Akuntansi

Inilah Jenis Bukti Transaksi, Macam, dan Manfaatnya

Jenis Bukti Transaksi

Apakah Anda tahu bukti transaksi adalah salah satu benda berharga yang harus dijaga saat kita mendapatkannya, jenis bukti transaksi sendiri memiliki karakteristik yang berbeda. Namun apakah Anda tahu apa saja jenis, macam dan manfaat dari bukti transaksi?

Dalam kegiatan jual beli, bukti transaksi merupakan hal yang cukup penting, perannya yang cukup besar membuat Anda harus memahami apa itu bukti transaksi, jenis bukti transaksi, macam dan juga manfaatnya. 

Untuk itu artikel ini akan membahas tuntas mengenai bukti transaksi dan beberapa aspek penting didalamnya. Simak artikel ini untuk mempelajari sisi lain dari bukti transaksi yang mungkin anda belum tahu sebelumnya.

Baca Juga: Pencatatan Transaksi Debit Note di Accurate Online

Apa itu Bukti Transaksi

Sebuah catatan pembelian maupun pembayaran yang merekam seluruh kegiatan transaksi jual beli merupakan definisi dari bukti transaksi. Dengan adanya catatan ini, segala permasalahan hingga kecurangan dapat dicegah.

Bukti transaksi memiliki peran yang sangat penting bagi kedua belah pihak, bagi seorang penjual, bukti transaksi dijadikan patokan untuk pencatatan keuangan dan jumlah stok untuk setiap periode terhitung. Pasalnya bukti transaksi juga menjadi aspek penting dalam sebuah laporan keuangan perusahaan.

Sedangkan untuk pembeli, bukti transaksi juga memiliki peran yang sama yaitu sebagai bukti pembayaran atas barang yang sudah dibelinya, sehingga pembeli dapat membuktikan transaksi yang ia lakukan adalah kegiatan yang legal.

Jenis Bukti Transaksi 

Pada dasarnya, bukti transaksi terbagi menjadi dua jenis yaitu bukti transaksi internal dan juga bukti transaksi eksternal. Dimana kedua jenis bukti transaksi ini memiliki fungsi yang berbeda. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Bukti Transaksi Internal

Jenis bukti transaksi pertama adalah bukti transaksi yang difungsikan untuk kegiatan internal sebuah perusahaan maupun badan usaha lain. adapun beberapa contoh bukti kas masuk, kas keluar dan juga memo.

Bukti Transaksi Eksternal

Berbeda dengan jenis pertama, bukti transaksi eksternal lebih difungsikan untuk transaksi diluar kegiatan perusahaan, adapun beberapa contoh bukti bukti transaksi eksternal adalah kwitansi, cek, invoice dan lain sebagainya.

Macam Macam Bukti Transaksi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ada berbagai macam bukti transaksi, beberapa diantaranya mungkin sudah pernah Anda jumpai, namun untuk informasi lebih mendalam maka Anda bisa melihat keterangan dibawah ini:

  1. Memo

Memo merupakan salah satu bukti transaksi yang digunakan di dalam internal sebuah perusahaan, bukti transaksi ini adalah sebuah catatan singkat yang diberikan kepada karyawan dari atasan untuk mengerjakan sebuah tugas maupun perintah.

2. Bukti Kas Masuk

Bukti kas masuk adalah catatan maupun nota yang membuktikan transaksi kas masuk yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, bisa dibilang kas masuk adalah dana yang diterima perusahaan atas hasil usahanya.

3. Bukti Kas Keluar 

Selain bukti kas masuk, bukti kas keluar juga merupakan bukti transaksi berupa catatan tertulis maupun mota yang difungsikan untuk pengeluaran barang atau penjualan barang dan juga beberapa beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

4. Nota Kasbon

Saat karyawan meminta kasbon pada setiap periode, perusahaan akan menerbitkan nota kasbon 2x yang diberikan pada karyawan dan juga perusahaan sebagai bukti pengeluaran dan pengambilan kasbon oleh pegawai tersebut.

5. Slip Gaji

Saat gajian pasti Anda akan diberikan sebuah bukti pembayaran gaji atau sering disebut dengan slip gaji, dimana seluruh informasi yang terkandung adalah jumlah yang diterima, tunjangan dan juga potongan gaji sesuai kegiatan kerja yang dilakukan pegawai tersebut.

6. Nota Kredit

Nota kredit merupakan salah satu macam bukti transaksi yang digunakan sebagai bukti penerimaan barang kembali akibat kesalahan pengiriman maupun kerusakan produk yang dipesan oleh customer

7. Nota Debet

Sedangkan nota debet adalah sebuah surat pernyataan pengajuan pengurangan harga karena barang yang dikirim tidak sesuai pesanan atau rusak. Nota debet juga dapat menjadi informasi bahwa akun yang digunakan telah disebutkan dengan nominal yang tertera.

7. Nota Kontan

Nota kontan merupakan jenis bukti transaksi eksternal yang diberikan oleh pelaku usaha pada customer yang melakukan pembayaran secara tunai pada saat transaksi berlangsung, pembuatan nota akan dibuat berganda atau rangkap dua yang akan diserahkan pada pembeli dan pelaku usaha.

8. Kwitansi

Saat Anda menerima sejumlah uang atau pembayaran secara tunai, maka selain nota kontan, Anda juga akan diberikan kwitansi yang menyatakan Anda selaku pelaku usaha telah menerima sejumlah uang untuk pembayaran yang dilakukan.

Kwitansi juga berlaku untuk penerimaan sejumlah dana yang disalurkan pada sebuah lembaga untuk masing-masing individu yang bersangkutan.

9. Faktur (Invoice)

Faktur merupakan sebuah dokumen bukti pencatatan maupun penagihan pembayaran. Dimana faktur sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu faktur pembelian dan faktur penjualan. Faktur berisi sejumlah informasi terkait penagihan, pembayaran, tanggal pesananm jumlah pembayaran dan beberapa informasi penting lainnya.

10. Buku Tabungan

Buku tabungan juga merupakan salah satu jenis bukti transaksi yang dikeluarkan bank untuk nasabah yang berisikan informasi nasabah, riwayat transaksi, kredit, debit dan saldo yang ia miliki.

11. Giro

Giro adalah surat perintah dari nasabah pada sebuah bank untuk kepentingan pemindahan pembukuan uang pada rekening lain baik pada bank yang sama maupun bank yang berbeda, dan juga individu yang sama maupun berbeda.

12. Cek

Bukti transaksi kedua adalah sebuah catatan pengambilan atau penarikan sejumlah dana tertera pada bank yang ditunjuk pada cek tersebut. Dimana cek sendiri diberikan untuk pembayaran dalam jumlah yang besar oleh seorang nasabah.

Baca Juga: Pencatatan Retur Pembelian Untuk Transaksi Jasa di Accurate Online

Apa Manfaat Dari Beragam Jenis Bukti Transaksi Tersebut?

Untuk manfaat dari jenis bukti transaksi yang ada sebenarnya adalah sama, yaitu sebagai bukti atas terjadinya sebuah kegiatan transaksi yang dilakukan secara internal maupun eksternal. Adapun beberapa manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Informasi rinci yang akan membantu akuntansi atau pembuatan laporan keuangan sebuah perusahaan maupun individu.
  • Sebagai dasar pencatatan dan perhitungan akuntansi pada sebuah perusahaan.
  • Mengurangi resiko terjadinya risiko kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  • Menghindari selisih hitung yang bisa terjadi saat proses perhitungan atau analisa keuangan.
  • Upaya menyajikan pelaporan keuangan yang sebenar-benarnya.
  • Menghindari duplikasi data pada proses pengumpulan informasi keuangan.
  • Memberi informasi aktual dan pasti pada pihak tertentu seperti investor maupun auditor.
  • Sebagai bukti transaksi yang sah atau legal dimata hukum.
  • Mempererat hubungan antara penjual dan pembeli.

Bukti Transaksi memiliki Peran yang Penting

Bukti transaksi merupakan surat atau catatan yang memiliki peran penting pada sebuah catatan, pengumpulan, dan perhitungan keuangan yang didasari kegiatan transaksi atau keluar masuk dana pada sebuah individu dengan individu lain maupun badan dengan individu atau badan dengan badan lain.

Saat ini, jika Anda lebih sering berkomunikasi dengan konsumen melalui email, maka bukti transaksi tidak perlu lagi dalam bentuk cetak. Anda perlu menyiapkan dalam bentuk softcopy yang bisa di kirim secara langsung baik itu melalui email atau WhatsApp.

Untuk membuatnya tidak perlu ribet lagi. Jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda bisa membuat langsung di dalam software. Sehingga tidak perlu membuat kembali. Tetapi jika Anda belum memiliki Accurate Online, Anda bisa segera berlangganan Accurate Online hanya di SolusiAccurate.com.

Selain lebih akurat, sistem komputer ini dianggap lebih efisien dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Fitur dalam aplikasi ini terbilang cukup lengkap terutama dalam kemudahan pembuatan bukti transaksi seperti kwitansi, memo, nota dan lain sebagainya.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

5 Tips Antisipasi Membludaknya Permintaan Pelanggan: Mengelola Lonjakan Permintaan dengan Bijak

Ade Muthia

Proses Akuntansi Bagi UKM

Agus Fadhil

Pengertian Akuntansi Pendidikan dan Fungsinya

Ade Muthia