Uncategorized

Job Costing : Manfaat, Perhitungan dan Penerapan nya Untuk Bisnis Anda

Dalam dunia usaha ada banyak istilah yang mungkin belum banyak orang yang tau, seerti  job costing, Pada dasarnya job costing hampir banyak di gunakan oleh perusahaan, terutama untuk home industry atau dagang. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Manfaat Job cosnting dan cara penerapan nya untuk perusahaan Anda.

Job Costing adalah istilah dari kepanjangan job order costing, dimana costing ini merupakan penentuan biaya terhadap barang atau jasanya. Sehingga perhitungan ini dilakukan berdasarkan pesanan seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead.

Keunggulannya adalah membantu untuk menghitung biaya per unitnya, dan dapat mengetahui rincian informasi yang lebih akurat dibandingkan metode lainnya.

Manfaat Job Costing

Perhitungan biaya kegiatan itu sendiri juga membawa beberapa keuntungan, seperti:

  1. Tentukan harga jual yang akan dibebankan kepada pelanggan.
  2. Pertimbangkan untuk menerima atau menolak pesanan.
  3. Memonitor menyadari biaya produksi.
  4. Hitung untung dan rugi setiap order.
  5. Tentukan biaya persediaan barang jadi dan pekerjaan yang sedang berjalan yang akan ditampilkan di neraca.

Penetapan biaya berbasis aktivitas adalah sistem penetapan biaya berdasarkan pesanan, dimana sistem akan membebankan biaya yang dikumpulkan ke unit produksi. Kunci dari penetapan biaya pekerjaan adalah bahwa biaya satu pekerjaan berbeda dari biaya pekerjaan lain dan harus dilacak secara terpisah. Job Costing sendiri juga memiliki metode yang terbagi menjadi dua jenis:

  • Penetapan biaya aktual: Biaya tidak langsung didasarkan pada rasio biaya tidak langsung aktual dikalikan dengan aktivitas konsumsi aktual.
  • Penetapan biaya normal: Biaya tidak langsung dihitung berdasarkan rasio anggaran biaya tidak langsung dikalikan dengan aktivitas konsumsi aktual.

Langkah Perhitungan Job Costing

Berikut ini langkah sederhana dalam memegemen untuk menghitung job costing:

  • Tentukan biaya kerja langsung. Dalam penentuan biaya produksi dibedakan menjadi biaya produksi langsung yaitu biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja produksi langsung.
  • Mengidentifikasi pekerjaan yang dipilih sebagai objek biaya. Untuk melakukan perincian penghitungan biaya berdasarkan urutan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, pekerjaan harus diidentifikasi berdasarkan objek biaya.
  • Menentukan biaya tidak langsung yang terkait dengan setiap basis alokasi biaya.
  • Hitung tarif unit untuk setiap basis alokasi biaya yang digunakan untuk mengalokasikan biaya overhead untuk pekerjaan tersebut.
  • Hitung total biaya pekerjaan dengan menjumlahkan semua biaya langsung dan tidak langsung yang terkait dengan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : Management Produksi, Pengertian dan Fungsinya yang wajib di ketahui

Penerapan Job Costing

Manfaat Job Costing

Agar dapat merasakan manfaat job costing dengan baik pengusaha harus menetapkan caranya dengan baik, Anda dapat menganalisis apakah biaya tersebut sesuai atau belum, cara inilah yang diterapkan agar dapat membantu pebisnis untuk menghindari kerugiannya.

Selanjutnya sebagai pebisnis diharapkan dapat menerapkan alokasi biayanya secara tidak langsung ke dalam pekerjaan, dengan begitu dana yang tidak terduga tidak langsung terkait dengan dasar alokasi biayanya.

Anda juga perlu menghitung tarif per unit dari setiap dana yang ada, serta membagi biaya tersebut ke biaya lainnya yang tidak terkait dengan pekerjaan. Penerapan terakhir yaitu mengidentifikasi biaya secara langsung dibutuhkan ke dalam produksinya.

Baca Juga : Tujuan Metode Penetapan Harga Untuk Bisnis

Pentingnya Software Akuntansi

Memang tidaklah mudah untuk menghitung job costing, tapi sebagai pengusaha anda diwajibkan untuk tau mengontrol persediaan yang ada.

Tentunya Jika anda melakukan perhitungan nya secara manual sangatlah merepotkan apalagi dalam jumlah yang besar. Saat ini Anda pasti membutuhkan aplikasi pembukuan yang otomatis yang dapat membantu anda dalam melakukan proses job josting dan juga pengontrolan persediaan perusahaan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang menyediakan fitur Job Costing yang akan memudahkan Anda dalam proses penentuan biaya. Setiap transaksi yang dibuat akan otomatis menghasilkan laporan.

Dan Anda akan dengan mudah mengontrol pembukuan usaha anda dimana saja dan kapan saja karena Accurate Online adalah software yang Cloud base dapat di aplikasikan secara mobile.

Dapatkan diskon 25% untuk aktivasi Accurate Online anda disini, atau jika anda ingin mencoba versi trialnya kami menyediakan free trial 30 hari disini.

Yuuk upgrade pembukuan usahamu dengan Accurate Online.

Jadikan hari-harimu lebih segar dan menyenangkan dengan Emkay Blast Lite Lychee! Dengan rasa buah leci yang segar dan sensasi dingin yang bikin kamu merasa nyaman, rasakan juga manfaat dari liquid Saltnic rendah nikotin yang membantu kamu merilekskan diri.

Related posts

Mencatat Biaya Kena Pajak

admin

Menampilkan Nama User (Pengguna) yang Membuat Transaksi

Rika Angraini

3 Sistem Pemungutan Pajak Yang Berlaku di Indonesia

Rika Angraini