisnis sudah efisien. 

Menjaga hubungan baik dengan klien, konsumen atau customer merupakan salah satu kewajiban dalam sebuah bisnis. Pasalnya bisnis akan berkembang berkat adanya klien atau konsumen, atau customer. Oleh sebab itu, penting bagi Anda pemilik bisnis untuk mengetahui customer relationship.

Baca Juga : Tips Promosi Produk Yang Terbukti Efektif dan Jitu

Keberadaan konsumen atau klien menjadi demikian pentingnya. Oleh sebab itu, bagi setiap pebisnis hendaknya selalu melakukan hubungan baik dengan membangun komunikasi yang baik, guna mengikat konsumen agar dapat melakukan pembelian berulang. 

Penting harus diketahui bahwa setiap pebisnis tidak harus fokus pada inovasi produk semata. Walaupun hal tersebut merupakan bagian yang penting. Namun, menjaga customer relationship pun sangat jauh lebih penting. Bisnis dapat berkembang.

Fungsi Customer Relationship Management

Kenapa harus ada customer relationship management dan seberapa besar pengaruhnya terhadap perkembangan perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya mengetahui fungsi esensinya, yaitu:

1. Peningkatan Penjualan

Mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah tujuan utama dari bisnis apa pun. Manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management (CRM) mengkompilasi dan menganalisis data besar yang dihasilkan oleh saluran penjualan online dan penjualan konvensional untuk mendapatkan apa yang diinginkan pelanggan baik sekarang dan di masa depan.

Baca Juga : Tips Agar Manajemen Keuangan Anda Menjadi Lebih Baik dan Teratur 

Tidak seperti metode tradisional yang memperlakukan pelanggan sebagai kelompok makro, CRM mampu melakukan ini dengan dasar yang sangat detaik, bahkan individu, membiarkan tim penjualan tahu persis apa yang diinginkan setiap pelanggan.

2. Mendapat Peluang Lebih Banyak

CRM juga dapat berperan dalam pengembangan produk baru, saluran penjualan baru, pasar baru dan mungkin model bisnis yang sama sekali baru.

Selain data internal, CRM dapat melihat ke dalam berbagai data eksternal / publik untuk dengan cepat mengidentifikasi tren pembelian, demografi yang muncul, anomali rantai pasokan, dan sejumlah faktor lain yang sebelumnya tidak diketahui atau hanya akan terlihat setelah peluang penjualan telah berlalu.

Baca Juga : Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Memasarkan Produk di  Media Sosial

3. Biaya lebih rendah

Dengan pengelolaan data CRM dan menganalisisnya secara real time, organisasi akan menjadi tidak tergantung pada metode tradisional analisis konsumen.

Banyak dari pendekatan secara manual, seperti target pasar, produk uji dan survei, tidak hanya mahal tetapi sangat tidak akurat. CRM menggunakan data realtime dari pelanggan nyata yang terkini dan sangat terperinci.

4. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Satu-satunya keluhan terbesar yang diterima sebagian besar bisnis dari pelanggan adalah mereka tidak merasa kebutuhan mereka sedang ditangani. CRM dapat membantu menciptakan hubungan yang jauh lebih pribadi dengan pelanggan, memungkinkan organisasi memperlakukan mereka sebagai individu daripada secara general.

Pada saat yang sama, data yang dihasilkan oleh interaksi CRM dapat membantu mencegah masalah yang terkait dengan produk dan dukungan, yang mengarah ke tingkat kepuasan keseluruhan dalam suatu bisnis.

Baca Juga : Ini loh 7 Trik Mencegah Pelanggan Lari Ke Toko Sebelah 

5. Fleksibilitas yang Lebih Besar

Ekonomi digital bergerak dengan kecepatan yang lebih cepat daripada pesanan bisnis tradisional, dan segala sesuatunya akan semakin cepat ketika kita memasuki era Internet of Things (IoT) dan komunikasi M2M (machine-to-machine) yang cerdas.

Di dunia ini, pencarian produk dan layanan, belum lagi pembelian online, terjadi dalam sekejap mata, yang berarti hanya platform pemasaran dan penjualan yang sepenuhnya digital yang dapat memanfaatkannya.

Dengan beralih ke pendekatan layanan pelanggan yang ramping dan otomatis, organisasi bisnis besar dapat mempertahankan sentuhan pribadi yang banyak diminta konsumen.

Dengan kustomisasi CRM, idenya bukan untuk membuat kembali proses hubungan pelanggan perusahaan tetapi untuk mengintegrasikan ke dalam model yang ada sebaik mungkin dan kemudian memungkinkan pengguna untuk mengubah sistem dengan cara mereka sendiri dan dengan kecepatan mereka sendiri.

Baca Juga : Apa sih Bedanya Accurate Online dengan Accurate V5 Desktop (offline)?

Lagi pula, perusahaan adalah pihak yang paling mengerti pelanggan dan model bisnisnya.

6. Skala ekonomi

Semakin banyak pelanggan yang dapat didukung oleh organisasi dengan biaya terendah, semakin banyak keuntungan yang bisa diambil dari margin yang semakin ketat.

Dengan CRM, hubungan yang dipersonalisasi dapat dibangun dan dipelihara dengan biaya rendah, yang tidak hanya meningkatkan loyalitas merek tetapi juga menghasilkan perbaikan langsung pada keuntungan bisnis.

7. Peningkatan Fungsi Back-Office

Sebagian besar platform CRM saat ini disediakan sebagai bagian dari rangkaian produktivitas kantor terintegrasi. Ini sangat mengurangi biaya operasional bisnis modern, yang sebagian besar terdiri dari mendapatkan satu departemen untuk melaporkan data ke yang lain dengan cara yang bisa dimengerti satu sama lain.

Dengan solusi CRM terintegrasi, angka penjualan dapat secara otomatis diperbarui untuk membiayai, anggaran, pembelian, rantai pasokan dan sejumlah proses lainnya, menggali prospek, peluang saluran penjualan dan lainnya dapat diteruskan, juga secara otomatis, ke generator pendapatan yang sesuai.

Konsumen yang senang dengan pelayanan merupakan salah satu ciri keberhasilan pelayanan yang diberikan. Sehingga mereka pun akan merasa nyaman dan dipastikan tidak akan beralih ke kompetitor. Oleh sebab itu, pentingnya untuk membangun komunikasi melalui customer relationship.

Baca Juga : Berikut Tips Jitu Dalam Memilih Software Akuntansi Terbaik Bagi Bisnis UMKM

Lakukan juga pencatatan pembukuan pada bisnis Anda, karena tanpa pembukuan yang baik dan sesuai standar bisa dipastikan Anda tidak akan mengetahui keuntungan atau kerugian yang dialami bisnis Anda selama ini.

Anda bisa mencoba menggunakan pembukuan manual jika Anda baru membuka sebuah bisnis, namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya usaha, pertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan oleh siapa saja dan memiliki fitur yang dibutuhkan oleh bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengakp seperti proses pencatatan pembukuan, penghitungan dan pelaporan pajak, payroll, anggaran, inventori dan stok, cabang dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Hanya Disini Beli Accurate Online Diskon 600 Ribu !

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

coba gratis 30 hari accurate online

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Error : Saldo Penjualan di Laporan Profit and Loss( Laba Rugi ) dengan Laporan Sales Berbeda

admin

Wizard Fitur Dasar di software Accurate Online

Agus Fadhil

Dulu Pedagang Kue Kini jadi Pengusaha sukses Menpunya banyak perusahaan

admin